Rahasia Alami yang Cepat Agar Kulit Anda Tampak Menawan: Yogurt!

24416253_L

Mendadak mantan pacar mengajak Anda makan malam? Atau, tiba-tiba sebuah media publikasi mengajak Anda untuk wawancara dan foto? Di benak Anda, beragam hal pun disiapkan – dari baju yang akan dikenakan, makeup yang ingin diaplikasikan sampai tatanan rambut yang ingin dicoba… namun kulit kok terlihat kusam? Ingin facial sehari sebelumnya, tapi khawatir di hari-H malah muncul efek samping yang tidak diinginkan? Lalu, apa solusinya?

Tahukah Anda, yogurt tak hanya sedap disantap tetapi juga dapat menjadi solusi yang cukup instan untuk mencerahkan kulit wajah Anda. Yogurt mengandung nutrisi yang memiliki efek yang baik pada kulit ketika diaplikasikan sebagai masker. Apa saja kandungan nutrisinya?

Zinc

Mineral yang akrab disebut seng ini jadi salah satu nutrisi andalan dalam susu fermentasi ini. Dalam 100 mg yogurt terdapat kandungan 1 mg zinc yang berperan mencegah pembengkakan ketika muncul jerawat atau rosacea, mengobati jerawat, dan mengatur kadar minyak pada kelenjar minyak (sebaceous gland). Dengan demikian, seng mengurangi wajah berminyak serta mencegah jerawat datang. Zinc juga penting untuk reproduksi sel dan pertumbuhan jaringan.

Asam laktat

Asam laktat yang merupakan alpha hydroxy acid alami dalam yogurt berguna untuk melakukan pengelupasan kulit secara lembut serta melembapkan. Selain itu, asam laktat juga berguna untuk mencegah keriput dan mengurangi keriput yang sudah muncul pada kulit. Menarik bukan?

Kalsium

Apakah Anda pikir kalsium hanya untuk tulang? Tidak! Ternyata lapisan epidermis juga mengandung banyak kandungan kalsium. Nah, dengan mengaplikasikan masker yogurt, kalsium yang terkandung akan berfungsi sebagai penyedia antioksidan yang mencegah dan memperbaiki kulit kering. Selain itu, kalsium juga akan membantu proses pembaruan kulit sehingga lebih sehat.

Vitamin B

Yogurt kaya akan kandungan vitamin B2 (riboflavin), B12, dan B5. Riboflavin sendiri memiliki fungsi yang menakjubkan, seperti menjaga kulit tetap berkilau dan lembap, serta menjaga sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Zat ini juga penting baik untuk pertumbuhan maupun regenerasi sel. Sementara itu, peran vitamin B5 yang terkandung dalam yogurt adalah memastikan produksi lemak sehat dalam sel terjaga dengan baik, serta mencerahkan kulit kusam dan menyamarkan bintik hitam dan bekas jerawat. Vitamin B12 memiliki kandungan pencerah yang membantu memperbaiki rona kulit yang tidak merata dan bekas jerawat.

Baca juga: Chia Seed Super Food untuk Penuhi Nutrisi Tubuh

Masker yogurt cukup mudah diaplikasikan ke wajah. Sebelum itu, pastikan Anda memilih yogurt yang tidak mengandung gula maupun perasa. Satu mangkuk yogurt bisa digunakan untuk beberapa kali pemakaian.

Dengan kandungan nutrisi yang luar biasa, yogurt juga bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan lain untuk menghasilkan masker dengan khasiat yang lebih banyak. Beberapa resep berikut ini bisa Anda coba di rumah.

Masker yang mencegah jerawat dan memberikan pancaran muda pada kulit wajah

Kombinasi yogurt, madu, dan oatmeal akan mencerahkan wajah Anda. Madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, serta memiliki kemampuan melembapkan yang luar biasa. Sementara oatmeal berfungsi mengelupas sel kulit mati dan menyerap minyak dari pori-pori yang berpotensi menimbulkan jerawat pada kulit. Dengan kandungan bahan tersebut, masker ini cocok juga digunakan untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak.

Resepnya mudah, Anda membutuhkan:

  • 1 sendok teh yogurt
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh oatmeal

Campur ketiga bahan, lalu aplikasikan masker dengan tangan yang bersih. Diamkan selama 15 menit. Setelah masker terasa kencang di wajah, bersihkan menggunakan air hangat. Setelah wajah bersih dari masker, basuh kembali dengan air dingin agar pori-pori menutup.

Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menguapi wajah Anda agar pori-pori terbuka sebelum mengaplikasikan masker. Jika kulit masih terasa kencang setelah masker dibersihkan, gunakan satu hingga dua tetes minyak zaitun sebagai pelembap.

Masker pencerah wajah yang lebih baik

Ketika dikombinasikan dengan stroberi dan madu, fungsi yogurt sebagai pencerah menjadi jauh lebih baik. Stroberi berkontribusi sebagai agen pencerah kulit karena kaya akan vitamin C serta paduan salicylic acid dan alpha hydroxil acids. Madu, selain berfungsi sebagai pelembap alami, juga merupakan bahan yang ahli dalam mengentaskan jerawat.

Untuk membuat masker ini, Anda membutuhkan:

  • 2 buah stroberi matang
  • 1 sendok teh madu segar (lebih baik menggunakan raw honey)
  • 1 sendok teh yogurt

Mulai dengan menghancurkan stroberi menggunakan garpu di dalam mangkuk kecil, lalu masukkan madu dan yogurt yang telah disiapkan. Campur hingga merata. Aplikasikan campuran masker ke wajah dengan tangan yang bersih, lalu biarkan kurang lebih selama 15 menit hingga masker terasa mengering.

Setelah itu, gosok perlahan untuk melepaskan masker dari wajah Anda dengan bantuan air hangat. Basuh wajah setelah bersih dari masker menggunakan air dingin.

Masker pelembap untuk solusi kulit kering Anda

Inilah masker yang tepat jika kulit Anda kering dan cenderung mengelupas. Avokad tidak hanya kaya akan vitamin E, tetapi juga mengandung lemak sehat yang akan menutrisi kulit Anda. Belum lagi ditambah dengan pelembap alami yang juga kaya akan vitamin E, yaitu minyak zaitun. Ketiga bahan ini akan memastikan kulit Anda ternutrisi sehingga masalah kulit kering dan terkelupas bisa diatasi.

Siapkan bahan-bahan dengan takaran berikut ini:

  • 1 sendok teh yogurt
  • 1 sendok teh minyak zaitun
  • 1/4 buah avokad

Lumatkan avokad dalam mangkuk kecil, kemudian tambahkan yogurt dan minyak zaitun. Aduk rata hingga membentuk adonan masker yang kental. Aplikasikan campuran masker ke wajah dengan tebal, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat, lalu basuh dengan air dingin setelah semua adonan masker bersih dari wajah. Untuk hasil terbaik, gunakan pelembap alami setelahnya. Coba balurkan Virgin Coconut Oil atau minyak zaitun sesuai kebutuhan Anda.

Masker pencerah dan pencegah jerawat

Masker ini akan membantu melepas rasa frustasi karena jerawat, hanya dengan menambahkan kunyit dan madu ke dalam yogurt. Kunyit akan melengkapi khasiat yogurt dan madu karena kandungan curcumin di dalamnya. Manfaat curcumin meliputi perlindungan berupa antioksidan, anti-pembengkakan, antivirus, antibakteri, dan antijamur.

Untuk membuat masker ini, Anda membutuhkan:

  • 1 sendok teh yogurt
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh bubuk kunyit

Buat masker dengan mencampurkan seluruh bahan hingga membentuk adonan kental. Aplikasikan ke wajah selama 15 menit hingga wajah terasa mengencang. Gosok wajah perlahan dengan bantuan air hangat, lalu bersihkan wajah dengan air dingin. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Nah, mana masker yang paling cocok untuk Anda? Dengan perawatan ini, Anda tidak hanya akan mendapat kulit yang cerah di hari Valentine, tetapi juga kulit yang sehat bercahaya. Terlebih, semua dapat Anda peroleh dengan biaya yang tidak terlalu mahal!

Baca Tips Pola Makan Sehat Lainnya di Sini.




« | »
Read previous post:
37789903_L
6 Alasan Perlunya Cari Pasangan Berolahraga

Menerapkan gaya hidup sehat, apakah itu pola makan maupun rutinitas olahraga, memang memerlukan komitmen. Salah satu yang mendorong komitmen tersebut...

Close