Pelesir Sehari di Bumi Kartini

karimun-jawa

Kota Jepara identik dengan apa saja? Ternyata Jepara bukan hanya dikenang sebagai kota kelahiran pahlawan perempuan Raden Ajeng Kartini serta museum sejarah Kartini. Kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini juga tersohor akan mebel ukiran, kain tenun Troso, kerajinan Monel, hingga sederet pantai yang indah untuk dikunjungi.

Bisa dibayangkan serunya berpetualang di kota Jepara. Ajak serta keluarga dan orang tersayang agar lebih seru karena sehari menjelajah Jepara dijamin akan berkesan indah.

Museum Kartini

museum_kartini_jepara_jawa_tengah

Awali petualangan Anda di Museum Kartini yang terletak di Alun-Alun No 1, Jepara, Jawa Tengah. Dengan membayar tiket masuk tidak lebih dari Rp 5 ribu, Anda bisa melihat barang-barang peninggalan Kartini sejak kecil hingga sesaat sebelum ia menikah. Mulai dari koleksi piring Kartini, radio, foto-foto kecil hingga remaja Kartini, kursi yang sering dipakai Kartini hingga gerobak.

Baca juga: Mengungkap Sosok Kartini Lewat 10 Fakta yang Belum Anda Diketahui

Kampung Tenun Troso

Penasaran dengan pakaian yang dikenakan oleh Kartini? Destinasi berikutnya adalah mengunjungi sentra perajin kain tenun ikat Troso. Dinamakan Troso karena pada awalnya berkembang perajin kain tenun ikat di Desa Troso, Pecangan, Jepara.

Hingga kini masih dipertahankan pembuatan kain tenun ikat murni buatan tangan para perajin. Keunggulannya adalah tidak luntur, awet dan tahan lama. Anda bisa memilih motif dengan varian warna yang menarik. Ada motif kupu-kupu, sarang tawon, baron, hingga motif pelangi.

Begitu pula dengan jenis pakaian dari kain tenun yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Mulai dari koleksi baju atasan dan celana panjang, gaun, selendang, rok, hingga lembaran kain tenun yang bisa dipadupadankan dengan kebaya. Tidak ketinggalan para perajin juga memproduksi aksesoris seperti kalung, tas tenun hingga taplak meja. Kerajinan tenun Troso dibanderol mulai dari harga Rp 35 ribu hingga jutaan rupiah.

Kerajinan Monel

Lengkapi pakaian tenun ikat Anda dengan perhiasan yang terbuat dari baja putih yang dikenal dengan sebutan monel. Monel khas Jepara ini bisa diperoleh langsung dari perajinnya yang berpusat di kawasan Kriyan, Jepara, di mana berjejer toko yang menawarkan beragam koleksi monel.

Tidak hanya cincin dengan beragam model, Anda juga bisa memilih koleksi kalung, gelang, anting-anting maupun giwang. Untuk memperindahnya, perajin menambahkan batu giok atau batu lain. Bahkan perajin juga menerima pesanan sesuai keinginan pelanggan. Harga yang ditawarkan disesuaikan dengan tingkat kerumitan monelnya.

Pantai Indah khas Jepara

pantai-bandengan-jepara

Usai memborong kerajinan tangan khas Jepara, saatnya rehat sejenak menikmati keindahan pantai Jepara. Tak hanya satu, tapi ada lebih dari tiga pantai indah yang sayang untuk dilewatkan. Pertama Pantai Bandengan yang terletak di desa Bandengan, Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini menawarkan pasir putih yang bertekstur lembut. Pantai yang landai ini cocok untuk berbagai kegiatan seperti voli pantai, berenang atau sekadar berjemur. Bisa dibayangkan serunya bersantai bersama keluarga di pantai ini sambil menyeruput kelapa muda.

Baca juga: Jelajah Ternate, Surga Pantai Indah di Tanah Leluhur Para Pejuang

Ingin kegiatan yang lebih menantang? Provider wisata di pantai ini menawarkan olahraga air seperti jet ski, banana boat, perahu karet, serta menyusuri pantai dengan ATV. Jika masih ingin menikmati pantai Bandengan, tersedia beragam penginapan yang bisa disesuaikan dengan kantong Anda.

Pantai kedua yang juga layak dikunjungi adalah Pantai Kartini yang terletak 2,5 km dari Pendopo Kabupaten Jepara. Terkenal dengan landmark bertuliskan Pantai Kartini, pantai ini menyediakan kereta mini yang siap membawa Anda keliling area pantai seluas 3,5 hektar. Usai mengelilingi area pantai, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan di gedung yang berbentuk kura-kura. Mengapa kura-kura? Konon dulunya pantai-pantai di Jepara sering dihampiri oleh kawanan kura-kura.

Tersedia pula kolam renang yang berada di tepi pantai. Terbayang serunya bersantai di bibir kolam renang sambil menikmati jus jeruk dan merasakan semilir angin pantai. Ketika sore tiba, Anda bisa berkeliling dengan sepeda sewaan. Untuk tiket masuk pantai ini cukup Rp 5 ribu saja.

Ketiga adalah Pantai Teluk Awur yang menawarkan keindahan pantai sekaligus hutan mangrove yang menghadirkan suasana sejuk dan tenang. Terletak di selatan Pantai Kartini, Pantai Teluk Awur bisa dicapai 10 menit dengan mobil.

Petualangan Anda di sini diawali dengan menikmati hutan mangrove. Setelah ditelusuri, Anda berakhir dengan pantai Awur yang berpasir coklat yang lembut. Bersantai sambil menikmati angin sepoi di sini tentunya bisa melepas penat di badan.

Sentra Furnitur Ukiran Khas Jepara

homeliving

Terkesan dengan perabot rumah Kartini yang terbuat dari kayu berukir? Pantas rasanya jika Anda terkesan, pasalnya furnitur ukiran Jepara telah diakui dan tersohor di dunia. Anda bisa mengunjungi daerah Tahunan di Jepara untuk mengunjungi toko-toko furnitur dengan koleksi yang menggiurkan. Mulai dari Karunia Jati Furniture, Karimun Jati Furniture, Jeparamebeland, hingga Republik Furniture.

Jangan membayangkan desain furnitur ukiran yang kuno saja ya. Sudah banyak toko furnitur yang menawarkan gaya perabot yang lebih kekinian, layaknya furnitur dan pelengkap interior di kafe-kafe modern. Untuk kualitas, tentu saja tidak diragukan lagi. Menggunakan kayu jati berkualitas yang ditanam di tanah Jepara dan keterampilan pengolahan kayu yang diturunkan dari para leluhur.

Siapkan kantong Anda jika ingin menghias rumah dengan furnitur khas Jepara. Harga perabotnya dibanderol dari Rp 500 ribu hingga puluhan juta rupiah, tergantung ukuran dan tingkat kerumitan pembuatan.

Bagaimana, tergoda mengunjungi kota Jepara sambil napak tilas perjuangan R. A. Kartini? #AyoLoveLife dan ceriakan bulan April dengan menjelajah Jepara.




« | »
Read previous post:
bpjs ketenagakerjaan
Kapan Waktu yang Tepat Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan?

Memiliki Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menjadi salah satu proteksi hari tua bagi setiap masyarakat usia produktif. Tak hanya...

Close