Resep Bahagia Dynna, si Penggagas Gerakan #baliklagikedapur

IMG-20150708-WA0009

Farah Mauludynna, 30 tahun, tadinya adalah pemakan segala, terutama jajanan dan gorengan. Dynna mulai bertualang di dunia makanan bersih alias clean eating saat membuat akun Instagram dan iseng mengakses posting bertagar #cleaneating.

Dari menjelajah Instagram, Dynna membaca lebih banyak informasi tentang clean eating dan sadar betapa buruk pola makannya selama ini. Bahaya penyedap makanan monosodium glutamat (MSG), pewarna sintetis, pengawet makanan, dan bahan makanan yang sebelumnya tidak ia pedulikan, terpampang jelas di mata. Ia memutuskan mencoba sebisa mungkin memasak sendiri makanannya.

“Setelah tiga minggu, badanku merespon perubahan makanan itu. Rambutku rontok selama sekitar seminggu,” ujar Dynna. “Awalnya panik, tapi itu justru tanda fungsi imunitas tubuh kembali menyala. Tiap orang respon tubuhnya beda, ada temanku yang mendadak berkomedo, ada juga yang siklus haidnya berubah.”

Dynna kerap mengunggah foto masakannya ke Instagram dengan tagar #cleaneating dan #baliklagikedapur, terinsipirasi dari #reclaimthekitchen yang telah lebih dulu beredar di luar negeri. Ternyata, banyak orang yang berminat dan bertanya-tanya kepada Dynna, apa itu clean eating, apa manfaatnya, dan mengapa lebih baik memasak sendiri.

Dynna yang tahun lalu hijrah dari Jakarta ke Ubud, Bali, demi mendekatkan diri pada ilmu makanan bersih, pertanian organik, dan kuliner mentah (raw culinary) lantas melontarkan ide via akun Instagramnya: apa ada yang berminat jika Dynna membuat sesi berbagi tentang #cleaneating dan #baliklagikedapur?IMG-20150708-WA0011

Bola bergulir kencang dan sejauh ini Dynna sudah menyelenggarakan sesi tersebut di Jakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, dan Makassar. Sesi berbagi ini dirancang agar bersifat intim, santai, menyenangkan, meski membawa misi “berat” mengubah cara pandang dan pola makan pesertanya.

“Waktu menyiapkan sesi sharing pertama, rasanya deg-degan karena itulah pertama kalinya aku berbagi pengalaman clean eating dengan teman-teman baru,” kata Dynna. “Sekaligus senang banget karena ternyata banyak yang antusias.”

Seorang peserta kelas #baliklagikedapur bahkan merasa tak cukup sekali ikut sesi berbagi Dynna. Di kali keduanya, ia mengajak sang suami datang ke sesi #baliklagikedapur. “Kami berdua seneng banget. Tadi sahur nyobain makan sehat, seperti salad sayur, salad buah, cold pressed juice, eh sampai jam segini masih segar bugar, padahal kami orangnya anak nasi dan anak jajan banget,” tulis @listiadp di akun Instagram Dynna, @dynzzzz. “Malah suami yang lebih semangat, ngajak beli sayur sama buah. Hari ini kami detox kulkas juga. Mumpung momennya pas puasa, pingin sekaligus nge-detox badan biar sehat terus dan nggak gampang ngambek.”

#cleaneating dan #baliklagikedapur membuat Dynna jauh lebih bahagia dan sehat ketimbang sebelumnya. Berat badan yang berkurang drastis adalah salah satu bonusnya. Ia juga berkenalan dengan lebih banyak kawan dengan misi serupa lewat dua tagar itu. Dynna berniat berbagi kebahagiaan dengan lebih banyak orang lagi lewat apa yang kini dilakukannya.

Ramadan ini, Dynna dan kawan-kawan merambah isu baru, yakni kemandirian pangan. Dalam acara Ngariung – Ngumpul Demi Petani Bandung pada 20 Juni 2015 di Bandung, mereka berkumpul, berkenalan, dan beraktivitas bersama kelompok tani di Ciburial, Dago. Selain sesi clean eating bersama Dynna dan dr. Yosi Yuliana, acara yang diberi tagar #ngabuburEAT itu juga mengajak pesertanya panen sayuran di Tepian Farm, dan memasak di Warung Rosemary yang digagas Asep Herbcik.

Dynna ingin #baliklagikedapur menjadi gerakan yang bisa menjangkau kelas menengah bawah, kelompok masyarakat yang paling disasar perusahaan pangan ber-MSG. Ia juga bertekad untuk bisa terus mengedukasi masyarakat tentang cara masak yang tepat dan memotong alur distribusi pangan yang panjang agar harga makanan sehat bisa lebih murah. “Targetnya, #baliklagikedapur tumbuh menjadi aplikasi konsep kewirausahaan sosial alias social entrepreneurship,” ucap Dynna.

Lewat #cleaneating dan #baliklagikedapur, Dynna menemukan misi hidup sekaligus kebahagiaan. Nah, bagaimana cara Anda meraih bahagia?




« | »
Read previous post:
shutterstock_61490242
Manfaat Liburan Bagi Kehidupan Rumah Tangga

Ada beragam poin penting dalam berumah tangga. Tapi terkadang, ada beberapa poin yang kerap dilupakan oleh pasangan suami-istri, seperti momen...

Close