Siaran Pers

Di Tengah Covid-19, Astra Life maksimalkan Layanan dan Pemasaran Online
11 May 2020
Di Tengah Covid-19, Astra Life maksimalkan Layanan dan Pemasaran Online - Astralife

Pandemi virus Corona masih belum mereda. Pertumbuhan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang terus bertambah membuat diberlakukannya pembatasan pergerakan manusia untuk mengurangi pertambahan angkanya. Dampak pandemi ini juga sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika mulai diberlakukan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Astra Life menanggapi dampak tersebut melalui pemaksimalan layanan dan pemasaran alternatif berbasis digital. “Kami menyadari pemberlakuan physical distancing ini memberikan pengaruh besar dalam tren perilaku belanja konsumen, bahkan diprediksi perubahan perilaku ini akan bertahan hingga setelah masa pandemi berakhir dan menjadi new normal. Masa pandemi ini justru memacu kami untuk semakin cepat beradaptasi melalu  berbagai inovasi. Kami telah menerapkan prinsip agile  untuk memacu inovasi dan mengoptimalkan digitalisasi yang sudah menjadi fondasi strategis perusahaan sejak awal berdiri. Pelayanan dan pemasaran produk dilakukan secara online”, ujar Windawati Tjahjadi – Direktur Astra Life.

Bertemu dengan calon nasabah secara tatap muka sebelum periode pandemic corona merupakan aktivitas yang lumrah dalam proses penjualan asuransi. Namun dengan adanya keharusan untuk melakukan #physicaldistancing pada periode saat ini tentunya sangat mempengaruhi aktivitas pemasaran produk asuransi. Untuk jalur distribusi berbasis tatap muka, Astra Life memiliki alat penjualan digital serta memanfaatkan teknogi untuk pertemuan secara online. Calon nasabah nantinya dapat memperoleh penjelasan mengenai manfaat produk melalui sambungan telepon yang direkam dan untuk selanjutnya, nasabah akan diarahkan untuk melengkapi pengisian data pribadi yang dibutuhkan, persetujuan pembelian produk asuransi, foto kartu identitas serta melakukan pembayaran secara online.

Selain itu, Astra Life juga melakukan pemasaran secara online melalui laman ilovelife.co.id, e-commerce milik Astra Life yang cukup dikenal masyarakat dengan produk unggulan Flexi Life. Calon nasabah tetap dapat melakukan pembelian produk layaknya belanja online dengan batasan uang pertanggungan  hingga Rp 5milyar melalui produk asuransi jiwa dan penyakit kritis. Calon nasabah dapat dengan fleksibel mengatur sendiri besar perlindungan, frekuensi dan metode pembayaran, cek harga premi dan dapat dibeli tanpa cek medis.

Astra Life juga memberikan pilihan untuk pembelian asuransi melalui aplikasi milik mitra bank, yaitu PermataBank. Produk asuransi Astra Life dapat dibeli di super app PermataMobileX meskipun #DiRumahAja. Terdapat 4 produk yang tersedia untuk dibeli secara online pada PermataMobileX.

“Selaras dengan visi kami untuk hadir di setiap rumah orang Indonesia, Astra Life in every home, Astra Life terus memperkuat infrastruktur, produk dan jalur distribusi berbasis digital dengan membawa pengalaman berasuransi Digital end to end. Digital end to end yang dibangun oleh Astra Life meliputi product suitability, e-Quotation, e-Submission, e-Payment, e-Policy, dan e-Claim, yang tersedia baik di kanal distribusi digital milik Astra Life , maupun untuk rekan bisnis dengan teknologi API. Digital end to end yang Astra Life miliki memampukan Astra Life untuk beradaptasi di masa pandemi ini dengan terus mengembangkan berbagai jalur distribusi berbasis digital”, tambah Windawati.

