6 Tips Jitu Memilih Daycare untuk Si Kecil

39634329 - play with toys nursery and kindergarten

Daycare alias Tempat Pengasuhan Anak (TPA) menjadi opsi bagi Anda sebagai orang tua bekerja yang tidak dilengkapi dengan support system dari keluarga. TPA pun menjadi jawaban bagi Anda yang tidak percaya meninggalkan anak berdua saja bersama pengasuh di rumah.

Bahkan di beberapa negara maju seperti Finlandia, TPA menjadi solusi tepat tidak hanya bagi ibu bekerja kantoran. TPA juga menjadi opsi bagi ibu yang bekerja paruh waktu maupun ibu yang bekerja dari rumah. Ibu bisa bekerja dengan tenang, anak pun bisa bermain dan bersosialisasi dengan senang di TPA. Keluarga dan karier bisa berjalan bersama tanpa harus dikorbankan.

Baca juga Ditinggal Mudik Asisten Rumah Tangga? Jangan Panik, Siasati dengan Metode Marie Kondo!

Untuk itu ada beberapa tips dalam mencari TPA yang tepat bagi anak dan Anda sebagai orang tua, seperti:

Lokasi dan Fasilitas TPA

Dalam memilih daycare, ada dua pilihan lokasi yang bisa Anda ambil. Pertama yang berada dekat dari rumah, atau terletak dekat dari kantor Anda. Sesuaikan dengan kebiasaan atau jam kerja Anda. Dengan demikian Anda bisa tepat menggunakan waktu dengan efisien saat mengantar dan menjemput buah hati. Fasilitas pendukung pun penting dalam memenuhi kebutuhan anak, misalnya dari lemari es untuk menyimpan ASI beku, kulkas untuk menyimpan makanan bayi, dapur yang dilengkapi peralatan untuk menyiapkan makanan anak, hingga toilet yang ramah terhadap anak. Lokasi dan fasilitas juga kerap menentukan biaya yang harus dikeluarkan.

Biasanya TPA memasang harga mulai dari 1,5 juta tanpa fasilitas makanan. Sedangkan TPA yang memberikan fasilitas lengkap biasanya berkisar antara 3 juta hingga 5 juta per bulannya. Fasilitas lengkap mencakup makan 3x sehari yang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi anak, camilan, popok sekali pakai, permainan edukatif seperti buku gambar, ruang baca, buku cerita anak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dan lainnya.

Ruang Bayi Terpisah dari Balita

Tidak hanya ruangan bermain, sebaiknya ruang tidur bayi juga terpisah dari balita. Tidur yang berkualitas mampu mendukung proses tumbuh kembang anak. Dengan demikian cermati ruang dan tempat tidur yang disediakan di TPA, sepatutnya tempat tidur sesuai dengan usia anak.

Sebaiknya pastikan juga perabotan di TPA tidak membahayakan anak yang tentunya aktif bergerak. Misalkan lemari yang kokoh dan tidak berada di ruang bermain. Pastinya Anda tidak ingin ada lemari yang roboh menimpa anak Anda saat bermain di sekitarnya. Sudut-sudut meja maupun rak yang dipasang pengaman sehingga tidak membuat anak terluka ketika tersenggol.

Pastikan Jumlah Pengasuh

Pengasuh adalah seseorang yang mendampingi anak selama berada di daycare. Maka pastikan jumlah pengasuh ideal dengan jumlah anak yang ada. Jika anak Anda berusia di bawah 1 tahun, Lazimnya 1 pengasuh untuk 2 bayi. Setelah mengetahui jumlah pengasuh, ketahui kredibilitas mereka. Tentunya Anda ingin mengenal pengasuh yang nantinya mendampingi anak Anda selama di TPA. Telusuri rekam jejak mereka dari sertifikat yang dimiliki, pengalaman mengasuh anak, komunikasi dengan anak, keterampilan bermain bersama anak, hingga respon terhadap kondisi darurat bersama anak. Tidak ada salahnya juga Anda memastikan keterampilan pengasuh tentang tata laksana pemberian ASI atau susu kepada anak. Anda pun bisa pastikan pengasuh memahami pesan khusus jika anak alergi terhadap makanan tertentu.

