Serunya Liwetan untuk Buka Puasa Bareng

liwetan

Selamat datang bulan Ramadhan! Bulan penuh berkah yang kental dengan nuansa kebersamaan dan berbagi. Saatnya kembali menguatkan tali silaturahmi dengan saudara dan teman melalui kegiatan buka puasa bersama.

Untuk menyemarakkan buka puasa Anda, tidak ada salahnya mencoba konsep Liwetan. Liwetan adalah gaya makan tradisional beralas daun pisang sebagai pengganti piring, dengan nasi berikut lauk pauk yang disajikan di atasnya. Untuk menyantapnya kita harus lesehan (duduk di lantai) dan menggunakan tangan.

Gaya makan yang konon berasal dari tanah Jawa ini bisa terasa sangat kekeluargaan. Pasalnya, lauk pauk yang disajikan semuanya sama. Kemudian nasi dan lauk pauk bisa disusun sepanjang jumlah anggota keluarga atau teman yang hadir. Terbayang bukan momen makan bersama berdekatan tanpa ada pemisah kursi dan meja.

Pada umumnya liwetan terdiri dari 6 bagian. Pertama tentu saja nasi liwet (untuk nasi bisa diganti dengan jenis lain seperti nasi uduk dan lainnya). Kedua adalah beragam lauk seperti lauk goreng (ayam, ikan, empal, cumi, udang, ikan asin, peda, tempe-tahu), lauk olahan seperti pepes, tempe kecap, telur balado, bihun goreng. Ketiga adalah sayuran seperti sayur asem, urap, karedok, tumis leunca-oncom, atau tumis kangkung. Keempat adalah lalapan seperti selada, timun, tomat, labu siam rebus, dan pete rebus. Kelima adalah sambal, biasanya sambal terasi dan sambal bawang. Terakhir adalah kerupuk sebagai pelengkap.

Baca juga: #SotoWar: Ini Dia Pilihan Soto Terpopuler di Indonesia

Alih-alih repot menyiapkannya, beberapa restoran dan jasa katering juga menyajikan Liwetan yang patut dicoba. Anda tinggal duduk manis, hidangan nasi liwet beralas daun pisang di depan Anda siap dinikmati.

Warung Teteh Jakarta

Warung yang terletak di Jalan Petogogan 1 No 20, Blok A Panglima Polim, Jakarta Selatan ini dikenal sebagai pionir warung nasi liwet di Jakarta. Nasi liwetnya terkenal gurih dan wangi karena dimasak dengan kaldu ikan. Lauk pauk yang disajikan merupakan selera Sunda seperti empal goreng, tumis leunca-oncom, peda bakar, dan sambal terasi mentah. Jika ingin menikmati Liwetan di sini, Anda harus memesan H-2 sebelumnya karena nasi liwetan dimasak dadakan berikut lauk pauknya sesuai dengan jumlah porsi pemesannya.

Warung Rindu Yogyakarta

Warung yang mengusung tagline ‘Bancakan Yuk’ ini juga menyajikan menu Liwetan. Sajian ini bisa dipesan minimal untuk 2 orang dengan harga mulai dari Rp 60 ribu. Lauk pauk yang disajikan menghadirkan perpaduan rasa Sunda dan Jawa Tengah. Jika penasaran ingin mencobanya, sebaiknya Anda memesan menu Liwetan 1 hari sebelumnya. Warung Rindu terletak di Jalan Tamansiswa No 17, Yogyakarta.

Baca juga: 5 Wisata Kuliner Jogja di Malam Hari yang Wajib Anda Coba

Restoran Satoesoek Jakarta

satoesoek

Terletak di Jalan Summagung 3 Blok P2 No 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara, restoran ini menyajikan Liwetan yang dibanderol mulai dari Rp 50 ribu per orang. Sedikit berbeda dari Liwetan khas Sunda, restoran ini menyajikan sate daging khas Satoesoek dalam Liwetan. Tidak perlu memesan jauh hari sebelumnya, Anda bisa datang langsung dan memesan menu ini dari jam 10 pagi.

