Tetap Fit dan Sehat di Bulan Puasa dengan Smoothie Bowl

smoothie bowl

Sajian pelengkap sahur yang praktis, bergizi namun tetap yummy di lidah tentunya menjadi incaran Anda para pegiat gaya hidup sehat untuk bulan Ramadhan. Sajian seperti ini selain bergizi juga mampu memberi energi pada tubuh untuk tetap fit berkegiatan hingga waktu berbuka. Paket lengkap ini bisa Anda peroleh dari sajian smoothie bowl.

Smoothie bowl merupakan olahan smoothie kental dari buah dan sayur yang dicampur dalam blender, lalu disajikan dalam sebuah mangkuk. Setelah itu, diberi taburan seperti buah potong, granola, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Layak kiranya sajian ini mulai populer sebagai pilihan menu pola makan sehat. Selain kaya akan nutrisi, sajian ini cukup mengenyangkan. Ahli gizi Rita Ramayulis DCN, M.Kes, lulusan Universitas Indonesia, mengatakan sajian ini memiliki nutrisi lengkap yang meliputi protein yang diperoleh dari susu dan kacang-kacangan, lemak baik yang berasal dari biji-bijian, serat yang berasal dari buah dan sayuran, serta gula alami pembentuk energi dari buah.

Sajian ini juga dikatakan lebih sehat dikarenakan memiliki kalori cukup rendah. Pasalnya karbohidrat kompleks dari buah dan sayur lebih rendah jika dibandingkan karbohidrat pati (nasi dan jagung). Dengan demikian rasa mengenyangkannya tidak akan membuat Anda merasa begah.

Baca juga: Sudah Tepatkah Pilihan Menu Berbuka Puasa Anda? Temukan Daftarnya di Sini!

Sudah bernutrisi, smoothie bowl ternyata mudah untuk dibuat. Tidak lebih dari 5 menit, Anda bisa menyajikan smoothie bowl saat sarapan atau sebagai menu sahur saat berpuasa. Lalu buah dan sayur apa saja yang bisa diolah menjadi smoothie bowl? Intip tips di bawah ini untuk menghadirkan smoothie bowlyang enak di lidah dan sedap dipandang mata.

Simpan Bahan Utama di Freezer

PIlih buah utama untuk smoothie, misalnya mangga atau pisang. Potong kecil-kecil buah kemudian simpan di freezer hingga beku. Buah beku ini yang membuat smoothie menjadi kental.

Ikuti Kode Warna

Poin ini diterapkan untuk menghasilkan warna smoothie yang diinginkan. Jika Anda ingin smoothie hijau, maka masukkan komposisi buah dan sayur hijau dan elemen yang membentuk hijau (kuning dan biru). Misalkan buah nanas beku dicampur dengan sayur bayam hijau.

Begitu juga ketika Anda ingin menghasilkan smoothie merah muda, maka komposisi buah terdiri dari warna merah dan putih. Misalkan strawberry, buah naga merah dan pisang beku.

Baca juga: Makanan Tepat untuk Bikin Kulit Sehat dan Kinclong

Perhatikan Rasio Takaran Bahan

Khawatir smoothie jadi terlalu cair kemudian gagal dihias? Alangkah baiknya Anda perhatikan rasio takaran bahan-bahan yang digunakan. Untuk 1 smoothie bowl, gunakan 1 cangkir buah beku dan sayuran segar, 1 pisang ukuran kecil, dan ½ cangkir cairan (bisa air kelapa, susu sapi, susu almond, susu kedelai, jus buah). Tekstur smoothie yang tepat akan memudahkan Anda menghiasnya dengan taburan topping. Selain itu, smoothie jadi tidak cepat berair.

Dinginkan Mangkuk Saji

Sebelum diisi dengan smoothie, sebaiknya dinginkan mangkuk saji di kulkas selama 10-20 menit. Ini untuk menyamakan suhu mangkuk dengan smoothie sehingga smoothie tidak cepat berair sesaat setelah disajikan.