Ketahui Kredibilitas TPA

Pastikan TPA yang dipilih memiliki izin usaha resmi dari pemerintah. Hal ini juga disertai dengan tenaga ahli selain pengasuh yang disediakan, seperti dokter anak atau psikolog anak atau bahkan ahli nutrisi. Keberadaan sebuah TPA sendiri berpayung hukum pada Undang Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pastikan juga TPA memberikan fasilitas CCTV yang tersambung ke ponsel orang tua, sehingga menghadirkan rasa aman karena Anda bisa memantau anak kapan saja.

Arena Bermain

Cermati kegiatan yang disediakan oleh TPA. Idealnya sebuah TPA menyediakan permainan yang edukatif sehingga mampu menstimulasi tumbuh kembang anak. Setelah itu, Anda bisa pastikan keamanan sekitar arena bermain dan kebersihan dari permainan yang ada.

Laporan Harian dari TPA

Ternyata penting adanya sebuah laporan kegiatan anak setiap harinya. Selain itu, laporan harian anak dari TPA adalah hak orang tua. Dengan demikian Anda bisa memantau proses tumbuh kembang anak. Jangan lupa untuk melakukan cek silang langsung ke anak jika ia sudah bisa bicara. Hal ini menghindari anak dari kejadian fatal selama berada di TPA.

Baca juga Ibu Bekerja vs Ibu di Rumah, Pilihan yang Semestinya Tidak Jadi Pertentangan

Ketika semua poin di atas sudah memenuhi kriteria Anda, tidak ada salahnya Anda menanyakan kesempatan mencoba atau trial bermain di TPA tersebut. Biarkan anak bermain dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Jika anak gembira, mungkin TPA tersebut nyaman untuknya. Untuk memudahkan pencarian, Anda bisa memulai dari beberapa TPA berikut.

1. Taman Main

Sumber foto: Web Taman Main
Sumber foto: Web Taman Main

TPA ini menerima penitipan dari bayi usia 3 bulan hingga balita usia 4 tahun. Semua anak dibagi dalam tiga kelompok sesuai usia tumbuh kembang agar bisa bermain dan berkegiatan dalam grup. Fasilitas ruang bermain dan ruang tidur pun dipisah antara bayi dengan balita. Tidak hanya didampingi pengasuh, TPA ini juga menghadirkan dokter anak, psikolog anak, dan dokter gigi anak. Sebuah laporan harian pun diberikan ketika Anda menjemput anak di sore hari. Serunya, TPA ini menawarkan program penitipan setengah hari, harian, mingguan, akhir pekan, hingga bulanan.

Jalan Wijaya XVI, Jakarta Selatan, Telp : 0813 1413 6300

2. My Tootsie Bear Daycare

Terletak di lingkungan perkantoran, TPA ini membagi program kegiatannya menjadi tiga kelompok yaitu kelompok bayi, kelompok balita, dan kelompok mandiri. Fasilitas yang disediakan berupa ruang tidur yang terpisah antara kelompok bayi dengan balita, ruang bermain, dan dapur kecil. Dalam setiap kegiatan, ada minimal 3 pengasuh yang mendampingi. Area bermain dilengkapi dengan pengaman sehingga aman bagi anak untuk bereksplorasi.

Bellagio Residence Tower B, Mega Kuningan Barat Kav E4.3, Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Telp : 0819 0509 7274

3. Lovely Sunshine Daycare

Sumber foto: Lovely Sunshine Web.
Sumber foto: Lovely Sunshine Web.

