Tetap Sehat dengan Tiga Resep Oatmeal yang Lezat

10786482_L (1)

Oat atau haver adalah serelia berasal dari tanaman gandum yang tumbuh di daerah subtropis. Pertama kalinya oat diperkenalkan di Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. Terkenal sebagai menu sarapan, oat mengandung serat tinggi, menyediakan magnesium, protein, fosfor, hingga vitamin B1. Maka tidak disangkal oat memberi banyak manfaat bagi tubuh, antara lain:

1. Pemberi Energi

Oat merupakan jenis karboidrat yang kaya protein sehingga mampu menghasilkan energi untuk tubuh. Sebuah studi di Amerika Serikat pada 2006 yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism menunjukkan bahwa mengkonsumsi oat secara rutin sebagai sarapan mampu memberikan energi bagi tubuh. Energi tersebut semakin besar hingga mampu membentuk otot ketika ditambah dengan olahraga.

2. Pencegah dari Penyakit Kanker Usus

Oat yang tinggi kandungan seratnya diyakini dapat meminimalisir resiko terkena penyakit kanker usus besar. Serat dari oat yang bersifat larut dan tidak larut akan membantu mempercepat alur pelepasan dari kanker usus besar. Mudah terurai dalam air sehingga memudahkan proses cerna. Maka kotoran maupun ampas dalam usus besar bisa dikeluarkan dengan lancar sesuai dengan hasil studi tahun 2011 Dr Matthew Brennecke dari Rocky Mountain Wellness Clinic di Colorado, Amerika Serikat.

3. Mencegah Diabetes

Kandungan magnesium yang tinggi pada oat mampu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. Ada pun glukosa yang dihasilkannya dapat dibakar menjadi sumber energy untuk tubuh.

4. Mencegah Perkembangan Kanker Payudara

Serat tidak larut dari oat dapat menyerang karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh. Sehingga hasil cerna oat dapat melindungi tubuh dari perkembangan kanker payudara.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Oat sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk kecantikan. Pasalnya serelia gandum ini mengandung beta-glucan dan kanji. Maka tidak heran jika oat mampu menormalkan keasaman (pH) kulit sehingga terbebas dari iritasi. Kandungan lainnya dari oat yang dapat menutrisi kulit adalah zat besi, selenium, thiamin, dan niasin.

Nah mulai sekarang Anda bisa masukkan oats sebagai menu makan sehari-hari. Untuk sarapan, tentunya Anda pasti tahu resep klasik menyantap oats yang dijadikan bubur. Masak oats dengan susu cair hingga menyerupai bubur, tambahkan garam agar terasa gurih. Sajikan dengan potongan buah segar seperti strawberry, apricot, anggur, atau apel.

Bosan dengan resep yang itu-itu saja?. Tenang, Anda masih bisa menyantap oats di menu makan siang maupun makan malam Anda dengan resep berikut:

DSC_0190

Risotto Oats dengan Jamur

Bahan:

Minyak zaitun 2 sdm

Bawang bombay ½ buah, dicincang

Bawang putih 2 siung, dicincang

Jamur 1 cangkir, dicincang

Paprika ¼ cangkir, dicincang

Tomat kering 2 sdm

Air 4 – 5 cangkir

Basil kering 1 sdt

Oregano kering 1 sdt

Rosemary bubuk 1/8 sdt

Garam secukupnya

Merica secukupnya

Oats 1 cangkir

Cara Memasak:

Panaskan minyak zaitun di wajan. Setelah panas, masukkan bawang Bombay dan tumis hingga harum. Kemudian masukkan bawang putih, jamur, paprika, dan semua bumbu. Aduk hingga rata dan biarkan air dari jamur keluar.

Setelah aroma jamur tercium, masukkan tomat kering dan 1 cangkir air. Masak hingga air meresap.

Kemudian masukkan oats dan 2 cangkir air. Aduk terus hingga air meresap ke dalam oats. Jika masih keras, tambahkan lagi 1 cangkir air sambil diaduk rata. Jika oats sudah cukup kenyal, sajikan dalam mangkok sebagai menu makan siang. Tambahkan parutan keju untuk rasa yang lebih creamy dan gurih.

49372672_L (1)

Curry Oatmeal

Bahan:

Oats ¼ cangkir

Air ¾ cangkir (bisa diganti dengan santan cair)

Bubuk kari ½ sdt

Paprika merah diiris panjang secukupnya

Paprika hijau diiris panjang secukupnya

Dada ayam kukus 1/3 cangkir, dipotong dadu

Daun bawang dicincang, secukupnya

Bawang merah 2 siung, dicincang

Kacang polong 1 genggaman

Garam secukupnya

Kecap ikan secukupnya

Cara Memasak:

Campur oats dengan air, aduk rata hingga mulai berbuih mendidih. Kecilkan api dan aduk terus secara perlahan. Tambahkan paprika, kacang polong, dada ayam, bumbu kari, kecap ikan, bawang, dan garam.

Aduk hingga bumbu kari dan kacang polong lembut. Tambahkan daun bawang, lalu sajikan selagi hangat sebagai menu makan malam yang sehat dan mengenyangkan.

Banana Oats Bar 

Bahan:

Pisang matang 2 buah

Oats 2 cangkir

Kurma ¼ cangkir, dihancurkan

Walnut/Pecans ¼ cangkir, dihancurkan

Garam ½ sdt

Vanila 1 sdt

Kayu manis bubuk secukupnya

Cara Membuat:

Hancurkan pisang hingga halus. Tambahkan vanilla, garam, dan oats lalu aduk rata. Kemudian masukkan kurma serta kacang-kacangan yang telah dihancurkan sebelumnya. Tambahkan kayu manis bubuk sesuai selera.

Siapkan baki kue yang telah diolesi dengan minyak zaitun atau butter. Sebaiknya gunakan baki yang berbentuk persegi panjang. Tuangkan adonan pisang ke dalam baki. Kemudian panggang di oven selama 30 menit dengan api sedang.

Keluarkan baki, potong oats bar dan siap disantap sebagai cemilan dengan ditemani secangkir teh. Oats bar ini bisa tahan selama 5 hari jika disimpan di dalam kulkas.

Mudah bukan mengolah oats menjadi makanan yang lezat dan sehat?. Dari sekarang Anda bisa menyajikan oats sebagai menu sehari-hari, perut kenyang tubuh pun sehat.

 




« | »
Read previous post:
Freeletics1
Freeletics, Olahraga Murah untuk Wujudkan Tubuh Ideal

Mau tubuh ideal dalam waktu singkat? Olahraga freeletics bisa jadi jawabannya. Belakangan ini freeletics mulai menjamur di beberapa kota di...

Close