Temukan Sensasi Gaya Hidup Raw Food

five-elements-spa-restaurant

You are what you eat. Gaya hidup terutama asupan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan mental Anda. Berbagai gaya hidup bisa dijalankan sesuai kebutuhan dan kondisi tubuh. Tidak terkecuali gaya hidup raw food yang sederhana untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Lahir di Eropa, gaya hidup raw food awalnya diyakini menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Menurut praktisi medis Dr. Tan Shot Yen, pola raw food adalah memasukkan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian mentah setiap hari. Hal ini karena sayuran mentah masih mengandung enzim aktif yang membuat vitamin, mineral, dan hormon bisa bekerja maksimal untuk kebaikan tubuh.

Tidak kalah pentingnya, Dr. Tan menegaskan bahwa sayur dan buah segar merupakan sumber karbohidrat terbaik. Raw food menegaskan untuk mengonsumsi makanan utuh tanpa banyak proses. Enzim yang utuh dalam makanan mentah itu pembentuk basa yang memperkaya oksigen dalam tubuh sehingga memudahkan proses regenerasi sel-sel. Oleh karenanya, gaya hidup ini banyak diterapkan untuk penyakit kanker, tumor, kista, obesitas, darah tinggi, dan lainnya.

Khawatir dengan bakteri pada asupan mentah? Idealnya, raw food menyarankan kualitas organik untuk bahan makanan yang dikonsumsi. Kriteria organik ini pada umumnya adalah tidak menggunakan bibit atau benih tanaman yang berasal dari produk hasil rekayasa genetika atau Genetically Modified Organism (GMO), menggunakan pupuk yang berasal dari kotoran hewan maupun pembusukan sampah tanaman, tidak menggunakan bahan kimia seperti pestisida untuk penyiraman tanaman.

Baca juga: Yuk, Detoks Tubuh di SNCTRY Health Bar

0b1ad7a7b79268a1f4558db78e092446_L

Seperti yang ditawarkan oleh Five Elements yang berlokasi di daerah Mambal, Bali. Restoran ini menyajikan menu raw food yang bernutrisi tinggi dengan memasukkan super food seperti raw cacao, kelapa, bee pollen, rosella, lidah buaya, hingga biji-bijian seperti chia seed, flax seed. Tidak tanggung-tanggung, menu raw food di sini diolah oleh koki raw food yang bersertifikat seperti Chef Felix Schoener.

Menu vegan caesar salad dan vegan salad lainnya disajikan dengan dressing mentah di Five Elements. Tidak hanya segar di mulut dan perut, melainkan juga memenuhi nutrisi tubuh sebagai menu makan siang. Untuk menu makan malam yang mengenyangkan, tersedia raw vegan sushi, raw vegan tropical pizza atau raw vegan lasagna yang semuanya berbasis tumbuhan mentah. Pencuci mulutnya, Anda bisa menikmati berbagai jenis vegan raw cake, vegan ice cream, vegan cookies yang biasanya terbuat dari buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan seperti almond.

Baca juga: Rahasia Makan Sehat Selama Liburan

Fivelements-705

Minuman sehat dan segar pun bisa Anda peroleh di sini seperti green juice maupun green smoothies yang merupakan campuran sayur dan buah tanpa pemanis buatan. Ada pun pemanis yang digunakan seperti pemanis alami seperti raw honey, stevia, maupun liquid coconut sugar. Minuman herbal menyehatkan yang terbuat dari kunyit, jahe, sereh, dan rempah lainnya pun bisa Anda nikmati.

Vegan salad dan raw vegan tropical pizza menjadi menu favorit tamu baik untuk santapan di siang hari maupun malam hari. Sedangkan minuman yang digemari adalah green juice. Untuk menikmati santapan raw food di Five Elements, kisarannya dimulai dari Rp 250 ribu untuk 2 orang. Five Elements pun siap memanjakan Anda melalui layanan romantic dinner dengan santapan sehat ala raw food.

Kimmana Nichols, ahli naturopathy dan Ayurveda, mengatakan bahwa gaya hidup raw food cocok untuk dilakukan dengan iklim di Indonesia. Asupan raw food yang bersifat ringan dan dingin dapat menyeimbangkan suhu tubuh dengan suhu udara sehari-hari. Asupan segar ini juga dapat membersihkan tubuh dari racun-racun. Manfaatnya semakin optimal dengan ditambah berolahraga, berkegiatan yang menyelaraskan diri dengan alam, hingga berbagi serta memberdayakan komunitas serupa.

Vision_mision

Maka Five Elements menyediakan pengalaman lain untuk mendukung gaya hidup raw food anda. Berbagai kelas raw food yang mengolah tumbuhan bernutrisi tinggi oleh koki bersertifikat selama beberapa hari. Anda pun dapat mengikuti program kebugaran dan penyembuhan seperti program detoksifikasi tubuh melalui makanan, program yoga, program meditasi, dan lainnya. Tidak perlu khawatir jika Anda ingin menikmati semua paket dari Five Elements. Karena Anda bisa menginap di resor Five Elements yang bernuansa alam.

Berbagai kegiatan serupa yang mencakup yoga, meditasi, maupun musik juga bisa Anda ikuti di Bali Spirit Festival. Kegiatan ini kerap digelar selama dua pekan di Ubud, Bali, dengan mempertemukan banyak komunitas dan pakar raw food. Tidak hanya belajar banyak di festival ini, Anda bisa pula menambah teman hingga berbagi dengan sesama pecinta gaya hidup raw food yang erat berkaitan dengan kembali ke alam. Anda cukup mendaftarkan diri untuk memperoleh tiket festival yang akan digelar lagi pada Maret 2016 mendatang. Siapa tahu Anda bisa berlatih yoga langsung dengan yogini dari dalam negeri seperti Anjasmara, Sophia Latjuba, dan lainnya.

specialstays700

Namun jika Anda ingin memperkaya pengetahuan kuliner raw food, restoran lain di Bali yang patut dikunjungi adalah Alchemy, Down to Earth, Living Food Lab, The Seeds of Life, atau Samadi Bali. Tidak hanya digemari pecinta makanan sehat, berbagai restoran yang menyajikan menu raw food ini juga kerap dikunjungi oleh publik figur seperti Sophie Navita, Becky Tumewu, Titi Dj, Widi Mulia, dan lainnya. Selamat mencoba!

Baca Pola Makan Sehat lainnya di sini.




« | »
Read previous post:
finansial_menikah2
5 Hal Soal Finansial yang Harus Dibicarakan Sebelum Menikah

Love is blind, begitu kata banyak orang. Bila sudah jatuh cinta maka tidak ada halangan yang berarti karena semua bisa...

Close