TPA ini menerapkan rasio 1:2 untuk pengasuh yang mendampingi bayi, sedangkan untuk balita diterapkan rasio 1:3. Terletak di tengah perkantoran, TPA ini dilengkapi dengan fasilitas dapur, Pro ASI dan kunjungan dokter rutin. Kegiatan fisik anak dilengkapi dengan program baby gym dan baby spa. Setiap bulannya diadakan kegiatan fieldtrip untuk peserta balita bersama orang tuanya.

Jalan Danau Poso No 157, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Telp : 021-27133275

4. Kinderster

TPA ini menyediakan ruang bermain indoor maupun outdoor berupa taman. Semua kegiatan anak didampingi oleh pengasuh yang berpengalaman. Tema kegiatan anak dirancang per pekan, disediakan pula perpustakaan mini yang berisi buku cerita dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Begitu juga dengan menu makan anak dibuat bervariasi dengan pengawasan dokter gizi anak. Bayi usia 4 bulan hingga balita usia 5 tahun bisa dititipkan ke TPA ini.

Jalan Flamboyan Blok Z No 20, Sunter, Jakarta Utara, Telp : 0895 3092 4809

5. Little Shine

TPA ini diperuntukkan bagi balita usia 1,5 – 5 tahun. Sebelum masuk menjadi anggota TPA, dilakukan tes bakat dan minat terhadap anak. Tujuannya untuk mengetahui bakat dan minat anak sehingga bisa memberi kegiatan yang tepat.

Apartemen Mediterania, Garden 2 Tower Heliconia, Jakarta Barat, Telp : 0815 8594 9009

6. Keen Kids

Berdiri sejak tahun 2000, TPA ini memiliki berbagai kegiatan indoor seperti menggambar, bermain puzzle, musik, hingga bahasa Inggris. Bagi balita usia 4-6 tahun pun bisa bermain futsal di lapangan futsal mini dan berenang, dengan dampingan pelatih khusus anak.

Jalan Ciputat Raya No 2, Jakarta Selatan dan Jalan Gatot Subroto Kav 35-39 Jakarta, Telp : 021 – 7294170

7. Paradise Baby

TPA ini menggunakan rasio 1:2 untuk pengasuhan anak. Kegiatan anak dilakukan indoor maupun outdoordengan disediakannya taman bermain dan kolam renang. Supervisi dilakukan oleh pengasuh, piskolog anak, dokter anak, ahli gizi, dan pelatih olahraga anak.

Tower 2 Palm Court Apartement Jalan Gatot Subroto Kav 25-26 Jakarta dan Gedung Widya Graha Lt 1 Komp Perkantoran LIPI Jalan Gatot Subroto Kav 10 Jakarta, Telp : 021-5206188

8. Tiny Toes

Sumber: FB Tiny Toes
Sumber: FB Tiny Toes

Menyediakan sarana pengasuhan anak yang nyaman dan aman, menjadi perhatian utama mereka. Terintegrasi dengan gedung perkantoran, memudahkan pekerja untuk mengawasi buah hati mereka sambil tetap berkonsentrasi pada pekerjaannya. TPA ini menyediakan program pengembangan pertumbuhan anak melalui permainan yang seru. Jika bosan dengan permainan di dalam ruang, anak-anak bisa diajak ke halaman gedung, di mana tersedia area berumput.

Sampoerna Strategic Square LG-33, Jl. Jend. Sudirman Kav 45, Jakarta Selatan, Telp : 021- 5795 1900

Sudah siap mencari TPA? Ajak anak Anda juga setiap survei TPA ya, agar TPA yang dipilih menjadi solusi terbaik bagi Anda dan anak. Selamat mencari!




« | »
Read previous post:
34146511 - famous rendang padang, indonesian cuisine from west sumatera
Kenapa Harus Ada Rendang di Antara Kita Ketika Lebaran?

Rendang menjadi salah satu lauk andalan yang dihidangkan untuk keluarga ketika Lebaran tiba. Apakah mempersiapkan sendiri atau membeli yang sudah...

Close