Trik Menabur Topping

Setelah menuang smoothie ke mangkuk, ratakan smoothie dengan spatula agar terbentuk permukaan yang rata. Kemudian letakkan topping perlahan dari tepi mangkuk, misalkan buah potong. Lalu taburkan topping berikutnya secara berurutan dengan perlahan. Anda bisa gunakan sendok kecil, capitan mini hingga tusuk gigi untuk menghias topping.

40300511 - green smoothie bowl with spinach bananas kiwi fruit and coconut with spoon on a white marble background

Baca juga: Tips Memilih Katering Sesuai Pola Makan Sehat yang Ingin Anda Terapkan

Penasaran ingin langsung mencobanya di rumah? Berikut resep smoothie bowl sederhana yang bisa Anda praktikkan.

Resep Berry Smoothie Bowl

Bahan:

  • 1 cangkir Buah naga merah beku dan blueberry beku
  • Beberapa buah strawberry segar
  • ½ cangkir air kelapa muda
  • Topping sesuai selera (chia seeds, granola, sunflower seeds, kiwi potong)

Cara:

Masukkan semua buah ke blender atau food processor. Tambahkan air kelapa muda. Haluskan bahan hingga rata. Pastikan konsistensi smoothie dengan mengaduknya menggunakan spatula, kemudian tuang ke mangkuk saji. Taburi dengan topping, sajikan selagi dingin.

Resep Sunshine Smoothie Bowl

Bahan:

  • 1 cangkir isi mangga beku, papaya beku dan nanas beku
  • 1 pisang ukuran kecil
  • ½ cangkir susu almond
  • Topping sesuai selera (goji berry, anggur merah potong, chia seeds, cacao nibs)

Cara:

Masukkan semua buah ke blender atau food processor. Tambahkan susu almond. Campur bahan hingga rata. Pastikan konsistensi smoothie dengan spatula, kemudian tuang ke mangkuk saji. Taburi dengan topping, sajikan selagi dingin.

Resep Green Smoothie Bowl

Bahan:

  • 1 cangkir isi pisang beku, nanas beku
  • ½ sdt perasan jahe
  • ½ cangkir jus apel segar
  • 3 sdm perasan jeruk manis
  • Segenggam bayam hijau
  • Topping sesuai selera (granola, pisang potong, chia seeds)

Cara:

Masukkan semua buah ke blender atau food processor. Tambahkan jus apel segar dan perasan jeruk manis. Campur bahan hingga rata. Pastikan konsistensi smoothie dengan spatula, kemudian tuang ke mangkuk saji. Taburi dengan topping, sajikan selagi dingin.

Bahan-bahan seperti buah dan sayuran bisa Anda dapatkan di pasar atau supermarket terdekat. Untuk hasil yang lebih sehat, sebaiknya gunakan sayuran organik. Sedangkan untuk topping gunakan chia seeds, pumpkin seeds (biji labu), sunflower seeds (biji bunga matahari), granola, coconut chips (parutan kelapa yang dikeringkan), cacao ribs (bulir cokelat murni), goji berry, almond bisa diperoleh di toko online seperti Nourish Indonesia atau toko online Club Sehat. Jangan takut untuk bereksperimen rasa sesuai dengan selera lidah Anda. Untuk referensi resep mungkin Anda bisa melihat di akun Instagram Smoothiebowls atau Carolin.

Ingin menyantap smoothie bowl saat di luar rumah? Beberapa pilihan kafe bisa menjadi alternatif. Mulai dari Berrywell di daerah Menteng Jakarta Pusat, Nalu Bowls di Kemang Jakarta Selatan dan di Bali, Snctry di Darmawangsa, Jakarta Selatan. Semangkuk smoothie dibanderol mulai dari Rp 55 ribu hingga Rp 90 ribu.

Bagaimana sudah siap menyambut puasa Ramadhan dengan menu pelengkap sahur atau buka puasa yang bernutrisi seperti smoothie bowl? Ayo #LoveLife dan jalani puasa Ramadhan tahun ini dengan menu sehat tetap lezat.




« | »
Read previous post:
entrepreneur sukses
10 Karakter Entrepreneur Sukses yang Patut Dicontoh

Siapa yang tidak tergiur dengan kesuksesan finansial yang berasal dari membangun bisnis sendiri? Bukan hanya finansial yang oke, berwirausaha juga...

Close