Sakit Bukan Halangan, Ini Pilihan Olahraga yang Tepat

free-yoga

Setelah pulih dari sakit jangan sampai Anda meninggalkan olahraga, tetap lakukan aktivitas fisik agar proses pemulihan tubuh Anda berlangsung lebih cepat. Walau demikian ingat untuk tidak langsung melakukan olahraga berat, jangan sampai memaksakan diri, karena tujuan Anda berolahraga agar tubuh kembali fit bukannya kembali sakit.

Jika memaksakan diri Anda untuk berolahraga padahal tubuh Anda belum benar-benar sehat, sistem imun akan bereaksi dan bekerja lebih keras demi melawan infeksi yang terjadi pada tubuh. Akibatnya Anda malah bisa makin sakit. Untuk itu ada beberapa jenis olahraga yang aman dicoba tanpa memaksakan otot-otot bekerja terlalu keras, ini contohnya.

1. Berjalan kaki

Berjalan kaki bisa Anda jadikan olahraga ringan terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh, lakukan 20 menit sehari meskipun ringan olahraga ini mampu membawa dampak besar bagi tubuh. Salah satu manfaat yang paling baik adalah meredakan demam beserta gejalanya. Agar lebih bersemangat cari lah tempat berjalan kaki yang menyenangkan, bagi Anda yang berada di kawasan Tangerang, Scientia Square Park, Summarecon bisa jadi alternatif menarik untuk Anda jajal. Sedangkan untuk Anda yang berada di Jakarta cobalah berjalan santai di Taman Langsat, Jakarta Selatan, udara sejuk karena rindangnya pepohonan bisa jadi obat penghilang flu sekaligus penat Anda.

Baca juga: Tak Hanya Bikin Badan Sehat, Olahraga Juga Bisa Bikin Bahagia

2. Yoga

Olahraga satu ini mampu mengusir hormon coristol yang mampu membuat stres serta meredakan demam pada tubuh Anda. Selain itu yoga pun dipercaya mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh. Gerakan-gerakan dalam yoga pun terbilang mudah, sehingga tak menguras energi Anda. Jika Anda belum terbiasa yoga, tak ada salahnya mengikuti kelas yoga di berbagai pusat kebugaran, salah satu tempat yoga yang kini sedang digandrungi banyak pecinta yoga adalah Union Yoga yang terletak di Kelapa Gading dan Dharmawangsa.

3. Berenang

Olahraga yang menyenangkan ini bisa dibilang olahraga terbaik dalam memerangi flu, karena dengan berenang saluran pernafasan Anda yang tersumbat akan membaik. Tapi berhati-hati bagi Anda yang alergi terhadap kaporit, setelah sakit imun tubuh bisa jadi tidak mentolerir alergi yang Anda punya tersebut. Bila ingin mendapatkan suasana berbeda Anda bisa mencoba berenang di berbagai water adventure yang tersebar di Jakarta atau cobalah bernang dengan pemandangan ajaib di Infinity Pool salah satu hotel bintang lima, Morrissey. Dijamin kegiatan berenang Anda akan makin menyenangkan.

Selain melakukan olahraga di atas, Anda juga perlu memerhatikan beberapa poin di bawah ini agar makin fit,

  • Tidur lah yang cukup, ini adalah poin paling penting karena tanpa istirahat cukup berolahraga setelah sakit bisa jadi boomerang untuk Anda.
  • Konsumsi makanan bergizi, kembalikan kesehatan tubuh Anda dengan asupan makanan yang baik.
  • Konsumsi vitamin D untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi.

Nah, jangan ada alasan lagi untuk menunda berolahraga! Jaga kesehatan Anda dengan aktif bergerak.

Baca juga Tips Olahtubuh lainnya di sini.




« | »
Read previous post:
Melissa Sunjaya
Melissa Sunjaya, dari Coretan Sederhana ke Suksesnya ‘Tulisan’

Awalnya adalah penyakit asma yang diderita Melissa Sunjaya saat kecil. Ketika kawan-kawannya asyik bermain dan berkejaran, Melissa hanya bisa duduk...

Close