Siaran Pers

80% Pembeli Produk Asuransi di ilovelife.co.id Berusia Muda, Bukti Milenial Melek Asuransi
30 June 2020
photo-1

Kasus COVID-19 di Indonesia, masih belum memperlihatkan tanda-tanda penurunan. Kondisi ini menuntut pergerakan manusia masih terus dibatasi dan memaksa setiap orang untuk mengubah perilaku dari yang biasanya harus berinteraksi secara tatap muka beralih ke sistem virtual atau digital.

Selama masa pandemi COVID-19, masyarakat semakin sadar akan pentingnya asuransi jiwa dan kesehatan serta perencanaan keuangan yang benar agar dapat menjalani hidup dengan persiapan yang baik di tengah pandemi, terlebih ketika memasuki masa new normal, setelah masa PSBB  (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dibuka dimana masyarakat hidup berdampingan dengan virus.

Selama masa pandemi hingga masuk ke era normal baru ini,  jumlah pembelian produk asuransi jiwa di laman ecommerce milik Astra Life, ilovelife.co.id didominasi oleh pelanggan milenial  yang mencapai 80% dari total nasabah yang ada. Hampir 90% nya merupakan pengguna smartphone. Data tersebut mematahkan pendapat bahwa kalangan milenial dianggap tidak peduli terhadap asuransi jiwa dan kesehatan. Artinya, kaum milenial semakin sadar pentingnya kepemilikan asuransi jiwa dan kesehatan untuk memproteksi risiko hidup ke depannya.

Transaksi di ilovelife.co.id saat ini hampir separuhnya didominasi oleh nasabah yang berdomisili di daerah Jakarta.  Keterbatasan yang terjadi karena pandemi ini telah turut serta mendorong pelanggan yang berada di luar Jakarta untuk memanfaatkan platform e-commerce untuk memilih asuransi secara online. ilovelife.co.id mencatat pengunjung terjauh secara geografis terjadi dari kota Manado, Batam, dan Sorong. Untuk nasabah luar Jakarta,  jumlahnya mengalami peningkatan sebesar dua kali lipat jika dibandingkan dengan masa sebelum pandemi melanda.

Meningkatnya minat masyarakat akan produk asuransi jiwa online ini juga dapat dilihat dari meningkatnya angka kunjungan di laman ilovelife.co.id yang tercatat hingga hampir 3 kali lipat sejak masa pandemi dan mencapai 7 kali lipat sejak dibukanya laman ini pada  April 2019.

Dari keseluruhan nasabah, sebanyak 80% kaum milenial memilih produk Flexi Life yang dihadirkan di ilovelife.co.id.  Hal ini tidak mengherankan karena Flexi Life merupakan produk asuransi jiwa murni dengan premi yang sangat terjangkau untuk kaum muda dan ditunjang dengan proses pembelian yang simpel.

“Di ilovelife.co.id, urusan tenang bisa jadi gampang. Melalui ilovelife.co.id, masyarakat bisa mendapatkan asuransi jiwa dan penyakit kritis secara online dengan mudah, termasuk perlindungan terhadap risiko COVID-19. Masyarakat dapat memilih nilai perlindungan hingga 5 Milliar Rupiah tanpa perlu repot cek medis.  Proses pembelian di laman ini dilakukan secara online dan hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. Tidak hanya proses pembelian, nasabah juga dapat melakukan proses klaim secara online melalui portal yang terdapat pada ilovelife.co.id. Terlebih produk di ilovelife.co.id telah  dirancang sesuai kebutuhan milenial dengan fitur atur sendiri, yakni atur sendiri Uang Pertanggungan, frekuensi pembayaran, maupun metode pembayarannya”, ujar Sri Agung Handayani – Direktur Astra Life.