Alas Daun Bandung

Sesuai dengan namanya, restoran ini mengunggulkan nasi liwetnya. Lauk pauknya pun khas Sunda seperti ulukutek cumi (cumi masak hitam), tumis tulang jambal, hingga tumis tutut (sejenis remis). Tidak ketinggalan lalapan yang dilengkapi dengan 3-4 sambal yang berbeda. Jika ingin memesan lebih dari 10 porsi, sebaiknya pesan Liwetan H-1 di warung yang terletak di Jalan Citarum No 34 Bandung ini.

Warung Sunda Ceu Kokom Jakarta

Terletak di Jalan Pos Pengumben Raya No 34C, Joglo, Jakarta Barat, warung ini terkenal akan sajian nasi liwetnya. Kelezatan nasi liwet restoran ini cukup tenar di lidah artis ibukota seperti Gading Martin dan Krisdayanti. Selain bisa dinikmati di restorannya, liwetan Ceu Kokom bisa dipesan ke rumah.

Nasi liwet akan diantar lengkap dengan daun pisang. Petugas dari warung pun akan menatanya di meja makan Anda atau secara lesehan. Paket liwetan dibanderol mulai dari Rp 600 ribu untuk 8-10 porsi.

Restoran Kluwih Bogor

Paket liwetan di restoran ini dibagi dua, paket 6 orang dan paket 10 orang yang dibanderol mulai dari Rp 420 ribu. Menu andalannya adalah ayam goreng, ikan nila bakar, ikan gurame goreng, dan empal. Citarasa pedas dari sambal khas restoran ini patut dicoba untuk melengkapi nasi liwet. Bangunan restoran yang asri menambah kenikmatan Anda menyantap liwet di restoran ini. Untuk porsi kecil atau lebih besar, sebaiknya Anda melakukan pemesanan terlebih dulu di restoran yang terletak di Jalan Binamarga II No 27 (dekat gerbang tol Bogor) Bogor.

Katering Nyonya Rita

Ingin menyantap sajian ini di rumah agar lebih santai? Anda bisa mengandalkan liwetan dari katering Nyonya Rita di Jakarta. Dengan memesan H-2 sebelumnya, paket liwetan diantar ke rumah lengkap dengan daun pisang sebagai pelengkap wajib penyajian. Menu andalan liwetan Nyonya Rita adalah ayam kampung goreng, orek tempe kering dan mie goreng. Paket 10 orang dibanderol mulai dari Rp 600 ribu. Kelebihan katering ini adalah Anda bisa memilih lauk pauk yang diinginkan, begitu pula nasi liwetnya bisa diganti dengan nasi kuning atau nasi uduk sesuai selera Anda.

Baca juga: Kafe Perpustakaan yang Wajib Dikunjungi Pecinta Buku di Indonesia

Musi Duo Palembang

Tren sajian ala Sunda ini ternyata telah menyebar hingga luar pulau Jawa. Musi Duo, restoran yang terletak di Jalan R. Sukamto (depan hotel Novotel) Palembang juga menyajikan menu nasi liwet beralas daun pisang. Nasi liwet dengan lauk seperti empal goreng, ayam goreng, ikan asin goreng, tempe tahu bacem, lalapan, sambal dan sayur asem bisa dinikmati minimal untuk 4 orang. Harga per porsi dibanderol dari Rp 45 ribu dengan gartis buah sebagai pencuci mulutnya.

Penasaran dengan sensasi makanan ala Sunda ini saat buka puasa bersama nanti? Ayo #lovelife dan nikmati kebersamaan dengan orang-orang terkasih melalui liwetan bersama.




« | »
Read previous post:
smoothie bowl
Tetap Fit dan Sehat di Bulan Puasa dengan Smoothie Bowl

Sajian pelengkap sahur yang praktis, bergizi namun tetap yummy di lidah tentunya menjadi incaran Anda para pegiat gaya hidup sehat...

Close