Siaran Pers

Tumbuh 13% di Semester I 2022, Total Tertanggung Astra Life Capai 3,72 Juta Jiwa
29 July 2022
Image_Press_Release_Astra_Life H1 2022

Jakarta, 29 Juli 2022 – Sejalan dengan catatan positif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dengan total tertanggung yang terus meningkat sejak tahun 2020, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) juga mencatatkan pertumbuhan positif total tertanggung dengan pertumbuhan sebesar 13% di Semester I 2022 dibandingkan Semester I 2021.

Windawati Tjahjadi selaku Presiden Direktur Astra Life mengungkapkan, “Sebagai dampak dari konsistensi dalam pengembangan beragam kanal distribusi, pada semester I 2022 Astra Life telah membukukan pertumbuhan total tertanggung sebesar 13% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya dengan peningkatan total tertanggung dari 3,3 juta menjadi 3,72 juta jiwa. Proyeksi kondisi ekonomi Indonesia yang lebih resilien dibandingkan tahun sebelumnya mendorong daya beli masyarakat untuk memiliki produk perlindungan jiwa maupun kesehatan.”

Pertumbuhan positif Astra Life pada semester I tahun ini juga ditunjukkan oleh beberapa indikator kunci lainnya seperti nilai Gross Written Premium/GWP yang tetap menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 3% di tengah kondisi makro ekonomi yang masih cenderung fluktuatif. Total aset pun turut bertumbuh dari Rp 6,6 triliun menjadi Rp 7,4 triliun (+11%) jika dibandingkan semester yang sama di tahun sebelumnya. Astra Life juga telah memenuhi kewajibannya kepada nasabah melalui pembayaran klaim sebesar Rp 314 milyar dan tetap mampu mempertahankan tingkat solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC) di angka 306%, jauh di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu 120%.

Semester I 2022 juga menjadi momentum untuk Astra Life meluncurkan berbagai produk, seperti AVA iLife Protection yang merupakan asuransi jiwa murni dengan fleksibilitas uang pertanggungan hingga Rp 5 miliar. Untuk perlindungan finansial terhadap nasabah pinjaman atau kredit multiguna dari risiko tutup usia, Astra Life meluncurkan AVA CreditPlus Protection bagi debitur di PermataBank melalui PermataHome Ready Cash. Sementara untuk produk asuransi kesehatan, Astra Life menghadirkan Flexi Hospital & Surgical dengan fitur serba digital, cashless, dan nilai premi terjangkau serta manfaat layanan kamar dan akomodasi rumah sakit hingga Rp2 juta per hari. Tidak hanya itu, Astra Life melalui unit bisnis Syariah juga bekerjasama dengan PermataBank untuk meluncurkan produk perlindungan yang dikelola sesuai prinsip-prinsip Syariah, seperti AVA iFamily Protection Syariah untuk perlindungan jiwa, dan AVA iGriya Proteksi Syariah untuk asuransi jiwa pembiayaan kumpulan Syariah.

Astra Life juga terus menggiatkan kemitraan melalui kerjasama dengan sejumlah mitra berbasis teknologi layanan digital seperti Moxa melalui peluncuran Asuransi Mikro ASLI Proteksi AmanKu yang merupakan produk asuransi mikro individu dengan perlindungan kecelakaan dan harga yang terjangkau. Selain itu, kolaborasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan Astra Pay melalui fitur pembayaran premi secara digital serta perlindungan senilai Rp 10 juta bagi pengguna Astra Pay yang melakukan upgrade akun.

Astra Life juga berupaya untuk terus fokus dalam mengoptimalkan kanal digital agar masyarakat dapat semakin mudah mengakses produk dan layanan yang ditawarkan sehingga semakin banyak lagi masyarakat yang terproteksi dengan produk asuransi jiwa. Optimalisasi kanal digital ini diwujudkan melalui e-commerce ilovelife.co.id dimana pembelian produk asuransi bisa semudah berbelanja online. Hal ini sesuai dengan visi Astra Life untuk hadir di setiap rumah masyarakat Indonesia sekaligus kampanye pada tahun ini yaitu #InsuranceisLove yang membawa pesan bahwa asuransi adalah wujud ungkapan cinta bagi diri sendiri maupun keluarga.

“Memasuki paruh kedua tahun 2022, kami berupaya untuk meneruskan pencapaian positif serta terus konsisten dalam menggiatkan kemitraan melalui berbagai kolaborasi digital untuk dapat semakin memperluas jangkauan distribusi. Hal ini sejalan dengan komitmen Astra Life untuk menjadi Life Insurer of The Future.” tutup Windawati.

***

Tentang Astra Life 

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Astra Life menawarkan layanan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, dan juga nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan dana pensiun (DPLK).

Berdasarkan data per Juni 2022, Astra Life telah melayani lebih dari 3,72 juta tertanggung. Astra Life juga didukung oleh ribuan penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia yang menjadi mitra perusahaan. Total aset Astra Life tercatat sebesar Rp. 7,4 triliun dan tingkat solvabilitas/Risk Based Capital (RBC) Astra Life berada di angka 306% (untuk asuransi jiwa konvensional). Angka 306% tersebut berada di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar 120%. Dengan semua pencapaian dan kinerja yang telah diperoleh tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan dan berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan aspirasi perusahaan menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia sekaligus menjadi Perusahaan Asuransi Jiwa Masa Depan di Indonesia.

Website Astra Life dapat diakses di http://www.astralife.co.id

*PT ASURANSI JIWA ASTRA berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Untuk keperluan data dan peliputan, silakan menghubungi: corporate.communication@astralife.co.id

Share :
Web Image Media Gathering-04
Mempererat Hubungan dengan Media dalam Media Gathering &a...
26 March 2024
Web Image Media Gathering-05
Astra Life Luncurkan ASYA Group Berkah Proteksi Produk As...
26 March 2024
MB3A4319-Resize
Kali ke-2, Astra Life Raih Public Relations Indonesia Awa...
7 March 2024
Web Imag
Astra Life Raih 2 Penghargaan Sekaligus pada Best Unit Li...
1 March 2024

Untuk keperluan data dan peliputan, hubungi:

Corporate Communication
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life)