Astra Life juga gencar mengajak masyarakat untuk memiliki perlindungan jiwa yang sesuai dengan kebutuhan, salah satunya melalui kampanye #generasi5miliar. Melalui kampanye ini, Astra Life mengajak masyarakat, terutama milenial untuk memiliki nilai perlindungan yang sesuai kebutuhan. Seringkali, seseorang memiliki perlindungan asuransi jiwa namun nilai perlindungannya terlampau rendah dan tidak sesuai dengan kebutuhannya atau disebut under insured.  Astra Life melakukan edukasi cara menghitung nilai perlindungan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Lalu, calon nasabah bisa cek harga preminya di ilovelife.co.id. Mulai dari premi 5 ribuan Rupiah per bulan, perlindungan hingga 5 Miliar Rupiah bisa didapatkan dengan mudah.

“Sebelum COVID-19 muncul,  asuransi jiwa sering dirasa tidak perlu. Dengan kemunculan pandemi ini bisa menyadarkan masyarakat untuk segera memiliki asuransi di kehidupan new normal ini.  Tentunya, mesti paham menghitung nilai perlindungan yang pas, ini kan bukti cinta untuk keluarga tersayang”, tutup Sri Agung Handayani di akhir pembicaraan.

 

Tentang PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life)

PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life) adalah perusahaan asuransi jiwa patungan dengan kepemilikan saham PT Astra International Tbk. (Astra) sebesar 49,999962%, Aviva Holdings International Ltd. (Aviva) sebesar 49,999962%, dan Koperasi Astra International (KAI) sebesar 0,000076%. Astra Life didirikan tanggal 26 Mei 2014, serta diluncurkan secara resmi kepada publik dan media tanggal 27 November 2014. Astra Life mengkombinasikan pengalaman dan kompetensi Aviva sebagai asuransi kelas dunia selama lebih dari 324 tahun sejak tahun 1696, kekuatan Astra sebagai perusahaan kebanggaan bangsa yang memiliki jaringan dan distribusi di seluruh Indonesia selama lebih dari 63 tahun sejak tahun 1957, dan KAI yang memiliki visi menjadi koperasi dengan pengelolaan terbaik di Indonesia. Kolaborasi ketiganya memberikan layanan terbaik dan dapat diandalkan bagi seluruh nasabah Astra Life.

Astra Life menawarkan produk yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah dan juga nasabah korporasi berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit) dan dana pensiun (DPLK).

Pada akhir tahun 2019 Astra Life memiliki lebih dari 620 karyawan dan per April 2020 telah melayani lebih dari 2,7 juta tertanggung. Astra Life juga didukung oleh ribuan penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia yang menjadi mitra perusahaan.

Berdasarkan data per 31 Desember 2019, Astra Life telah membayarkan klaim senilai lebih dari Rp 549 Miliar. Akhir tahun 2019, total aset Astra Life tercatat sebesar Rp. 5,90 Triliun. Di kuartal pertama 2020, tingkat solvabilitas / Risk Based Capital (RBC) Astra Life  berada di angka 422%. Angka RBC tersebut berada di atas ketentuan minimum OJK sebesar 120%.

Dengan semua pencapaian dan kinerja yang telah diperoleh tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang signifikan dan berada dijalur yang tepat untuk mewujudkan aspirasi perusahaan menjadi asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia. Website Astra Life dapat diakses di http://www.astralife.co.id.

*PT ASTRA AVIVA LIFE terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

 

Untuk informasi lebih lanjut:

Windy Riswantyo

Head of Corporate Communication

Windy.riswantyo@astralife.co.id | +62 (21) 30422000 ext. 3161

Share :
AVA Group Medical Protection
Astra Life Life Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan Kumpu...
11 September 2023
FOTO 1
Semarak Hari Pelanggan Nasional, Astra Life Hadirkan Rang...
5 September 2023
web
Meriahkan GIIAS 2023, Astra Life Beri Kiat Beli Kendaraan...
18 August 2023
Image Press Release_Merdeka Finansial
4 Tips Perencanaan Keuangan ala Astra Life Agar Bisa Merd...
16 August 2023

Untuk keperluan data dan peliputan, hubungi:

Corporate Communication
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life)