Meskipun penjualan dilakukan tidak dengan tatap muka langsung dengan tenaga pemasar, tetapi kualitas para tenaga pemasar Astra Life tetap terus ditingkatkan. Sejumlah pelatihan secara online tetap dijalankan oleh Astra Life Academy yang merupakan pusat pelatihan khusus untuk para tenaga pemasar Astra Life. Keterbatasan yang ditimbulkan oleh physical distancing justru semakin memicu para trainer dari Astra Life Academy untuk membuat materi training online menjadi lebih menarik meskipun dilakukan secara jarak jauh.

Pertumbuhan jumlah kasus terkonfirmasi positif corona di Indonesia juga ikut memberikan dampak kepada para pekerja sektor informal. Pekerja di sektor informal mengalami penurunan penghasilan secara drastis dan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup di tengah pandemi ini. Hal ini menggerakkan Astra Life untuk turun tangan berbagi kepada para pekerja sektor informal. Untuk seluruh nasabah dan calon nasabah yang mengikuti e-customer gathering melalui aplikasi pertemuan virtual,  Astra Life mendonasikan Rp 50.000,- per nasabah atau calon nasabah yang hadir. Selain itu, Astra Life juga mengadakan kampanye  Satu Polis #iGotYourBackLawanCOVID.  Melalui kampanye ini, setiap pembelian produk asuransi di ilovelife.co.id dan Buddies dengan minimum premi sebesar Rp 100.000,- selama periode 30 Maret 2020 – 31 Mei 2020, akan disumbangkan dana sebesar Rp 100.000,- per polis. Sumbangan dana ini akan dikumpulkan hingga akhir periode untuk kemudian disalurkan ke pekerja sektor informal yang terkena dampak akibat pandemi Covid-19. Melalui gerakan sosial ini, Astra Life juga ingin mengajak masyarakat untuk memberikan semangat positif untuk para pekerja informal kehilangan sumber pendapatan selama masa pandemi ini.

 

Tentang PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life)

PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life) adalah perusahaan asuransi jiwa patungan dengan kepemilikan saham 50:50 antara PT Astra International Tbk (ASTRA) dan Aviva International Holdings Limited (AVIVA) yang didirikan tanggal 26 Mei 2014, serta diluncurkan secara resmi kepada publik dan media tanggal 27 November 2014. Astra Life menerapkan konsep “Best of Both World” atau “Terbaik di Dua Dunia” – dengan mengkombinasikan pengalaman dan kompetensi Aviva sebagai asuransi kelas dunia selama lebih dari 324 tahun sejak tahun 1696, termasuk lebih dari 153 tahun di Asia, serta kekuatan Astra sebagai salah satu pelopor grup usaha nasional berikut jaringan dan distribusinya di Indonesia selama lebih dari 63 tahun sejak tahun 1957. Kolaborasi keduanya memberikan layanan terbaik dan dapat diandalkan bagi seluruh nasabah Astra Life. Astra Life menawarkan produk yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan terutama berasal dari nasabah bank dan perusahaan pembiayaan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link) dan juga nasabah korporasi berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit) dan merupakan pendiri dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan Astra Aviva (DPLK Astra Aviva).
Dengan semua pencapaian dan kinerja yang telah diperoleh tersebut, Astra Life menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan sehingga optimis untuk bisa mewujudkan target dan aspirasi perusahaan menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia. Website Astra Life dapat diakses di http://www.astralife.co.id.
*PT ASTRA AVIVA LIFE terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Untuk informasi lebih lanjut:

Windy Riswantyo

Head of Corporate Communication

Windy.riswantyo@astralife.co.id | +62 (21) 30422000   ext. 3161

Share :
Astra Life Group Business & DPLK 1
Alami Peningkatan Nasabah Group Business dan DPLK, Astra ...
29 November 2024
Foto 1 - Para Ayah - Astra Life
Para Ayah Wajib Tahu, Ini Fungsi Asuransi untuk Lindungi...
13 November 2024
Gedung Astra Life01
Jelang Tutup Tahun, Astra Life Bukukan Kinerja Positif To...
25 October 2024
Astra Life -Foto-01
Lengkapi Portofolio Produk di Kanal Bancassurance Syariah...
14 October 2024

Untuk keperluan data dan peliputan, hubungi:

Corporate Communication
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life)