Siaran Pers

4 Tips Perencanaan Keuangan ala Astra Life Agar Bisa Merdeka Finansial
16 August 2023
Image Press Release_Merdeka Finansial

Jakarta, 16 Agustus 2023 – Di tengah meriahnya perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, masyarakat Indonesia khususnya generasi sandwich masih banyak yang berada dalam fase perjuangan memiliki ketahanan finansial hingga bisa mencapai kemerdekaan finansial. Menurut data dari survei Katadata Insight Center dan Astra Life, September 2021 terhadap 1.828 responden usia produktif berusia 25-45 tahun yang tersebar di seluruh Indonesia, 48,7% merupakan generasi sandwich yang memiliki tanggungan finansial atas keluarganya. Faktanya, dari seluruh generasi sandwich di Indonesia hanya 13,4% yang memiliki kesiapan finansial dalam memenuhi pengeluaran pokok, menabung, dan berinvestasi.

Windy Riswantyo selaku Marketing, Alternate & Direct Business Group Head Astra Life mengatakan, “Kami memahami di usia produktif memiliki banyak kebutuhan serta tujuan finansial baik pada jangka pendek, menengah atau jangka panjang. Untuk itu, kita berikan beberapa tips agar bisa memiliki ketahanan finansial untuk melanjutkan hidup diri sendiri dan keluarganya, khususnya dalam semangat HUT ke-78 Republik Indonesia ini.”

Simak 4 tips perencanaan keuangan berikut:

1. Tidak hanya hidup dari gaji ke gaji

Rumus paling dasar dalam mengelola keuangan adalah pendapatan harus lebih besar dari pengeluaran. Jadi, penting untuk bijak dalam mengatur pengeluaran berdasarkan prioritas. Untuk itu, setelah menerima gaji segera alokasikan sesuai dengan pos pengeluaran. Hal yang umum dilakukan untuk menyisihkan alokasi gaji adalah, 30% – 50% biaya hidup, hutang maksimal 30%, tabungan dan investasi minimal 10%, dan proteksi sekitar 10%. Metode alokasi bujet tersebut dapat membantu mengatur keuangan lebih teratur. Bila selisih dari pendapatan dan pengeluaran kebutuhan hampir sama, diperlukan upgrade skill untuk meningkatkan karir atau mencari penghasilan tambahan.

2. Sisihkan bukan sisakan

Penting untuk mengatur prioritas kebutuhan, untuk menghindari “bocor halus” pada keuangan yang secara tidak sadar terjadi, seperti bayar untuk ngopi setiap hari, biaya parkir, mampir ke supermarket bareng keluarga dengan niat membeli keperluan untuk satu barang, yang terjadi malah membeli banyak barang, selain itu langganan produk digital di smartphone seperti audio, video streaming ataupun games berbayar. Lebih dari itu, bocor halus juga terjadi akibat tekanan sosial atau FOMO (fear of missing out) di kalangan generasi sandwich. Bisa dari fomo karena terus ingin hadir di festival musik bareng pasangan, ganti smartphone terbaru, pergi ke coffee shop atau restoran viral. Tidak ada salahnya untuk fomo, namun tetap dalam batas wajar sesuai dengan skala prioritas.

3. Bayar untuk masa depan

Perlu dicatat, pengeluaran kebutuhan tidak hanya untuk hari ini, namun sebagai bekal untuk masa depan, sehingga penting untuk mengalokasikan pendapatan untuk pemenuhan dana darurat sebesar 3 sampai 6 kali pengeluaran bulanan, proteksi, dan investasi.

Dalam perencanaan keuangan, sebelum berinvestasi penting untuk memiliki proteksi. Proteksi yang kita miliki sangat penting fungsinya untuk mengamankan kondisi finansial dari risiko kehidupan seperti, sakit atau sakit keras yang mengancam income hingga tutup usia di usia produktif. Astra Life menawarkan Flexi Life yang merupakan produk asuransi jiwa murni yang memberikan perlindungan terhadap risiko tutup usia. Dengan memiliki Flexi Life, ahli waris akan menerima sejumlah uang yang disebut uang pertanggungan (UP) bila tertanggung atau nasabah tutup usia. Dengan UP hingga Rp5 miliar lengkap dengan perlindungan terhadap risiko COVID-19, tanpa medical check-up dan premi yang terjangkau bisa digunakan bagi keluarga yang ditinggalkan untuk melanjutkan hidup.

Tentu setiap jenis investasi memiliki risiko yang berbeda-beda. Bagi generasi sandwich yang ingin berinvestasi, maka sebelum investasi penting untuk pelajari setiap jenis risiko agar dapat berinvestasi dengan aman. Bagi pemula jenis investasi yang aman dilakukan adalah yang dapat memberikan imbal hasil pasti seperti, obligasi dan reksa dana. Income investasi yang didapatkan setiap bulannya dapat diinvestasikan kembali agar hasil lebih optimal.

