Siaran Pers

Perkuat Layanan di Ekosistem Astra Financial, Astra Life Catatkan Lebih dari 2,3 Juta Tertanggung
21 June 2024
ASLI - Bandung 02

Bandung, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) memaparkan pencapaian dengan mencatatkan lebih dari 2,3 juta tertanggung melalui produk asuransi jiwa kredit yang berkolaborasi dengan perusahaan pembiayaan dan asuransi di bawah naungan Astra Financial. Paparan ini disampaikan pada sesi Bincang-Bincang Astra Financial di Green Forest Resort Bandung pada Jumat, (21/06).

Nico Tahir selaku Presiden Direktur Astra Life menuturkan, “Astra Life hadir sebagai komplementer dalam value chain otomotif Astra yang memberikan perlindungan jiwa melalui beragam produk seperti asuransi jiwa kredit, asuransi mikro, dan asuransi kumpulan dan DPLK”. Saat pembelian kendaraan dilakukan secara kredit, umumnya pihak penjual juga akan menawarkan asuransi jiwa untuk perlindungan. Astra Life menawarkan produk Asuransi Jiwa Kredit yang memberikan perlindungan atas risiko tutup usia dan/atau cacat total dan tetap yang dihadapi debitur untuk membayarkan jumlah sisa pinjaman debitur kepada perusahaan yang memberikan pinjaman apabila risiko tersebut terjadi.

Selain jalur distribusi Bancassurance, Digital, Direct, dan Group Business serta DPLK, Astra Life memiliki jalur distribusi melalui kemitraan dengan perusahaan pembiayaan dan asuransi di bawah naungan Astra Financial. “Astra Life melengkapi layanan pembiayaan kredit ACC, TAF, FIFGROUP, dan Asuransi Astra melalui produk asuransi jiwa kredit baik konvensional maupun syariah, dan asuransi mikro yang memiliki total lebih dari 2,3 juta tertanggung dengan jangkauan distribusi secara nasional.” tambah Nico.

Di samping itu, Astra Life juga membangun sinergitas dengan AstraPay, Moxa dan Bank Saqu sebagai layanan keuangan berbasis digital, melalui berbagai bentuk kemitraan, baik berupa stand-alone micro-insurance maupun bundling life insurance.

“Upaya Astra Life untuk memperkuat sinergi di dalam ekosistem Astra terutama dengan bisnis unit di bawah naungan Astra Financial merupakan manifestasi dari visi Astra Life untuk membawa asuransi jiwa ke setiap rumah dan keluarga Indonesia.” lanjut Nico.

Pencapaian Bisnis Astra Life dalam Satu Dekade dan Tema Sedekade
Selama 10 tahun hadir di tengah masyarakat, Astra Life telah menjadi one of the fastest growing life insurance companies di Indonesia yang berfokus pada pengembangan beragam produk untuk segala segmen, mulai dari produk individu, syariah, kumpulan hingga dana pensiun (DPLK).

Astra Life juga memiliki Employee Benefit Group Business yang telah melayani hampir 800 perusahaan. Tersedia juga DPLK Astra Life yang merupakan Layanan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, baik Peserta Individu maupun Peserta Kelompok dengan total lebih dari 55.000 peserta yang berasal dari 150 klien.

Hingga Kuartal I 2024, Astra Life berhasil tumbuh di tengah segala tantangan yang ada, melindungi lebih banyak nasabah, dan melayani lebih baik melalui berbagai variasi produk dan beragam kanal distribusi. Astra Life berhasil membukukan Premi Bruto (gross written premium/GWP) senilai Rp1,4 Triliun dan total aset senilai Rp7,4 Triliun di tahun 2023. Selain itu, pada penutupan tahun 2023 lalu Astra Life juga telah membukukan laba positif.

“Kini, menginjak tahun ke-10, Astra Life telah melindungi 3,6 juta tertanggung atau telah bertumbuh sekitar 8x lipat sejak perusahaan pertama kali berdiri di tahun 2014. Tahun 2024 ini menjadi momentum ulang tahun dengan semangat dan tema #Sedekade dimana kami ingin menjangkau lebih banyak nasabah dan melayani lebih baik lagi melalui berbagai produk dan kanal distribusi yang kami miliki.” tutup Nico.

Program CSR Astra Life
Pada ulang tahun ke-10 ini, Astra Life juga baru saja menggelar program CSR untuk 15 sekolah di Penajam Paser Utara, Ibu Kota Negara (IKN) dengan mendonasikan 150 paket peralatan sholat untuk 15 sekolah, mulai dari tingkat SDN, SMPN, hingga SMKN. Selain itu, Astra Life juga mendonasikan laptop untuk 2 sekolah, dan kelas literasi keuangan untuk 200 siswa SMKN di IKN. Inisiatif ini juga dilakukan sebagai wujud dukungan atas program peningkatan literasi dan inklusi keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Astra Life

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Astra Life menawarkan beragam layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, serta nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan pendiri dana pensiun (DPLK).

Pada Mei 2024, Astra Life merayakan ulang tahun ke-10 dengan tema #Sedekatde yang diisi dengan serangkaian program dan kegiatan di sepanjang tahun. Tema ini menjadi momentum bagi Astra Life untuk semakin mendekatkan dan menguatkan kehadirannya di tengah masyarakat melalui pesan Love Life yang telah dibawa secara konsisten sejak pertama kali hadir di tahun 2014. Perjalanan 10 tahun Astra Life membawa semangat untuk senantiasa menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi nasabah serta menjalankan bisnis dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Berdasarkan data per Desember 2023, Astra Life merupakan perusahaan asuransi jiwa dengan nilai premi bruto senilai Rp6,1 Triliun, total aset mencapai Rp7,5 Triliun dan tingkat solvabilitas/Risk Based Capital (RBC) Astra Life berada di angka 259% (untuk asuransi jiwa konvensional), di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar 120%. Astra Life juga telah melayani 3,6 juta tertanggung. Melalui serangkaian pencapaian tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan dan berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan aspirasi perusahaan menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia sekaligus menjadi Life Insurer of The Future.

Website Astra Life dapat diakses di www.astralife.co.id.

Untuk keperluan data dan peliputan, silakan menghubungi corporate.communication@astralife.co.id

Share :
Astra Life_1
Astra Life Dukung Program Sekolah Literasi dan Inklusi Ke...
22 June 2024
AVA-Proteksi-Pasti-PRESS-RELEASE
Sukses Siapkan Dana Pendidikan Anak, Ini Caranya ala Astr...
18 June 2024
Foto1
Semarak Rangkaian HUT Ke-10, Astra Life Gelar Program CSR...
13 June 2024
Marketeers Awardee 2024
Jadi Brand Pilihan Gen Z, Astra Life Raih Marketeers You...
17 May 2024

Untuk keperluan data dan peliputan, hubungi:

Corporate Communication
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life)