• Love Life
  • Love Life
Dorong Literasi Finansial untuk Anak, Simak Cara dan Manfaatnya

Dorong Literasi Finansial untuk Anak, Simak Cara dan Manfaatnya


Jakarta, 1 Agustus 2022 – Pada Bulan Juli lalu, Hari Anak Nasional kembali menjadi momen pengingat bagi para orang tua untuk memberikan ruang pembinaan yang kondusif agar setiap anak dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal. Salah satu bentuk dari pembinaan ini bisa diwujudkan melalui edukasi dan penanaman kebiasaan yang positif bagi anak, misalnya edukasi finansial melalui kebiasaan menabung untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan di masa depan.

Windy Riswantyo selaku VP, Head of Marketing & Branding and Digital Channel Astra Life mengatakan, “Literasi keuangan pada anak tidak hanya mencakup pengenalan akan nilai uang, namun bagaimana mengelola secara bijak agar setiap anak bisa mempersiapkan masa depan mereka. Sebagai bagian dari industri finansial, kami turut mendukung upaya peningkatan literasi keuangan bagi anak untuk menciptakan generasi masa depan memiliki pengetahuan dan ketahanan finansial.”

Masih dalam rangka semangat memperingati Hari Anak Nasional, PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) ingin mengajak para orang tua untuk memberikan pemahaman literasi keuangan bagi anak dan mengetahui manfaatnya. Berikut 4 cara dan manfaat literasi keuangan sejak dini pada anak:

  1. Berikan pemahaman akan nilai uang untuk cegah kebiasaan boros

Setiap anak perlu diajarkan bahwa uang tidak didapatkan begitu saja, namun untuk mendapatkannya perlu dilakukan sebuah usaha terlebih dahulu, misalnya dengan bekerja yang memerlukan pikiran, tenaga, dan waktu. Anak-anak akan lebih mudah mengerti akan nilai uang saat mereka juga mengerti usaha yang perlu dilakukan oleh orang tuanya. Hal ini juga bisa mencegah kebiasaan boros pada anak dengan mulai menanamkan kebiasaan menabung yang bisa dilakukan secara sederhana dengan celengan.

 

  1. Ajak mengatur dan mengalokasikan uang untuk melatih kemampuan pengelolaan

Dengan mengajak anak untuk mengatur dan mengalokasikan uang misalnya dengan uang jajan, dapat melatih kemampuan pengelolaan yang juga bisa bermanfaat untuk berbagai aspek kehidupan lainnya. Selain itu, kemampuan pengelolaan dan alokasi juga bisa bermanfaat untuk mengajarkan tentang pentingnya menentukan skala prioritas dari sumber keuangan yang terbatas.

 

  1. Mengenal berbagai kebutuhan untuk membedakan level urgensinya

Para orang tua dapat memberikan edukasi terkait kebutuhan primer, sekunder, tersier disertai dengan contoh yang sederhana. Sebab, cara tersebut dilakukan agar anak bisa membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan sekaligus menentukan tujuan finansial yang realistis. Perlu diingat peran orang tua juga sangat diperlukan untuk memberikan contoh akan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan tersebut, sehingga anak-anak pun dapat memahami secara lebih mudah.

 

  1. Ajarkan pemahaman mitigasi risiko finansial untuk antisipasi hal-hal di luar dugaan

Setelah memahami akan nilai uang, pentingnya menabung dan mengelola uang, anak-anak juga perlu diberikan pemahaman mitigasi untuk risiko finansial. Misalnya mengetahui tempat penyimpanan uang yang aman untuk meminimalisir risiko pencurian dengan cara beralih dari tabungan di celengan menjadi tabungan di bank. Risiko finansial juga bisa mencakup risiko yang dialami oleh pencari nafkah dalam keluarga seperti sakit ataupun tutup usia yang berdampak pada kelancaran keuangan keluarga. Risiko ini bisa dimitgasi dengan produk asuransi yang dapat dijelaskan secara sederhana pada anak sebagai dasar pengetahuan mereka bahwa asuransi yang dimiliki orang tua juga turut memberikan perlindungan atas risiko-risiko finansial yang bisa terjadi.

Selain literasi keuangan sebagai bentuk cinta pada masa depan anak, baru-baru ini Astra Life meluncurkan kampanye #InsuranceisLove sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat melindungi masa depan keluarga tercinta. Ditandai dengan kolaborasi Astra Life bersama Kunto Aji menciptakan sebuah lagu berjudul “Salam Pada Rindu”. Seraya mendukung literasi finansial, masih dalam rangkaian kampanye #InsuranceisLove, Astra Life menggandeng generasi sandwich dengan menghadirkan rangkaian talk show secara online melalui Instagram Live bertajuk #ByeSandwichGeneration Masterclass. Rangkaian berlangsung pada Juli hingga Desember 2022 di Instagram @astralifeid, diisi oleh sejumlah influencer dan content creator finansial.

***

Tentang Astra Life 

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Astra Life menawarkan layanan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, dan juga nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan dana pensiun (DPLK).

Berdasarkan data per Juni 2022, Astra Life telah melayani lebih dari 3,72 juta tertanggung. Astra Life juga didukung oleh ribuan penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia yang menjadi mitra perusahaan. Total aset Astra Life tercatat sebesar Rp. 7,4 triliun dan tingkat solvabilitas/Risk Based Capital (RBC) Astra Life berada di angka 306% (untuk asuransi jiwa konvensional). Angka 306% tersebut berada di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar 120%. Dengan semua pencapaian dan kinerja yang telah diperoleh tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan dan berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan aspirasi perusahaan menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia sekaligus menjadi Perusahaan Asuransi Jiwa Masa Depan di Indonesia.

Website Astra Life dapat diakses di http://www.astralife.co.id

*PT ASURANSI JIWA ASTRA berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Untuk keperluan data dan peliputan, silakan menghubungi:

 

Dinda Bellinda

Head of Corporate Communication

dinda.bellinda@astralife.co.id | +62-817-0422-888

Denny Tan

Public Relations & CSR Manager

denny@astralife.co.id | +62-853-1000-8180

Dody Triguno

Public Relations & CSR Executive

dody.triguno@astralife.co.id | +62-857-1794-9920

 

Share this article:
Jenis kelamin dan saya tahun. saya butuh untuk