Siaran Pers

Optimis Hadapi Tantangan Finansial di Tahun Naga Kayu, Simak Kiat Mengatasinya ala Astra Life
7 February 2024
Press Release_Tahun Naga Kayu_Astra Life

Jakarta, 7 Februari 2024 –  Memasuki Tahun Baru Imlek 2575 yang bertepatan pada tanggal 10 Februari 2024, Tahun Naga Kayu ini dipercaya sebagai simbol keberuntungan, kemakmuran, kekuatan, kesuksesan, dan kehormatan menurut budaya China. Tak ayal, ini menjadi tahun yang penuh keoptimisan bagi keluarga muda dalam meraih impian finansial keluarga.

Windy Riswantyo selaku Marketing, Alternate & Direct Business Group Head Astra Life mengatakan “Dalam tahun penuh keoptimisan ini, keluarga muda juga perlu cermat dalam meraih impian finansial keluarga. Agar dapat mengatasai segala tantangan finansial yang mungkin terjadi, seperti terkena penyakit kritis hingga tutup usia dini sebaiknya keluarga muda memiliki mitigasi risiko finansial, sehingga dapat meraih tujuan finansial jangka panjang seperti menyekolahkan anak hingga lulus kuliah, rencana ibadah, hingga bisa menikmati hari tua dengan nyaman.”

Salah satu tantangan di tahun ini adalah biaya kesehatan yang terus meningkat menjadi 13.0% dan mengalami inflasi 3.0% pada tahun 2024 menurut survei Mercer Marsh Benefit (MMB) bertajuk Health Trends 2024. Biaya perawatan kesehatan yang semakin mahal dapat menjadi risiko beban finansial yang besar bagi keluarga muda. Terlebih lagi, dengan semakin tingginya angka penyakit kronis dan biaya perawatan yang terus meningkat, keluarga muda perlu mempersiapkan dana yang cukup untuk menghadapi kondisi kesehatan yang tidak terduga.  MMB mengatakan kanker masih menjadi risiko kesehatan utama tidak hanya di seluruh dunia. Hal ini tecermin jumlah besaran klaim dalam dolar pada tahun 2022. Berkaca pada survei tersebut, keluarga muda sebaiknya sehat dalam hal pola hidup dan juga finansial. Memiliki asuransi kesehatan menjadi kewajiban yang sebaiknya dipenuhi di tahun naga kayu ini.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut, pahami 3 kiat terkait asuransi berikut:

  1. Lindungi dengan asuransi kesehatan dari sekarang

Sebaiknya jangan menunggu hingga ada anggota keluarga yang sakit. Melainkan, belilah asuransi kesehatan sedini mungkin di saat diri sendiri dan keluarga dalam kondisi kesehatan yang prima. Dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga, maka kekhawatiran aset akan tergerus untuk membiayai pengobatan ketika sakit dapat teratasi. Bagi keluarga muda yang masih memiliki banyak kebutuhan, bisa mendaftar menjadi peserta dalam program jaminan kesehatan dari pemerintah. Namun, bagi keluarga yang lebih mapan dan menginginkan fasilitas yang lebih nyaman khususnya bagi anak dapat menambahkan asuransi kesehatan swasta. Adapun alokasi untuk kebutuhan asuransi jiwa dan kesehatan sekitar 10% dari pendapatan.

 

  1. Pilih produk dengan manfaat yang sesuai

Saat ini banyak produk asuransi kesehatan yang menawarkan berbagai macam manfaat. Penting bagi keluarga muda untuk mendiskusikan kebutuhan akan proteksi kesehatan bersama-sama, misalnya apakah dari kedua belah pihak memiliki hitori penyakit kritis, fasilitas kesehatan seperti apa yang diinginkan, hingga alokasi budget yang disepakati. Astra Life memiliki beragam perlindungan kesehatan dengan manfaat yang lengkap, seperti perlindungan kesehatan yang memberi manfaat pembayaran rawat inap, pembedahan sesuai tagihan rumah sakit, santunan harian rawat inap, dan penyakit kritis sejak tahap dini. Khusus untuk tertanggung anak-anak, Astra Life memahami bahwa setiap orang tua ingin memberikan perawatan terbaik ketika anak dirawat di rumah sakit, supaya proses penyembuhannya optimal. Untuk itu, Astra Life menawarkan Medicare Premier, asuransi tambahan yang memberi jaminan rawat inap di kamar privat tanpa terpengaruh kenaikan biaya rumah sakit selama polis aktif, juga menanggung biaya tambahan extra bed atau hotel terdekat dari rumah sakit selama rawat inap di rumah sakit.

  1. Memiliki asuransi tanpa ribet

Penting bagi keluarga muda yang tengah sibuk dalam kesehariannya untuk memiliki asuransi dengan layanan yang memudahkan nasabahnya. Di Astra Life, setiap nasabah memiliki akses ke portal nasabah yaitu MyAstraLife. Lewat aplikasi ini, nasabah yang hendak berobat rawat inap di rumah sakit cukup menunjukan e-card. Terdapat juga fitur My Claim yang dapat mempermudah klaim asuransi kesehatan, fitur My Fund untuk dapat melakukan e-switching yaitu pengalihan dana investasi dan e-withdrawal yaitu fitur untuk menarik saldo. Fitur-fitur ini membuat pengelolaan asuransi keluarga muda menjadi lebih praktis.

Bagi keluarga muda atau pasangan suami istri yang ingin memiliki asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa, tidak perlu khawatir dapat dengan mudah mengunjungi website astralife.co.id dan kanal e-commerce ilovelife.co.id atau melalui layanan Contact Center Hello Astra Life yang tersedia 24 jam di nomor 1 500 282, serta nomor WhatsApp 08952-1500282 dan layanan e-mail hello@astralife.co.id yang tersedia dari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB.

Tentang Astra Life

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Astra Life menawarkan layanan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, dan juga nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan pendiri dana pensiun (DPLK). Astra Life berkomitmen penuh dalam memberikan produk dan layanan terbaik kepada nasabah serta menjalankan bisnis dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Berdasarkan data per September 2023, Astra Life merupakan perusahaan asuransi jiwa dengan total aset mencapai Rp7,42 triliun dan tingkat solvabilitas/Risk Based Capital (RBC) Astra Life berada di angka 212% (untuk asuransi jiwa konvensional). Angka 212% tersebut berada di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar 120%. Astra Life telah melayani 3,61 juta tertanggung. Dengan semua pencapaian dan kinerja yang telah diperoleh tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan dan berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan aspirasi perusahaan menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia sekaligus menjadi Life Insurer of The Future.

Website Astra Life dapat diakses di http://www.astralife.co.id. Untuk keperluan data dan peliputan, silakann menghubungi corporate.communication@astralife.co.id

Share :
Press Release Resolusi Finansial ala Astra Life
Intip Cara Wujudkan Resolusi Proteksi Finansial Keluarga ...
16 January 2024
Foto Press-release-sehat-finansal-akhir-tahun
Sehat Finansial Jelang Akhir Tahun ala Astra Life, Cek 5 ...
28 November 2023
Foto-1
Rayakan Bulan Inklusi Keuangan (BIK), Astra Life Ramaikan...
27 October 2023
AVAProteksiPasti
Astra Life dan PermataBank Luncurkan Produk Asuransi Dwig...
26 October 2023

Untuk keperluan data dan peliputan, hubungi:

Corporate Communication
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life)