Corporate Communication
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life)
- corporate.communication@astralife.co.id

Jakarta, 26 Maret 2025 – Sebagian besar pegawai swasta maupun negeri sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Budaya berbelanja setelah menerima THR tahun ini pun bisa jadi akan sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Didukung dari data survei YouGov terkait penggunaan THR menunjukkan, 58% generasi milenial lebih memilih menggunakan THR untuk menabung, 56% memilih untuk berbelanja, dan 56% untuk zakat atau donasi. Berbeda dengan generasi milenial, generasi z memiliki kesadaran finansial lebih tinggi dari generasi lainnya ditunjukkan dengan 64% memilih untuk menabung dan 31% untuk investasi. Data tersebut mencerminkan bahwa kesadaran masyarakat untuk mengatur keuangan cukup membaik sebagai upaya menjaga keuangan keluarga.
Tahun 2025 ini merupakan masa yang penuh tantangan ekonomi. Hal ini tercermin pada data Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat kelas menengah mengalami penurunan 9,48 juta orang, dari yang semula 57,33 juta jiwa pada tahun 2019 menjadi 47,85 juta jiwa pada tahun 2024, sehingga dinilai menjadi salah satu faktor turunnya daya beli pada masyarakat. Untuk itu, dalam mengelola THR ini masyarakat perlu berhati-hati dalam mengatur pengeluaran.
Windy Riswantyo selaku Marketing, Alternate & Direct Business Group Head Astra Life mengatakan “Kondisi saat ini menjadi alarm bagi masyarakat untuk mengatur alokasi THR berdasarkan skala prioritas kebutuhan. Di tengah situasi ini satu hal yang tetap jadi prioritas utama adalah menjaga ketahanan finansial keluarga tanpa menghilangkan esensi Hari Raya Idul Fitri.”
Simak 3 cara tentukan prioritas saat terima THR dari Astra Life:
Tahun ini, prioritas belanja THR masyarakat bergeser pada kebutuhan yang lebih esensial seperti, untuk makanan, kebutuhan rumah tangga, hingga kesehatan. Dengan memenuhi kebutuhan esensial, akan mempermudah menjaga stabilitas keuangan keluarga. Mudahnya, di tahap ini bisa mulai menyesuaikan budget yang keluar khususnya di bulan Ramadan. Contohnya seperti, bisa membatasi kekerapan berbuka puasa bersama rekan-rekan atau mencari alternatif tempat berbuka puasa yang lebih terjangkau secara harga. Selain itu, budaya mengirim hampers, disesuaikan dengan memilih barang yang lebih berguna dan secara harga lebih terjangkau. Mendekati lebaran, budaya beli baju lebaran sebagai reward terhadap diri sendiri dan keluarga juga bisa disesuaikan dengan mencari baju lebaran yang tidak menggerus keuangan.
Berikhtiar mempersiapkan masa depan yang terbaik memang lebih baik dimulai dengan segera, supaya keluarga tetap terjaga. Salah satunya dengan Asuransi Jiwa Syariah. Astra Life menawarkan produk Flexi Life Protection Syariah yang merupakan produk asuransi jiwa berjangka dengan perlindungan finansial berupa manfaat Santunan Asuransi atas risiko meninggal dunia hingga Rp2 miliar, tanpa cek medis, serta manfaat 200% santunan tutup usia yang diakibatkan oleh kecelakaan. Perlindungan Flexi Life Syariah juga memiliki manfaat santunan tutup usia karena kecelakaan sebesar 2x lipat. Astra Life mengajak keluarga Indonesia untuk turut serta berwakaf pada program #FlexiBerwakaf dimana pada setiap pembelian Flexi Life Syariah dengan minimal premi pertama Rp500 ribu, bisa sekaligus mewakafkan kacamata baca untuk Lansia dan Yatim Dhuafa yang bekerja sama dengan Yayasan Amaliah Astra.
Apabila kedua prioritas sebelumnya sudah terpenuhi dan masih memiliki sisa, masyarakat bisa menggunakan dana dingin tersebut untuk berinvestasi. Di tengah melemahnya daya beli masyarakat dan menurunnya kelas menengah pada tahun 2024, investasi yang paling aman saat ini adalah pada instrumen yang stabil dan memiliki risiko rendah, seperti emas, deposito berjangka, dan obligasi pemerintah. Emas tetap menjadi aset yang tahan inflasi, sementara deposito dan obligasi memberikan kepastian imbal hasil dengan risiko minimal. Selain itu, diversifikasi ke reksa dana pasar uang juga bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang mencari likuiditas tinggi dengan potensi imbal hasil lebih baik dibanding tabungan biasa.
Ketiga rekomendasi prioritas tersebut dapat membantu keluarga Indonesia untuk bisa mengalokasikan THR, tidak hanya untuk Hari Raya Idul Fitri saat ini, namun untuk persiapan masa depan. Informasi lengkap terkait program #FlexiBerwakaf dapat dilihat di bit.ly/flexiberwakaf. Untuk informasi lainnya dapat menghubungi Contact Center Hello Astra Life 24 jam di nomor 1 500 282, serta nomor WhatsApp 08952-1500282 dan layanan e-mail hello@astralife.co.id yang tersedia dari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB.
Tentang Astra Life
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Astra Life menawarkan beragam layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, serta nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan pendiri dana pensiun (DPLK).
Pada Mei 2024, Astra Life merayakan ulang tahun ke-10 dengan tema Sedekade yang diisi dengan serangkaian program dan kegiatan di sepanjang tahun. Tema ini menjadi momentum bagi Astra Life untuk semakin mendekatkan dan menguatkan kehadirannya di tengah masyarakat melalui pesan Love Life yang telah dibawa secara konsisten sejak pertama kali hadir di tahun 2014. Perjalanan 10 tahun Astra Life membawa semangat untuk senantiasa menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi nasabah serta menjalankan bisnis dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
Berdasarkan data per Kuartal III 2024, Astra Life merupakan perusahaan asuransi jiwa dengan nilai premi bruto sebesar Rp4,5 triliun, total aset senilai Rp8,1 triliun, total tertanggung sebanyak 3,4 juta jiwa, dan tingkat solvabilitas/Risk Based Capital (RBC) berada di angka 256% (untuk asuransi jiwa konvensional) di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar 120%. Melalui serangkaian pencapaian tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang baik dengan portfolio bisnis yang resilience dan sustainable. Astra Life hadir sebagai asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia.
Website Astra Life dapat diakses di www.astralife.co.id.
Untuk keperluan data dan peliputan, silakan menghubungi corporate.communication@astralife.co.id
Adding {{itemName}} to cart
Added {{itemName}} to cart