• Love Life
  • Love Life
Dukung Peningkatan Literasi Finansial, Astra Life Gelar Media Workshop Perencanaan Keuangan & Asuransi Jiwa

Dukung Peningkatan Literasi Finansial, Astra Life Gelar Media Workshop Perencanaan Keuangan & Asuransi Jiwa


Jakarta, 14 Desember 2021 – Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada 2019, indeks literasi keuangan di Indonesia mencapai 38,03 persen dan indeks inklusi keuangan 76,19 persen. Walaupun demikian, angka tersebut masih tergolong rendah. Di sisi lain, kesadaran mengenai keamanan finansial juga masih belum sepenuhnya dimiliki oleh masyarakat, misalnya dalam bentuk proteksi asuransi jiwa. Data OJK pada Juli 2020 menunjukkan bahwa jumlah penduduk Indonesia yang memiliki polis asuransi jiwa hanya sejumlah 17,4 juta orang atau berkisar 16 orang per satu polis.

Sebagai bentuk ketanggapan akan kondisi tersebut, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) mengadakan media workshop yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar terkait perencanaan keuangan dan asuransi jiwa. Workshop dengan tema Financial Planning & Life Insurance 101 – Kickstart Your Financial in 2022 ini digelar pada Selasa, 14 Desember 2021 di Hotel Veranda Jakarta Selatan dan dihadiri oleh rekan-rekan jurnalis dengan menerapkan protokol kesahatan yang ketat.

Windawati Tjahjadi selaku Presiden Direktur Astra Life menjelaskan, “Kami mengundang rekan- rekan jurnalis untuk hadir dalam workshop ini karena kami melihat jurnalistik memiliki dampak yang luas, tidak hanya sebagai corong informasi, namun juga sebagai agen untuk mengedukasi masyarakat. Harapannya, materi yang disampaikan dalam workshop ini dapat menjadi referensi sekaligus ruang diskusi bagi rekan-rekan jurnalis untuk mengolah lebih banyak lagi konten- konten infomasi finansial yang bermanfaat demi peningkatan l iterasi keuangan masyarakat Indonesia.”

Media Workshop ini menghadirkan dua pemateri, yaitu Arief Lesmana – CFP QWP, Sales Development & Event Management Astra Life yang memberikan pemaparan seputar

perencanaan keuangan. Sementara pemateri kedua, Cindy F. Santoso – FLMI, AWM, CFP, QWP Learning & Development Astra Life menjelaskan mengenai pentingnya kepemilikan polis asuransi yang disertai dengan pemahaman yang baik, serta analisa kebutuhan yang tepat sebelum membeli polis asuransi agar pengalaman berasuransi bisa berjalan secara optimal.

Pada acara ini, Windawati Tjahjadi juga memberikan pemaparan singkat seputar kinerja positif Astra Life hingga kuartal III 2021 yang mencapai 58%. Pencapaian ini di atas rata-rata industri yang bertumbuh sebesar 38,7%.

“Semoga melalui penyelenggaraan workshop ini, rekan-rekan jurnalis dapat berkontribusi secara aktif untuk mengajak masyarakat agar semakin bijak dalam pengelolaan finansial serta memilki kesadaran akan manfaat proteksi finansial melalui produk asuransi jiwa.” tutup Windawati Tjahjadi.

 

Tentang Astra Life

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Astra Life menawarkan produk yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkandengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, danjuga nasabah kumpulanberupa program kesejahteraan karyawan(employee benefit groupbusiness) dan dana pensiun(DPLK).

Pada kuartal III tahun 2021 Astra Life telah melayani lebih dari 3,4 juta tertanggung. Astra Life juga didukung oleh ribuan penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia yang menjadi mitra perusahaan. Berdasarkan data kuartal III tahun 2021 total aset Astra Life tercatat sebesar Rp. 6,9 Triliun dan tingkat solvabilitas / Risk Based Capital (RBC) Astra Life berada di angka 274% (untukasuransi jiwa konvensional). Angka RBC tersebut berada di atas ketentuan minimum Otoritas JasaKeuangan(OJK) sebesar 120%. Dengan semua pencapaian dankinerja yang telah diperoleh tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan dan berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan aspirasi perusahaan menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia.

Website Astra Life dapat diakses di http://www.astralife.co.id.

*PT ASURANSI JIWA ASTRA terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

 

Untuk keperluan data dan peliputan, silakan menghubungi:

 

Dinda Bellinda

Head of Corporate Communication

dinda.bellinda@astralife.co.id | +62-817-0422-888

Denny Tan

Public Relations & CSR Manager

denny@astralife.co.id | +62-853-1000-8180

Share this article:
Jenis kelamin dan saya tahun. saya butuh untuk