Staycation di Hotel, Cara Seru Liburan Singkat di Akhir Pekan

yats_colony_-_pool_view_2

Liburan selalu menjadi jawaban ampuh untuk mengobati kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Bisa dibayangkan serunya memiliki waktu berkualitas untuk diri sendiri maupun bersama orang tersayang. Tapi apa kata dunia kalau ternyata sisa cuti habis? Diam di rumah juga bosan, ingin menikmati suasana baru.

Tenang, tidak perlu bersedih hati. Cuti habis, liburan tetap jalan. Caranya? staycation di hotel dalam kota.

Staycation berasal dari gabungan kata stay dan vacation yang bermakna liburan santai di rumah. Kegiatan staycation populer di Amerika Serikat saat krisis keuangan terjadi (tahun 2007-2010). Perlahan tren ini mendunia dan maknanya meluas sebagai liburan singkat yang tidak menguras tenaga karena tidak perlu meninggalkan kota.

Staycation di hotel ternyata memberi banyak manfaat, baik ketika Anda berlibur bersama pasangan atau bersama keluarga. Manfaat pertama yang bisa Anda nikmati adalah memiliki banyak waktu berkualitas yang jarang Anda miliki di hari biasa. Anda bisa bercengkrama lebih intim dengan pasangan atau keluarga. Anda bisa mendengar cerita dari anak maupun melihat perkembangan mereka.

Kedua, Anda hemat tenaga karena melakukan berbagai kegiatan di satu tempat. Bisa dibayangkan jika Anda berpindah-pindah tempat selama liburan, pastinya badan menjadi cepat lelah. Anda pun bisa segera rehat di kamar seusai berkegiatan. Tidak perlu menerjang kemacetan lalu lintas untuk pulang beristirahat.

Manfaat yang tidak kalah penting adalah Anda bisa lebih berhemat dengan staycation. Tidak perlu membeli tiket pesawat, tidak perlu membayar tiket masuk pusat rekreasi, bebas dari tiket parkir, dan bisa terhindar dari belanja di berbagai pusat souvenir.

Baca juga: Bosan Liburan di Perkotaan? Wisata Taman Nasional Bisa Jadi Alternatif Plesiran

Lalu kegiatan apa saja yang bisa dilakukan selama staycation di hotel?

  • Berenang. Hampir semua orang senang berenang atau sekadar bermain air. Ajak pasangan atau anak menghabiskan waktu di kolam renang hotel selama staycation. Abadikan momen seru ini di kamera Anda.
  • Olahraga Ringan. Bagi Anda pecinta kebugaran, manfaatkan staycation untuk olahraga ringan seperti jogging, fitness atau yoga. Kelebihan dari kegiatan ini saat staycation adalah suasana sekitar yang berbeda bisa membuat Anda lebih semangat. Badan pun terasa lebih segar seusai berolahraga.
  • Movie Marathon. Kegiatan ini paling tepat dilakukan sambil bermalas-malasan saat staycation. Siapkan daftar film kesukaan Anda serta kudapan ringan. Dijamin Anda tidak akan merasa bosan meski berada di kamar seharian.
  • Baca Buku. Kapan lagi bisa baca buku dengan tenang kalau bukan saat staycation? Siapkan buku-buku favorit Anda, baca di balkon hotel atau di kafe hotel bisa menjadi kegiatan yang begitu menyenangkan. Suasana baru bisa membuat Anda khusyuk dengan bacaan di tangan.
  • Bermain dengan Anak. Jika Anda membawa anak-anak saat staycation, Anda bisa bermain sepuasnya di playground atau klub anak. Hotel kerap menawarkan berbagai kegiatan di klub anak seperti kelas membuat pizza, kelas melukis, kelas mengenal tanaman dan hewan peliharaan.

Meski tidak membutuhkan banyak persiapan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar staycation Anda berjalan menyenangkan. Berikut tipsnya:

1. Pesan Paket Sarapan

Alangkah bijaknya Anda memesan kamar hotel yang dilengkapi dengan sarapan. Sehingga waktu Anda lebih efisien karena tidak perlu keluar hotel hanya untuk mencari sarapan.

2. Pesan Hotel yang Menawarkan Beragam Kegiatan

Pastikan hotel tempat Anda menginap menawarkan berbagai kegiatan selain bersantai di kamar. Fasilitas kolam renang, gym dan studio yoga tentunya bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Beberapa hotel juga memiliki track jogging dengan pemandangan yang indah di sekitarnya. Layanan spa juga patut dipertimbangkan untuk rileksasi. Jika Anda membawa serta buah hati, hotel dengan klub bermain atau playground pastinya menjadi pilihan bagus.

3. Pilih Hotel dengan Lingkungan Sekitar yang Menarik

Tidak ada salahnya memilih hotel yang berada di pinggiran kota dengan pemandangan pegunungan atau pantai. Pemandangan indah diyakini dapat menyegarkan pikiran dan badan.

Saatnya memesan hotel yang sesuai dengan incaran Anda. Berikut beberapa hotel yang bisa dijadikan opsi.

YATS Colony Yogyakarta

staycation

Terbilang baru, hotel berkonsep urban minimalis ini menawarkan suasana natural tropis. Tersedia kolam renang yang dikelilingi dengan batu dan tanaman hijau layaknya sungai. Ruang makan yang nyaman dengan sofa dan kursi kayu terletak menyatu dengan butik pakaian. Paling penting adalah hotel ini menawarkan 5 jenis kamar yang berbeda. Anda bisa memesan sesuai kebutuhan Anda. YATS Colony terletak di Jalan Patangpuluhan No 23, Wirobrajan, Yogyakarta.

