• Love Life
  • Love Life
Sering Jadi Resolusi di Awal Tahun, Bagaimana Cara Memiliki Kondisi Keuangan yang Sehat?

Sering Jadi Resolusi di Awal Tahun, Bagaimana Cara Memiliki Kondisi Keuangan yang Sehat?


Jakarta, 6 Januari 2023 –  Mengawali tahun baru 2023 jadi momentum yang tepat untuk mengevaluasi kembali pola keuangan yang telah dijalani di tahun sebelumnya. Setelah dilakukan evaluasi dan mengetahui celah yang harus diperbaiki, rencanakan resolusi keuangan agar kondisi keuangan tetap sehat.

Windy Riswantyo selaku Marketing & Alternate Channel Group Head Astra Life mengatakan, “Kami memahami dalam mengatur perencanaan finansial dinilai cukup menantang. Untuk itu, mengawali tahun yang baru jadi momentum bersama untuk belajar memetakan skala prioritas keuangan. Astra Life mengajak masyarakat khususnya keluarga muda generasi sandwich agar memiliki ketahanan finansial keluarga.”

Melihat awal tahun jadi momentum tepat untuk perbaiki pola keuangan, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) ingin membagikan tips mengatur keuangan. Berikut caranya:

  1. Alokasi Gaji

Keluarga muda memiliki berbagai kebutuhan terhadap gaya hidup. Seperti halnya untuk kebutuhan rumah tinggal dan kendaraan, biaya kebutuhan pendidikan anak, liburan bersama keluarga, hingga memenuhi kebutuhan hobi. Tidak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut selagi sesuai dengan kondisi finansial. Untuk itu, setelah menerima gaji segera alokasikan sesuai dengan pos pengeluaran. Hal yang umum dilakukan untuk menyisihkan alokasi gaji adalah, 45% untuk biaya hidup, 20% untuk investasi, 15% gaya hidup, 10% untuk tabungan, 10% untuk asuransi. Metode alokasi budget tersebut dapat membantu mengatur keuangan lebih teratur.

 

  1. Dana Darurat

Dana darurat berfungsi sebagai antisipasi terhadap hal tak terduga. Misalnya saja renovasi rumah, servis kendaraan, atau untuk memenuhi kebutuhan aksesoris gadget kesayangan. Apabila belum menyisihkan untuk dana darurat, bisa dimulai dari sekarang secara perlahan asal rutin dilakukan agar dapat mencapai goal dana darurat. Pada umumnya, besarnya dana darurat yang perlu dipersiapkan untuk generasi muda yang masih lajang adalah 3x pengeluaran bulanan, sedangkan bagi yang sudah menikah bisa 6-8x pengeluaran bulanan, dan bagi yang sudah menikah dengan  memiliki lebih dari 2 anak yaitu 9-12x pengeluaran bulanan.

  1. Asuransi

Pastikan punya proteksi diri seperti, Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, BPJS, dan Asuransi Penyakit Kritis. Asuransi akan berfungsi untuk banyak hal, terlebih jika keluarga muda berperan sebagai kepala keluarga atau yang menanggung keluarga. Asuransi hadir untuk menjaga kondisi keuangan keluarga tetap stabil. Jika terjatuh sakit, diri sendiri dan keluarga tidak perlu pusing untuk membayar biaya rumah sakit. Bahkan jika meninggal dunia, keluarga dapat melanjutkan hidup dan melanjutkan mimpi untuk keluarga tersayang. Untuk itu, asuransi disebut sebagai salah satu bukti cinta untuk keluarga. Mulai lah untuk penuhi proteksi diri dengan asuransi dengan menyisihkan dana dimulai dari 10% dari penghasilan. Terlebih pada saat ini, untuk mendapatkan produk asuransi pun dapat semakin mudah dengan membeli melalui layanan online seperti halnya melalui e-commerce resmi dari Astra Life yaitu, Ilovelife.co.id.

 

  1. Investasi

Dalam piramida keuangan, setelah aman dengan dana darurat dan asuransi, maka dapat naik ke level selanjutnya, yaitu investasi. Penting untuk diperhatikan saat investasi, pastikan tidak menggunakan uang untuk kebutuhan bulanan. Lakukan dengan perlahan untuk investasi agar semakin terbiasa untuk bisa menuju merdeka finansial versi diri sendiri. Jika diurutkan berikut gambaran tangga keuangan, dimulai dari Arus Kas & Dana darurat, proteksi dan managemen risiko, tujuan keuangan, dana hari tua, hingga warisan.

 

Astra Life menyediakan platform sebagai evaluasi keuangan di tahun 2022 dengan menjawab beberapa pertanyaan melalui link berikut alife.id/EvaluasiKeuangan. Setelah mengevaluasi dan memahami kembali skala prioritas pengaturan keuangan sudah saatnya bagi keluarga muda generasi sandwich untuk segera mengubah kebiasaan-kebiasaan yang menimbulkan pola keuangan jadi tidak sehat. Di tahun 2023 ini lah saatnya untuk memiliki keuangan yang lebih sehat dari tahun sebelumnya.

 

Astra Life optimis dapat terus menggandeng masyarakat khususnya bagi keluarga muda generasi sandwich, agar masyarakat sama-sama dapat memiliki pengetahuan finansial dan kesehatan yang terus berkembang agar bisa menikmati hidup yang tenang dengan keluarga. “Melalui berbagai tips finansial dan kesehatan yang akan diberikan Astra Life sepanjang tahun 2023, kami berharap Astra Life dapat menjadi partner bagi masyarakat, tidak hanya sebagai perusahaan penyedia asuransi jiwa, namun sebagai perusahaan yang memberikan wadah literasi finansial dan kesehatan.” tutup Windy.

***

Tentang Astra Life 

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) adalah perusahaan penyedia asuransi jiwa yang berdiri sejak tahun 2014 dan dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama, dan Koperasi Astra International. Dengan semangat #iGotYourBack, Astra Life berkomitmen hadir untuk membawa proteksi ke setiap keluarga Indonesia dengan lini produk asuransi lengkap yang mencakup asuransi jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, dan juga nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan pendiri dana pensiun (DPLK).

Mengedepankan digitalisasi, Astra Life menghadirkan MyAstraLife yang merupakan aplikasi digital untuk layanan nasabah dalam genggaman sehingga nasabah bisa memanfaatkan layanan terintegrasi di seluruh produk yang ditawarkan dari seluruh kanal penjualan.

Berdasarkan data per Juni 2022, Astra Life telah melayani lebih dari 3,72 juta tertanggung. Astra Life juga didukung oleh ribuan penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia yang menjadi mitra perusahaan. Total aset Astra Life tercatat sebesar Rp. 7,4 triliun dan tingkat solvabilitas/Risk Based Capital (RBC) Astra Life berada di angka 306% (untuk asuransi jiwa konvensional). Angka 306% tersebut berada di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar 120%. Dengan semua pencapaian dan kinerja yang telah diperoleh tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan dan berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan aspirasi perusahaan yaitu menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia sekaligus menjadi Life Insurer of The Future.

Website Astra Life dapat diakses di www.astralife.co.id

Untuk keperluan data dan peliputan dapat menghubungi corporate.communication@astralife.co.id

 

 

Share this article:
Jenis kelamin dan saya tahun. saya butuh untuk