Warna-warni Hidangan Lebaran Nusantara

Ayam_Nasu_Likku

Tak terasa Lebaran nyaris tiba lagi. Bagi muslim di Indonesia, Idul Fitri selalu ditunggu-tunggu karena inilah saatnya berkumpul kembali dengan keluarga besar tercinta. Selain saling bermaafan, menyantap masakan istimewa nan lezat adalah fitur utama kegiatan Lebaran.

Sebagai negeri dengan ratusan suku, Indonesia punya banyak sekali makanan khas daerah yang dihidangkan tiap hari raya Idul Fitri. Selain ketupat dan opor ayam, banyak sajian lain yang mampir di meja makan saat Lebaran. Berikut beberapa di antaranya.

1. Kuah Labu dan Timphan


timpan (1)

Salah satu hidangan utama kala Idul Fitri di Aceh adalah kuah labu, sejenis gulai dengan bahan utama iga sapi dan labu air. Yang membuatnya berbeda dengan gulai biasa adalah rempah khas Serambi Mekkah, yaitu daun temurui atau daun salam koja. Kuah labu disantap dengan ketupat untuk sumber karbohidratnya. Sebagai pencuci mulut, timphan jadi andalan. Berbahan dasar pisang dan tepung ketan, timphan diberi isian manis seperti kelapa, nangka, atau selai serikaya, dibungkus daun pisang, lantas dikukus hingga matang. Timphan biasanya dibuat 1-2 hari sebelum Lebaran dan daya tahannya bisa mencapai sepekan.

 

2. Rendang dan Lamang Tapai


rendang (1)

Siapa tak kenal rendang, makanan khas suku Minangkabau? Potongan daging sapi bagian paha atau gandik ini dimasak dengan santan dan menggunakan bumbu halus campuran cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan garam. Semakin lama dimasak, rendang semakin kering, berwarna gelap, dan gurih. Meski kerap dimakan sehari-hari, rendang tetap jadi menu wajib orang Minang saat Idul Fitri. Penganan manis yang juga hadir saat Lebaran adalah lamang tapai. Lamang, beras ketan yang dimasak dengan santan dalam bambu muda yang dibakar di atas bara api, dimakan bersama tapai beras ketan hitam. Lamang juga nikmat disantap dengan selai serikaya.

3. Gulai Cipuik dan Bolu Kemojo


gulai_cipuik

Gulai cipuik adalah gulai siput khas Tanjung pinang, Kepulauan Riau. Gulai khas Melayu itu berbahan dasar siput, yang kerap dianggap hama di tempat lain. Gulai ini disebut gulai cipuik dalam Melayu dialek Kuantan Singingi, atau Lengkitang dalam Melayu dialek Rokan. Adapun bolu kemojo, yang bisa ditemui di Riau dan Kepulauan Riau, adalah bolu yang dibiarkan bantat atau tidak mengembang, sehingga menjadi padat dan terasa sangat legit. Dengan bentuk bunga berkelopak delapan, secara tradisional bolu tersebut diberi perasa pandan, tapi kini pilihannya makin banyak, mulai rasa nangka, keju, stroberi, hingga coklat.

 

4. Sotong Pangkong dan Apam Beras

Di Kalimantan, ada sotong pangkong yang merupakan makanan khas Pontianak. Ini adalah menu olahan cumi kering dipipihkan dengan palu lantas dibakar. Rasanya yang gurih membuat Sotong Pangkong laris saat Ramadhan dan disajikan ketika Lebaran. Sedangkan apam beras ialah penganan khas Banjar yang berbahan dasar tepung beras, diberi kapur dan ragi, kemudian difermentasi selama satu malam. Saat sudah mengembang, adonan apam beras dikukus dalam panci di atas kayu bakar. Setelah matang, apam beras dibungkus daun pisang atau daun keladi.

5. Poteng Jaje Tujak dan Iwel


Poteng_Jaje_Tujak

Keduanya adalah makanan khas Lombok saat Lebaran. Poteng Jaje Tujak bisa dibilang tape uli versi Lombok. Poteng adalah ketan putih yang difermentasi, sedangkan jaje tujak ialah ketan putih dicampur kelapa yang dibentuk kotak-kotak. Sedangkan iwel ialah kudapan manis sejenis dodol yang dibuat dari ketan hitam, kelapa, dan gula merah. Iwel yang manis dan legit itu tahan hingga lima hari setelah pembuatannya.

6. Burasa dan Ayam Nasu Likku


Ayam_Nasu_Likku

Bagi suku Bugis, burasa dan ayam nasu likku adalah dua di antara hidangan wajib ketika Idul Fitri. Burasa ialah beras ketan yang dimasak dengan santan, dibungkus daun pisang, dan dikukus sampai matang. Pasangannya, ayam nasu likku, adalah ayam kampung yang dibumbui lengkuas dan santan kelapa. Ayam nasu likku dimasak sampai kuahnya mengering dan bumbunya meresap di daging ayam.

Apa makanan khas Lebaran yang ada di keluarga Anda? Jangan lupa makanlah secukupnya, selalu jaga kesehatan Anda dan keluarga. Selamat menikmati!

 




« | »
Read previous post:
NATASIA_1-1
Menyambung Kasih Lewat Donor ASI

Apa yang akan kita lakukan jika mendengar kabar bayi-bayi berusia sebulan ditinggalkan ibu untuk selamanya? Mayoritas dari kita kemungkinan tergerak...

Close