Corporate Communication
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life)
- corporate.communication@astralife.co.id

Jakarta, 4 Juni 2025 – Dalam perjalanan 1 dekade, portofolio bisnis yang kuat di tengah fluktuasi pasar yang dinamis merupakan kunci yang mendorong Astra Life untuk bisa bertumbuh secara resilien. Dengan memperkuat fondasi bisnis, Astra Life berhasil mencapai kinerja yang solid dengan keberlanjutan jangka panjang yang mencerminkan kemampuan Astra Life dalam beradaptasi dan bertransformasi.
Nico Tahir selaku Presiden Direktur Astra Life menuturkan, “Tahun 2024 merupakan milestone yang penting yakni 1 Dekade (Sedekade) Astra Life menghidupi visinya untuk hadir di setiap rumah masyarakat Indonesia dan misi untuk membawa ketenangan pikiran dan membangun masa depan yang sejahtera ke jutaan masyarakat Indonesia. Didukung oleh ekosistem bisnis yang saling terhubung secara sinergis di dalam grup Astra yang kuat, Astra Life akan terus mengembangkan bisnisnya dan fokus pada fundamental bisnis yang solid.”
2014-2024: Pertumbuhan GWP sebesar 9 kali lipat dan APE sebesar 19 kali lipat
Pencapaian yang menggembirakan berhasil digapai Astra Life pada 2024 lalu dengan pertumbuhan Pendapatan Premi Bruto senilai Rp5,9 triliun atau bertumbuh 9 kali lipat sejak perusahaan pertama kali berdiri di tahun 2014. Selain itu, pencapaian berbagai indikator utama perusahaan cukup baik yakni Pendapatan Premi Setara Tahunan (APE) mencapai Rp759 miliar atau kini telah bertumbuh sekitar 19 kali lipat dalam perjalanan 1 dekade.
Postur dan Portofolio Bisnis yang Kuat melalui Total Aset, Total Tertanggung dan Nilai RBC
Astra Life membukukan nilai Total Aset sebesar Rp6,8 triliun yang setara dengan pertumbuhan 5 kali lipat dibandingkan tahun 2014 yang tercatat di angka Rp1,32 triliun. Hingga Desember 2024, Astra Life telah melindungi 3,5 juta jiwa tertanggung atau bertumbuh hampir 8 kali lipat dibandingkan tahun 2014. Ketangguhan finansial juga ditunjukkan dengan nilai Risk Based Capital (RBC) yang tercatat di angka 293%, melampaui ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar 120%.
Peningkatan Laba Signifikan & Peluncuran Produk di Seluruh Kanal Distribusi Penjualan
Menutup tahun 2024 lalu, Astra Life berhasil membukukan laba setelah pajak di angka Rp61,8 miliar dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat di angka Rp2,6 miliar atau mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 2227% atau hampir 24 kali lipat. Pencapaian di tahun 2024 tersebut juga didorong oleh peluncuran 8 produk di seluruh kanal distribusi penjualan yang ada, dimana porsi produk tradisional mengalami peningkatan.
2025 dan Kedepannya: Perkembangan Struktural untuk Pertumbuhan di Masa Depan
Keberhasilan Astra Life dalam mencapai profitabilitas ini bersamaan dengan perkembangan struktural sebagai fondasi untuk pertumbuhan masa depan. Perusahaan juga melakukan inovasi-inovasi bisnis yang memperkuat pertumbuhan kualitas portofolio maupun skala bisnis. Portofolio yang kohesif didorong oleh penguatan jalur distribusi Bancassurance, perluasan cakupan ekosistem Astra serta pertumbuhan Group Business dan Digital.
“Kami sangat bersyukur atas perjalanan 1 dekade Astra Life yang telah membawa kami berhasil mencapai postur bisnis yang kuat. Atas nama Direksi, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada para Pemangku Kepentingan, Nasabah, Pemegang Saham, Dewan Komisaris, Regulator, dan Karyawan (Life Lovers) atas dukungan dan kerja keras yang telah diberikan. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi memberikan perlindungan dan ketenangan pikiran di setiap rumah keluarga Indonesia.” tutup Nico.
Tentang Astra Life
PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International. Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Astra Life menawarkan beragam layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar, baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link), asuransi jiwa syariah, serta nasabah kumpulan berupa program kesejahteraan karyawan (employee benefit group business) dan pendiri dana pensiun (DPLK).
Pada tahun 2024, Astra Life merayakan ulang tahun ke-10 dengan tema Sedekade yang diisi dengan serangkaian program dan kegiatan di sepanjang tahun. Tema ini menjadi momentum bagi Astra Life untuk semakin mendekatkan dan menguatkan kehadirannya di tengah masyarakat melalui pesan Love Life yang telah dibawa secara konsisten sejak pertama kali hadir di tahun 2014. Perjalanan 10 tahun Astra Life membawa semangat untuk senantiasa menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi nasabah serta menjalankan bisnis dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
Berdasarkan data per tahun 2024, Astra Life merupakan perusahaan asuransi jiwa dengan nilai premi bruto sebesar Rp5,9 triliun, total aset senilai Rp6,8 triliun, total tertanggung sebanyak 3,5 juta jiwa, dan tingkat solvabilitas/Risk Based Capital (RBC) berada di angka 293% (untuk asuransi jiwa konvensional) di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebesar 120%. Melalui serangkaian pencapaian tersebut, Astra Life telah menjadi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang memiliki pertumbuhan yang baik dengan portfolio bisnis yang resilience dan sustainable. Astra Life hadir sebagai asuransi jiwa yang lekat di hati masyarakat Indonesia.
Website Astra Life dapat diakses di www.astralife.co.id.
Untuk keperluan data dan peliputan, silakan menghubungi corporate.communication@astralife.co.id
Adding {{itemName}} to cart
Added {{itemName}} to cart