Double Tree Hotel Jakarta

staycation

Hotel yang berada di bawah naungan grup Hilton ini menyambut tamunya dengan chocolate cookies andalannya. Konsep urban dan modern yang diusung bisa Anda lihat dari ornamen kayu dan kaca yang mendominasi interior hotel. Kolam renang yang luas bisa menjadi pusat kegiatan Anda saat menginap. Jika Anda membawa serta anak, tersedia playground untuk anak bermain.

Cottonwood Bed & Breakfast Bandung

cottonwood2

Penginapan yang terletak di Jalan Mustang B2/1A, Bandung, ini menawarkan sensasi menginap spesial. Hanya memiliki 9 kamar, hotel ini mendesain setiap kamar dengan tema yang berbeda. Ada kamar Popple Tree yang bertema laut dengan cat tembok biru serta perabotan yang juga bernuansa laut. Kemudian ada kamar Mulberry Tree yang bertema pohon Mulberry khas Inggris, serta kamar Apple Tree bertema ceria yang pas dipesan jika Anda membawa anak.

Di sini Anda bebas mengambil teh, kopi dan air putih gratis seharian di restorannya. Suasana restoran diatur layaknya dapur dan ruang makan di rumah. Staycation Anda dijamin nyaman serasa di rumah.

R Hotel Rancamaya Bogor

r-rancamaya

Sudah bisa ditebak ya udara pegunungan di Bogor selalu menawarkan kesejukan. R Hotel Rancamaya pun mengandalkan kesejukan udara pegunungan serta hijaunya lapangan golf sebagai daya tariknya. Sangat tepat jika Anda ingin bermalas-malasan di akhir pekan. Fasilitas kamar hotel yang lengkap menambah rasa betah menginap di sini.

Hotel yang terletak di Ciawi, Bogor, ini pun cocok bagi Anda yang ingin berolahraga dengan suasana berbeda. Kolam renangnya yang luas dengan pemandangan pegunungan pasti menambah semangat Anda berenang. Bahkan ada kamar yang balkonnya memiliki akses langsung ke kolam renang. Belum lagi jogging track yang dekat dengan kandang rusa. Tersedia pula Country Club, pusat kebugaran yang menyediakan tempat fitnes, lapangan basket, tenis hingga sauna.

Sedangkan Anda yang membawa anak, tersedia klub anak yang dilengkapi dengan berbagai macam permainan termasuk buku bacaan. Agar semakin meriah, ajak anak Anda untuk memberi makan rusa. Ketika malam tiba, Anda bisa bersantap malam di restoran sambil menikmati udara segar.

Hotel Aryaduta Medan

aryaduta

Tepat rasanya jika Anda ingin menghabiskan akhir pekan di hotel Aryaduta Medan. Kamarnya yang bersih dengan konsep modern tentunya membuat Anda betah bercengkrama dengan orang kesayangan di kamar. Belum lagi fasilitas yang lengkap, membuat Anda bebas menonton film favorit dan bersantai.

Bosan di kamar, Anda bisa bersantai di tepi kolam renang. Sofa rotan setengah lingkaran sangat nyaman untuk membaca buku atau sekedar rebahan. Jika ingin menyegarkan tubuh, jangan ragu untuk berenang. Kolam renang hotel ini dirancang untuk dewasa dan anak. Kolamnya yang panjang tentunya membuat Anda bebas berenang.

Ragam makanan yang disediakan oleh hotel pun sayang untuk dilewatkan. Bahkan ada beberapa cemilan seperti kue yang pastinya menggoda selera anak kecil di hotel yang terletak di Jalan Kapten Maulana Lubis No 8, Petisah Tengah, Medan.

Bumi Surabaya City Resort 

bumi-surabaya-city-resort

Terletak di tengah kota namun menghadirkan suasana teduh dikelilingi pepohonan melambai. Begitu kesan yang bisa Anda nikmati saat menginap di Bumi Surabaya City Resort yang terletak di Jalan Basuki Rahmat No 106-128, Surabaya.

Terutama di restorannya yang memiliki bangunan utama berupa Pendopo Jawa. Alunan gamelan atau gending Jawa kerap terdengar di sini. Berbagai hidangan khas Jawa disajikan berdampingan dengan menu Western untuk sarapan maupun makan malam. Bisa dibayangkan makan di sini seperti makan di rumah dengan suasana santai dan tenang.

Memasuki kamar yang berkonsep modern, Anda bisa melihat pemandangan kota Surabaya dari ketinggian. Cat kamar yang berwarna dijamin membuat Anda betah bermalas-malasan di kasur sambil menonton TV. Jika bosan melanda, Anda bisa berenang atau sekedar olahraga ringan di pusat kebugarannya. Tersedia pula playground bagi Anda yang membawa serta anak kecil.

Meski singkat, staycation tetap liburan yang menyenangkan kan? Ayo #LoveLife dan nikmati akhir pekan Anda dengan staycation bersama orang-orang tercinta.




« | »
Read previous post:
evan raditya
Evan Raditya, Ilustrator Asal Malang yang Terlibat di Film Hollywood

Masih ingat dengan film Ghost in the Shell (GITS) yang dibintangi Scarlett Johansson dan ditayangkan di bioskop beberapa waktu lalu?...

Close