Siaran Pers

Segera Lapor SPT Tahunan, Simak Cara Cepat Cek Dana Investasi Asuransi Unit Link Lewat Aplikasi MyAstraLife
24 March 2023
Unitlink_MyAstraLife(1)

Jakarta, 24 Maret 2023 – Di masa COVID-19 telah membuat masyarakat semakin terbiasa memanfaatkan akses internet melalui ponsel pintar atau smartphone sehingga berpengaruh pada penetrasi pengguna internet di Indonesia yang juga ikut meningkat. Berbagai aktivitas dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan akses internet seperti untuk conference call, aktivitas hiburan menonton film, hingga belanja online. Dilansir dari DataIndonesia.id, berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), tercatat 215,63 juta orang adalah pengguna internet di Indonesia pada periode 2022-2023. Terjadi peningkatan 2,67% dibandingkan dengan periode sebelumnya yaitu sebanyak 210,03 juta pengguna.

Kemudahan akses internet jadi andalan bagi masyarakat untuk mempermudah berbagai macam transaksi, hal tersebut mendorong Astra Life untuk terus berinovasi sejalan dengan aspirasi perusahaan yaitu untuk menjadi Life Insurer of The Future. Windy Riswantyo selaku Marketing & Alternate Channel Group Head Astra Life mengatakan, “Astra Life sebagai bagian dari grup Astra, memiliki komitmen untuk terus berinovasi mengedepankan layanan yang fleksibel dan mudah dijangkau kapan dan di mana saja untuk pelanggan kami salah satunya melalui aplikasi MyAstraLife”

MyAstraLife, merupakan aplikasi layanan nasabah Astra Life dalam genggaman dengan berbagai fitur untuk seluruh produk yang terintegrasi dari seluruh kanal penjualan. MyAstraLife bisa membawa pengalaman berasuransi yang mudah dan nyaman untuk seluruh pelanggan Astra Life.

Di tengah momentum masa tenggat waktu melaporkan surat pemberitahuan tahunan atau SPT tahunan, Astra Life mengajak masyarakat agar melaporkan nilai dana investasi pada produk Unit Link yang dimiliki. Bagi wajib pajak orang pribadi sampai 31 Maret 2023 dan wajib pajak badan hingga 30 April 2023. Jika wajib pajak yang tidak lapor SPT Tahunan seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP). Pada pasal 7, wajib pajak yang tidak melaporkan akan dikenakan sanksi administrasi denda sebesar 100 ribu bagi wajib pajak orang pribadi dan Rp 1 juta bagi wajib pajak badan.

Untuk itu, segera laporkan SPT Tahunan dan laporkan segera nilai dana investasi Unit Link. Untuk memudahkan nasabah dalam mengecek nilai dana investasi, nasabah dapat menggunakan aplikasi MyAstraLife.

Berikut cara cepat cek nilai dana investasi dan download Laporan Unit Statement Asuransi Unit Link di MyAstraLife,

  1. Registrasikan dengan cara log in masukan email atau nomor handphone beserta password
  2. Masukan 6 digit PIN yang sudah terdaftar
  3. Hubungkan Polis dengan cara input no polis lalu klik cek polis
  4. Pastikan sudah menghubungkan polis Asuransi Unit Link di menu Portfolio.
  5. Pilih my fund value di beranda dan cari polis Asuransi Unit Link
  6. Cek nilai dana investasi dana dan scroll ke bawah untuk Download Unit Statement Report

Setelah mengetahui cara untuk mengecek nilai dana investasi, segeralah untuk melaporkan SPT Tahunan sebelum jatuh tempo, sebab Nilai dana Asuransi Unit Link termasuk pada nilai kekayaan. Jika tidak dilaporkan pada saat pencairan dana bisa jadi akan ada pertanyaan tentang sumber dana tersebut. Alhasil wajib pajak bisa kena tunggakan pajak yang lebih besar.

Tentang Astra Life

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Astra Life menawarkan layanan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, dan juga nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan pendiri dana pensiun (DPLK). Astra Life berkomitmen penuh dalam memberikan produk dan layanan terbaik kepada nasabah serta menjalankan bisnis dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Berdasarkan data per September 2022, Astra Life merupakan perusahaan asuransi jiwa dengan total aset mencapai Rp.7,54 triliun dan tingkat solvabilitas/Risk Based Capital (RBC) Astra Life berada di angka 268% (untuk asuransi jiwa konvensional). Angka 268% tersebut berada di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar 120%. Dengan semua pencapaian dan kinerja yang telah diperoleh tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan dan berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan aspirasi perusahaan menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia sekaligus menjadi Life Insurer of The Future.

Website Astra Life dapat diakses di http://www.astralife.co.id

Untuk keperluan data dan peliputan, silakan menghubungi corporate.communication@astralife.co.id

Share :
Press Release_Tahun Naga Kayu_Astra Life
Optimis Hadapi Tantangan Finansial di Tahun Naga Kayu, Si...
7 February 2024
Press Release Resolusi Finansial ala Astra Life
Intip Cara Wujudkan Resolusi Proteksi Finansial Keluarga ...
16 January 2024
Foto Press-release-sehat-finansal-akhir-tahun
Sehat Finansial Jelang Akhir Tahun ala Astra Life, Cek 5 ...
28 November 2023
Foto-1
Rayakan Bulan Inklusi Keuangan (BIK), Astra Life Ramaikan...
27 October 2023

Untuk keperluan data dan peliputan, hubungi:

Corporate Communication
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life)