• Love Life
  • Love Life
Klarifikasi Astra Life atas Keluhan Polis

Klarifikasi Astra Life atas Keluhan Polis


Klarifikasi Astra Life atas Keluhan Polis

 

  • Astra Life senantiasa mengedepankan aspek perlindungan nasabah dan tunduk pada peraturan serta perundang-undangan yang berlaku.
  • Astra Life temukan adanya dugaan fraud dan telah melaporkan kepada pihak berwenang.

Jakarta, 21 Januari 2023 – Sebagai upaya perusahaan dalam mewujudkan aspek perlindungan nasabah dan menaati peraturan serta perundang-undangan yang berlaku, manajemen PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) telah melakukan penelitian dan verifikasi terhadap dokumen agen dan nasabah terkait pemberitaan seputar keluhan nasabah Astra Life.

Hal ini berawal dari adanya keluhan dari 24 nasabah Astra Life di Jawa Timur yang menyatakan tidak menerima polis dan meminta pengembalian seluruh premi asuransi yang telah dibayarkan kepada Astra Life. Setelah dilakukan penelusuran dan verifikasi secara terperinci terhadap dokumen terkait, Astra Life mengonfirmasikan bahwa seluruh polis tersebut telah dikirimkan kepada nasabah yang bersangkutan, namun terdapat dugaan fraud yang dilakukan oleh oknum agen. Oleh karena itu, Astra Life melalui kuasa hukumnya Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M. dari kantor hukum Otto Hasibuan & Associates, telah melaporkan kasus ini ke Kepolisian Negara Republik Indonesia pada 18 Januari 2023.

“Sejak Astra Life didirikan pada tahun 2014, kasus seperti ini belum pernah terjadi. Sejalan dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengutamakan aspek perlindungan nasabah, Astra Life melihat bahwa praktik fraud dapat berdampak buruk bagi kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi jiwa di Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan tegas terkait dugaan fraud tersebut,” ujar Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi.

Astra Life berkomitmen penuh untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada nasabah serta menjalankan bisnis dengan prinsip good corporate governance (GCG) dan keberlanjutan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

***

Tentang Astra Life 

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) adalah perusahaan penyedia asuransi jiwa yang berdiri sejak tahun 2014 dan dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama, dan Koperasi Astra International. Dengan semangat #iGotYourBack, Astra Life berkomitmen hadir untuk membawa proteksi ke setiap keluarga Indonesia dengan lini produk asuransi lengkap yang mencakup asuransi jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, dan juga nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan pendiri dana pensiun (DPLK).

Mengedepankan digitalisasi, Astra Life menghadirkan MyAstraLife yang merupakan aplikasi digital untuk layanan nasabah dalam genggaman sehingga nasabah bisa memanfaatkan layanan terintegrasi di seluruh produk yang ditawarkan dari seluruh kanal penjualan.

Berdasarkan data per Juni 2022, Astra Life telah melayani lebih dari 3,72 juta tertanggung. Astra Life juga didukung oleh ribuan penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia yang menjadi mitra perusahaan. Total aset Astra Life tercatat sebesar Rp. 7,4 triliun dan tingkat solvabilitas/Risk Based Capital (RBC) Astra Life berada di angka 306% (untuk asuransi jiwa konvensional). Angka 306% tersebut berada di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar 120%. Dengan semua pencapaian dan kinerja yang telah diperoleh tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan dan berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan aspirasi perusahaan yaitu menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia sekaligus menjadi Life Insurer of The Future.

Website Astra Life dapat diakses di www.astralife.co.id

Untuk keperluan data dan peliputan dapat menghubungi corporate.communication@astralife.co.id

 

 

Share this article:
Jenis kelamin dan saya tahun. saya butuh untuk