• Love Life
  • Love Life
Astra Life Dukung Literasi Keuangan untuk Anak-anak Putus Sekolah bersama The Learning Farm

Astra Life Dukung Literasi Keuangan untuk Anak-anak Putus Sekolah bersama The Learning Farm


“Astra Life telah bekerjasama dengan The Learning Farm untuk memberikan pemahaman finansial bagi para peserta didik setiap tahunnya yang dilakukan secara konsisten selama kurang lebih 8 tahun sejak tahun 2014”

Jakarta, 30 Agustus 2022 – Mengutip data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, indeks literasi keuangan baru mencapai 38,03 persen, dimana dalam capaian tersebut, literasi asuransi hanya tercatat sebesar 19,4 persen lebih rendah dari indeks literasi perbankan yang mencapai 36,12 persen. Literasi asuransi di Indonesia yang masih tergolong cukup minim mendorong Astra Life mengadakan program-program untuk meningkatkan literasi asuransi masyarakat. Astra Life bekerjasama dengan The Learning Farm, sebuah yayasan yang memberikan materi pertanian sebagai media pembelajaran utama bagi pemuda-pemudi rentan berusia 15-24 tahun yang yang berasal dari jalanan, putus sekolah, ekonomi terbatas, mantan pengguna narkoba, korban bencana, dan yang berasal dari daerah terisolir. Kerjasama Astra Life dan The Learning Farm ini telah terjalin sejak tahun 2014.

Pada tahun 2022 ini, walaupun terjadi keterbatasan dalam melakukan pertemuan tatap muka, kelas kolaborasi bersama The Learning Farm tetap terlaksana dengan peserta 35 pemuda-pemudi melalui pertemuan virtual yang terbagi dalam dua sesi yakni Sabtu, 19 Maret 2022 dan Sabtu 16 April 2022. Pada kelas sesi pertama, seluruh peserta diberikan pemahaman dasar seputar finansial dan pengelolaannya dengan memahami kebutuhan primer, sekunder, tersier sebagai landasan agar dapat menabung. Selain itu, peserta juga diberi pemahaman akan risiko finansial yang mungkin bisa terjadi serta upaya untuk mengantisipasinya. Materi dibawakan oleh pembicara dari departemen Learning & Development Astra Life yang sudah memiliki sertifikasi di bidang pengelolaan keuangan.

Sepanjang tahun 2022 ini, Astra Life berencana memberikan materi seputar literasi finansial untuk The Learning Farm yang terbagi dalam 3 angkatan dengan target jumlah peserta lebih dari 100 pemuda-pemudi. Setelah pelaksanaan angkatan ini, pelaksanaan dua angkatan berikutnya akan dilakukan pada semester II tahun 2022. Kolaborasi dengan The Learning Farm ini juga merupakan salah satu wujud upaya Astra Life untuk mengadakan program keberlanjutan yang berlandaskan pada aspek edukasi untuk masyarakat.

Selain membekali para peserta dengan pemahaman dasar keuangan, Astra Life juga memberikan kelas-kelas life skill agar para peserta juga bisa memiliki kemampuan dan kepercayaan diri dalam bersosialisasi dan berorganisasi di masyarakat yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta, kali ini Astra Life menggandeng pembicara dari ngeLESin yang merupakan penyedia platform pembelajaran dengan materi seputar critical thinking. Melalui sesi ini, peserta diajarkan untuk mengembangkan cara berpikir logis, reflektif, sistematis dan produktif agar dapat memahami masalah yang dihadapi secara utuh dan mengambil keputusan yang tepat. Pada penyelenggaraan di setiap sesi diikuti dengan sesi tanya jawab dengan peserta, serta pre-test dan post-test untuk mengukur tingkat pemahaman peserta.

Melalui penyelenggaraan kelas Literasi Keuangan bersama The Learning Farm ini diharapkan bisa membantu para peserta agar siap melakukan kegiatan berusaha atau melanjutkan pendidikan setelah lulus dari The Learning Farm.

 

Tentang Astra Life

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Astra Life menawarkan layanan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, dan juga nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan pendiri dana pensiun (DPLK).

Berdasarkan data per Juni 2022, Astra Life telah melayani lebih dari 3,72 juta tertanggung. Astra Life juga didukung oleh ribuan penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia yang menjadi mitra perusahaan. Total aset Astra Life tercatat sebesar Rp. 7,4 triliun dan tingkat solvabilitas/Risk Based Capital (RBC) Astra Life berada di angka 306% (untuk asuransi jiwa konvensional). Angka 306% tersebut berada di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar 120%. Dengan semua pencapaian dan kinerja yang telah diperoleh tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan dan berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan aspirasi perusahaan menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia sekaligus menjadi Perusahaan Asuransi Jiwa Masa Depan di Indonesia.

*PT ASURANSI JIWA ASTRA berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Share this article:
Jenis kelamin dan saya tahun. saya butuh untuk