Siaran Pers

Pastikan Keamanan Data Nasabah Terlindungi, Astra Life Raih ISO 27001:2013
8 June 2021
Sertifikat ISO 27001

Jakarta, 7 Juni 2021. Perkembangan digitalisasi pada industri asuransi selain menghadirkan harapan semakin tumbuhnya bisnis asuransi, di satu sisi juga menimbulkan tantangan terkait dengan perlindungan data pribadi nasabah. Oleh karena itu, Astra Life merasa sangat perlu untuk menerapkan kebijakan yang tepat untuk melindungi aset informasi nasabah. Salah satu nya melalui perolehan sertifikasi ISO 27001:2013 yang merupakan standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi.

Windawati Tjahjadi – Presiden Direktur Astra Life mengatakan, “Seiring dengan pesatnya perkembangan bisnis digital Astra Life baik melalui e-commerce Astra Life yaitu ilovelife.co.id dan aplikasi Buddies, sangat penting bagi kami untuk memperhatikan keamanan informasi khususnya data nasabah. Dengan diperolehnya sertifikasi ISO 27001:2013, menjadi bukti komitmen Astra Life untuk menjamin keamanan data nasabah sehingga nasabah bisa tenang dan nyaman dalam bertransaksi asuransi secara online.”

ISO 27001:2013 merupakan suatu standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management System (ISMS).  Untuk mendapatkan sertifikasi ini tidak mudah karena perusahaan perlu melalui proses audit kemananan informasi yang ketat oleh pihak auditor yang tersertifikasi. Keberhasilan Astra Life dalam memperoleh sertifikasi ISO 27001:2013 di bulan Mei 2021 ini juga merupakan bentuk kepatuhan perusahaan terhadap regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah, yaitu Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi, Peraturan POJK no. 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan, Peraturan SEOJK no. 14/SEOJK.07/2014 tentang Kerahasiaan dan Keamanan Data dan/Atau Informasi Pribadi Konsumen, dan Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 8 Tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan Dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik. “Dengan sertifikasi ini, Astra Life turut menjadi perusahaan yang taat mengikuti regulasi yang ditetapkan pemerintah, sehingga diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap Astra Life juga meningkat.” ujar Windawati menambahkan.

Menjalani tahun 2021, Astra Life tetap fokus dan berkomitmen dalam melakukan akselerasi pertumbuhan bisnis melalui digitalisasi di seluruh lini. Digitalisasi dilakukan untuk memberikan akses dan jangkauan yang luas dan mudah agar semakin banyak masyarakat Indonesia mendapatkan perlindungan jiwa dan kesehatan. Layanan Digital Astra Life yang aman untuk kemudahan Anda, Don’t Worry #IGotYourBack.

 

Tentang Astra Life

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.  Astra Life menawarkan produk yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, dan juga nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan dana pensiun (DPLK).

Pada kuartal pertama 2021 Astra Life telah melayani lebih dari 3,1 juta tertanggung. Astra Life juga didukung oleh ribuan penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia yang menjadi mitra perusahaan. Berdasarkan data Q1-2021 total aset Astra Life tercatat sebesar Rp. 6,7 Triliun dan tingkat solvabilitas / Risk Based Capital (RBC) Astra Life berada di angka 375% (untuk asuransi jiwa konvensional). Angka RBC tersebut berada di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar 120%. Dengan semua pencapaian dan kinerja yang telah diperoleh tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan dan berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan aspirasi perusahaan menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia.

Website Astra Life dapat diakses di http://www.astralife.co.id.

*PT ASURANSI JIWA ASTRA terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

 

Untuk informasi lebih lanjut:

 

Dinda Bellinda

Head of Corporate Communication

dinda.bellinda@astralife.co.id | +62-817-0422-888

 

Share :
Foto1
Semarak Rangkaian HUT Ke-10, Astra Life Gelar Program CSR...
13 June 2024
Marketeers Awardee 2024
Jadi Brand Pilihan Gen Z, Astra Life Raih Marketeers You...
17 May 2024
Image20240429135725
Catatan Kinerja Tahun 2023: Astra Life Cetak Laba dan Por...
29 April 2024
Image 2
5 Tips Untuk Pelaku Bisnis UMKM Dorong Produktivitas a la...
18 April 2024

Untuk keperluan data dan peliputan, hubungi:

Corporate Communication
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life)