Yoga untuk Pria, Ya atau Tidak?

11270288_s


Kebanyakan orang mungkin beranggapan bila yoga identik dengan olahraga perempuan. Bahkan sejumlah pria berpikir bila yoga kurang menantang dan membosankan. Sebab yoga memang terpusat pada tehnik pernafasan sehingga cenderung terkesan lambat.

Padahal awalnya, yoga adalah olah tubuh yang dirancang untuk laki-laki. Dan banyak keuntungan yang bisa para pria peroleh dari yoga. Itu pula yang membuat selebriti sekelas Adam Levine; penulis buku ‘Ibuk’, Iwan Setiawan; dan Anjasmara pun keranjingan olahraga ini. Nah, berikut ini lima alasan kenapa pria patut mencoba yoga:

 

39163716_s

1. Membentuk Otot

Membentuk otot tidak hanya bisa Anda lakukan dengan melakukan olahraga berat, seperti fitnes. Dengan yoga, Anda pun dapat membentuk massa otot. Seperti kata yogis, Kate Abate, dalam artikel 3 Reasons Men Should Do Yoga di ditus Men’s Fitness. “Yoga akan menggunakan berat tubuh Anda untuk melatih kekuatan otot,” tulis Abate. Misalnya saja ada beberapa gerakan yoga yang sama dengan latihan push up bahkan squat, namun dengan durasi yang lebih panjang. Gerakan ini tentu akan membantu tubuh Anda membentuk otot-otot.

2. Membantu Anda tidur nyenyak

Sudah menjadi rahasia umum bahwa yoga mampu mengembalikan kesehatan jiwa Anda, sehingga stres yang dirasakan jauh berkurang. Dikutip dari Cheatsheet.com, yoga adalah kegiatan yang efektif untuk mengatasi rasa gelisah, depresi, bahkan insomnia. Sebab sejumlah pose pada yoga membantu Anda beristirahat lebih baik di malam hari. Yoga juga mengajarkan teknik pernafasan yang baik, sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan tenang.


19342280_s

3. Mengatasi sakit punggung

Kebanyakan aktivitas yang Anda lakukan biasanya berlangsung di depan meja kerja, di mana Anda dituntut duduk lebih dari 8 jam sehari. Akibatnya Anda jadi kurang bergerak hingga menyebabkan sakit punggung. Salah satu cara alami mengobati masalah ini adalah dengan mengikuti kelas yoga. Sebab gerakan olahraga ini akan membantu memperbaiki postur tubuh Anda. Selain nyeri punggung yoga bisa pula meredakan sakit pada leher dan bahu.

4. Meningkatkan libido

Dalam sebuah penelitian pada 2010, yoga mampu meningkatkan semua fungsi seksual pada pria. Bahkan teknik pernapasan dan konsentrasi saat berlatih yoga dapat membantu Anda menyalurkan energi seksual dengan lebih baik. “Gerakan yoga juga membantu Anda meningkatkan daya tahan seksual,” kata Yogi Cameron Alborizan, seorang ahli kebugaran, “Dan akan membuat Anda jauh lebih sensitif dan responsif terhadap pasangan.”

13321157_s

5. Membuat Anda lebih muda

Di antara semua kebaikan yoga, gerakan olahrga ini akan membuat Anda lebih muda. Namun hal ini hanya terjadi setelah Anda berkomitmen untuk rutin yoga. Apalagi komunitas yoga terdiri dari orang-orang, tua dan muda, yang ingin memperbaiki diri serta menjalani hidup lebih berseri. Bila Anda menempatkan diri di antara orang-orang yang membuka tubuh dan pikiran, Anda pun menjadi lebih muda dan terbuka untuk mencoba hal-hal baru.

Bagaimana, tertarik untuk mulai mencoba yoga kah?




« | »
Read previous post:
raechanah1
Johan dan Raechanah, Berlari di Atas Kursi Roda

Event akbar Jakarta Marathon 2015 yang diselenggarakan 25 Oktober lalu menarik minat belasan ribu pelari untuk ikut berpartisipasi. Di antara...

Close