Siap Jadi Pengusaha Sukses? Siapkan SKU dan Administrasi ini Dulu!

20742144 - woman calculating receipts in the laundrette

Bicara tentang potensi ekonomi, Indonesia bisa berbangga hati. Ada banyak potensi yang dapat digali. Baik dari kekayaan sumber daya alam yang berlimpah maupun sumber daya manusianya, baik sebagai pelaku bisnis maupun pasar. Ya, potensi pasar dari kelas ekonomi Indonesia diperkirakan masih akan terus berkembang. Optimisme tinggi ini dirasakan mengawali awal tahun ini. Ada harapan besar bahwa kondisi ekonomi tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah, seperti Pemprov DKI, berkomitmen untuk mempermudah administrasi yang diperlukan untuk pembuatan usaha. Sebagai awal, Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI membebaskan biaya perizinan bagi UKM. Sejak tahun 2015, para usahawan UKM cukup mengajukan izin ke kecamatan tempatnya membuka usaha dengan membawa sejumlah persyaratan untuk diperiksa.

Jadi, kalau selama ini Anda selalu berangan-angan ingin mewujudkan ide bisnis dan mengasah jiwa entrepreneur Anda, kenapa tidak memanfaatkan kesempatan ini dengan segera mengurusnya. Ayo segera urus hal-hal administratif yang diperlukan dan mulai usaha pertama Anda.

Prosedur Membuat Surat Keterangan Usaha (SKU)

Untuk membuat usaha baru, Anda memerlukan Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk menerangkan tentang keberadaan dan bidang usaha yang Anda lakukan. Anda memerlukan SKU agar usaha Anda diakui secara hukum. Selain itu, surat ini juga Anda perlukan untuk administratif lainnya, salah satunya adalah mempermudah saat Anda ingin mengajukan tambahan kredit ke bank.

1. Siapkan surat pengantar untuk membuat SKU ke RT/RW.

Bawa KTP asli dan Kartu Keluarga ke pengurus RT dan minta bantuan mereka untuk membuatkan surat pengantar untuk keperluan membuat SKU. Surat pengantar ini berfungsi untuk menyatakan bahwa Anda benar tinggal di lingkungan tempat tinggal Anda. Surat pengantar ditandatangani oleh RT dan disahkan oleh RW.

2. Siapkan surat pengantar dari RT/RW

Caranya dengan membawa KTP yang masih berlaku (asli dan fotokopi), fotokopi Kartu Keluarga dan surat permohonan/pembuatan SKU. Submit semua berkas-berkas yang diperlukan untuk pengajuan SKU ini ke kelurahan.

Anda bisa mendapatkan fomulir pembuatan SKU di kantor Kelurahan/Kepala Desa. Isi formulir secara lengkap dan masukkan formulir tersebut bersama berkas-berkas lainnya ke kelurahan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, dalam keterangan yang dikutip oleh Kontan, mengucapkan bahwa pemerintah akan mengeluarkan paket kebijakan untuk mempermudah pendirian usaha mikro, kecil dan menengah. Berdasarkan kebijakan ini, nantinya calon pengusaha hanya butuh waktu satu jam untuk mendaftarkan usahanya.

3. Bawa SKU ke Kecamatan untuk meminta validasi dan otorisasi dari Camat.

Setelah SKU Anda jadi dan telah ditandatangani oleh Lurah/Kepala Desa, Anda tinggal membawa SKU tersebut ke Kecamatan untuk ditandatangani dan dicap oleh Camat. Semua surat-surat ini bisa Anda buat tanpa dipungut bayaran.

Bagaimana, mudah kan? Dengan tiga langkah sederhana ini, Anda sudah bisa memperoleh SKU yang bisa Anda jadikan jaminan saat hendak mengajukan kredit peminjaman uang ke bank.

Selamat memulai usaha dan mewujudkan mimpi Anda yang tertunda!

Baca juga: Agar Usaha Anda Dilirik Investor




« | »
Read previous post:
namaaz dining
Namaaz Dining, Menyulap Tampilan Makanan Indonesia Lewat Teknik Baru

Pencuci mulut itu tampilannya seperti sabun. Baik dari bentuknya yang pipih maupun warnanya yang merah pastel. Belum lagi ada busa...

Close