4.Review berkala pos keuangan

Setelah mengelola secara disiplin bujet per bulan, dengan skala prioritas yang sudah dimiliki dan memanfaatkan investasi yang terus berjalan, penting juga dilakukan review secara berkala dari pos keuangan yang dimiliki. Perlu diingat, hal yang tidak disengaja terjadi seperti “bocor halus” pada pos keuangan dan sering dilakukan tanpa sadar, bisa jadi akan menjadi habit atau gaya hidup. Untuk itu, review secara berkala akan berguna sebagai evaluasi keuangan. Review berkala juga diperlukan untuk kebutuhan proteksi baik untuk jiwa ataupun kesehatan agar proteksi yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan di setiap tahapan kehidupan.

Lebih lanjut, Flexi Life juga memberikan kemudahan dalam mengatur manfaat asuransi dan dapat diatur secara online, sesuai dengan perubahan gaya hidup maupun kebutuhan di setiap tahap kehidupan sehingga nasabah bisa lebih fleksibel untuk memilih uang pertanggungan Nasabah dapat melakukan pembelian produk seperti asuransi flexi di ilovelife.co.id, tanpa perlu melakukan medical check-up dan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk mendaftar. Nasabah dapat menghitung perlindungan atau premi yang diinginkan secara fleksibel melalui kalkulator premi pada laman ilovelife.co.id. Selain itu, nasabah dapat dengan bebas mengubah besarnya UP, menaikkan atau menurunkan UP, hingga frekuensi pembayaran premi di kemudian hari.  Tidak hanya proses pembelian, nasabah juga dapat melakukan proses klaim secara melalui portal di ilovelife.co.id.

Asuransi jiwa Flexi Life tidak membutuhkan biaya pemeliharaan / maintenance tinggi jika dibandingkan dengan aset lain. Misalnya saja ketika menyiapkan warisan dalam bentuk rumah, perlu mempertimbangkan lokasi, biaya pemeliharaan / maintenance, administrasi, pajak, dan ketika akan dijual harus menunggu pembeli dengan proses yang cukup panjang. Lebih dari itu, peran asuransi jiwa dapat memberikan ketenangan untuk keluarga yang ditinggalkan. Bila terjadi risiko tutup usia, maka penerima manfaat (ahli waris) yang ditunjuk pemegang polis dapat menerima secara langsung manfaat UP tanpa perlu melalui proses pengadilan atau menunggu ketetapan fatwa waris dari pengadilan, serta tanpa potongan pajak.

Merayakan HUT ke-78 Republik Indonesia, Astra Life mengajak masyarakat untuk mengetahui tipe cara atur uang dengan berpartisipasi mengikuti kuis berhadiah jutaan rupiah “17an Bareng Astra Life” di media sosial Instagram @astralifeid dan @ilovelife.co.id selama periode 16 – 22 Agustus 2023 melalui link berikut https://linktr.ee/astralife.

Lebih lanjut, dalam rangka perayaan kemerdekaan RI ke-78, Astra Life menawarkan program Gebyar Merdeka Agustus (GEMAS) dengan cashback 45% dari premi pertama maksimal Rp500ribu untuk setiap pembelian asuransi di ilovelife.co.id dan juga tambahan Rp17ribu bagi yang berulang tahun di bulan Agustus untuk periode promo 14 – 20 Agustus 2023 dengan menggunakan kode promo: FLXGEMAS.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan program GEMAS ini, dapat dilihat pada https://alife.id/FLXGEMAS, atau dapat mengunjungi ilovelife.co.id yang merupakan kanal e-commerce dari Astra Life. Nasabah juga dapat menghubungi Contact Center Hello Astra Life 24 jam di nomor 1 500 282, serta nomor WhatsApp 08952-1500282 dan layanan e-mail hello@astralife.co.id yang tersedia dari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB.

Tentang Astra Life 

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Astra Life menawarkan layanan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, dan juga nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan pendiri dana pensiun (DPLK). Astra Life berkomitmen penuh dalam memberikan produk dan layanan terbaik kepada nasabah serta menjalankan bisnis dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Berdasarkan data per Juni 2023, Astra Life merupakan perusahaan asuransi jiwa dengan total aset mencapai Rp7,89 triliun dan tingkat solvabilitas/Risk Based Capital (RBC) Astra Life berada di angka 207% (untuk asuransi jiwa konvensional). Angka 207% tersebut berada di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar 120%. Astra Life telah melayani 3,77 juta tertanggung. Dengan semua pencapaian dan kinerja yang telah diperoleh tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan dan berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan aspirasi perusahaan menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia sekaligus menjadi Life Insurer of The Future.

 

Website Astra Life dapat diakses di http://www.astralife.co.id

Untuk keperluan data dan peliputan, silakan menghubungi corporate.communication@astralife.co.id

 

Share :
Image20240429135725
Catatan Kinerja Tahun 2023: Astra Life Cetak Laba dan Por...
29 April 2024
Image 2
5 Tips Untuk Pelaku Bisnis UMKM Dorong Produktivitas a la...
18 April 2024
Web Image Media Gathering-04
Mempererat Hubungan dengan Media dalam Media Gathering &a...
26 March 2024
Web Image Media Gathering-05
Astra Life Luncurkan ASYA Group Berkah Proteksi Produk As...
26 March 2024

Untuk keperluan data dan peliputan, hubungi:

Corporate Communication
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life)