Mengenali Asuransi yang Tidak Hanya Baik, Tapi Juga Benar

44144531 - indoor portrait of asian mixed race family

Dewasa ini, masyararakat sering keliru mengartikan asuransi. Ada yang tergiur iming-iming ilustrasi return yang tinggi, tanpa melihat manfaat proteksinya. Atau sebaliknya, ada pula asuransi yang memasarkan produknya dengan dalih menjual surat berharga dan imbal hasil selangit dalam kurun waktu tertentu. Padahal, sejatinya asuransi merupakan proteksi yang melindungi nasabah dari risiko finansial ketika jatuh sakit, wafat, atau bencana tak terduga lainnya. Agar tidak salah pilih, kita perlu mengenali ciri asuransi yang benar.

1. Perusahaan penyedia asuransi tersebut memiliki rekam jejak yang baik

Taufik Gumulnya, perencana keuangan dan direktur TGRM Financial Planning Services mengatakan, hal utama yang harus dilihat nasabah sebelum membeli asuransi ialah perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut. “Harus dilihat apakah perusahaan tersebut kredibel atau tidak, kemudian lihat risk based capital (RBC) ratio,” terang Taufik kepada tim ILoveLife. RBC ratio adalah perhitungan risiko keuangan di perusahaan Asuransi berdasarkan aset, kewajiban dan modal minimum yang dihitung sesuai dengan peraturan yang disyaratkan, dimana pemerintah mensyaratkan RBC ratio minimal adalah 120%. Semakin besar rasio kesehatan RBC sebuah perusahaan asuransi, semakin sehat kondisi keuangan perusahaan tersebut. Per September 2016 RBC ratio Astra Life mencapai 1401%.

Andreas Freddy Pieloor, perencana keuangan MoneynLove menambahkan, nasabah juga perlu mencari tahu proses klaim di perusahaan tersebut. Hal ini sebenarnya dapat diketahui dengan melihat rekam jejak mereka di media sosial. Misalnya dengan mencari tahu apakah ada komplain terkait produk dan servis mereka.

2. Produk asuransi sesuai dengan kebutuhan

Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan profil keuangan kita. Jika seseorang sedang mengangsur kredit pemilikan rumah (KPR), maka ia perlu kredit proteksi berupa asuransi jiwa yang memberikan uang pertanggungan (UP) atas pinjaman jika ia meninggal.

Baca juga: 6 Cara Cermat Memilih Asuransi Terbaik

Beragam kebutuhan masyarakat ini membuat Astra Life menyediakan asuransi yang relevan bagi pelanggannya di Indonesia. Ambil contoh AVA iBright Protector, produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi. Produk ini akan mempermudah pelanggan untuk memperoleh perlindungan asuransi jiwa, manfaat terminal illness, serta manfaat cacat total dan tetap. Produk lainnya, ASLI Rencana Optima, merupakan asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi atau unit link. Berbeda dengan produk unit link pada umumnya, ASLI Rencana Optima menyediakan pengembangan investasi yang lebih besar sejak awal.

tandatangan asuransi

3. Layanan pelanggan yang dapat diandalkan

Layanan pelanggan menjadi penghubung yang sepatutnya dapat diandalkan oleh nasabah. Bukankah asuransi merupakan komitmen jangka panjang? Layanan inilah yang akan memberikan informasi sejelas mungkin mengenai produk asuransi yang kita ikuti. Umumnya, perusahaan asuransi juga menggunakan jasa agen asuransi untuk melayani para nasabah. Jika di tengah polis agen pemasar yang membantu kita di awal berhenti karena suatu hal, maka perusahaan asuransi yang baik akan segera mencarikan agen pengganti yang juga akan membantu kita memperoleh layanan terbaik terkait produk yang kita ikuti.

Menyadari pentingnya layanan pelanggan yang optimal, Astra Life memiliki tim layanan pelanggan yang siap membantu nasabah. Awal September 2016 lalu, tim layanan pelanggan Astra Life memperoleh penghargaan Best Contact Center Operation dari Indonesia Contact Center Association (ICCA). Astra Life menggunakan Professional Financial Consultant yang siap menjelaskan kepada nasabah seputar produk yang sesuai dengan kebutuhan. Sebab, tenaga pemasar Astra Life telah lulus Astra Life Academy, yang memberikan pelatihan asuransi jiwa secara komprehensif di Indonesia.

4. Proses pembelian dan klaim mudah

Produk asuransi yang baik ialah yang memudahkan nasabah memperoleh haknya, baik dalam hal mengikuti produk maupun ketika mengajukan klaim. Menurut Freddy, walaupun kita baru sehari mengikuti suatu produk asuransi, sepanjang kita telah membayar premi, maka keesokan harinya kita berhak untuk mengajukan klaim. “Poinnya adalah, mengajukan klaim itu merupakan hak kita selama itu ditanggung dalam polis dan kita sudah bayar premi,” ujar Freddy.

Kita dapat menelusuri kredibilitas suatu perusahaan asuransi dalam membayarkan klaim dengan mengecek rekam jejaknya secara digital. Selain mudah, mengecek rekam jejak secara digital juga sulit dimanipulasi.

5. Biaya terjangkau dan sesuai profil finansial

Besar-kecil premi asuransi yang kita ikuti haruslah sesuai profil finansial. Freddy mengatakan, nasabah pun harus menyadari bahwa premi yang dibayarkan berbanding lurus dengan manfaat yang ditawarkan. Artinya, jika premi lebih kecil, umumnya manfaat yang ditawarkan pun lebih terbatas ketimbang premi yang lebih besar. “Tapi, nasabah jangan asal memilih berdasarkan premi murah, melainkan berdasarkan kebutuhan,” ujarnya. Pastikan keputusan membeli didasarkan pertimbangan yang matang, setelah membandingkan beberapa asuransi.

Di Astra Life sendiri, asuransi yang terkait dengan investasi (unit link) memiliki beberapa keunggulan seperti tidak adanya selisih biaya harga jual dan beli pada dana investasi serta bebas biaya penarikan dan pengalihan dana.

Baca juga: 9 Pertanyaan yang Perlu Diajukan Sebelum Membeli Asuransi Unit Link

Di luar ciri-ciri tersebut, tetaplah perhatikan saran dari perencana keuangan independen.

Terkadang, agen asuransi hanya berorientasi pada penjualan produk, tanpa memikirkan produk yang pas dan sesuai dengan kebutuhan dan profil finansial nasabah. Menurut Freddy, agar Anda tidak terjebak pada bujuk rayu agen asuransi, Anda perlu meminta saran dari perencana keuangan independen. “Saran dari konsultan ini perlu karena ia tidak memiliki kepentingan agar suatu produk asuransi terjual dan ia mendapatkan fee dari transaksi tersebut,” ujar Freddy. Di samping meminta panduan pada perencana keuangan, nasabah pun perlu meneliti, mempelajari, dan mengenal betul manfaat produk asuransi yang akan dibeli.

Dengan ciri-ciri di atas, semoga Anda tidak bingung lagi menentukan pilihan. #AyoLoveLife dengan memilih produk asuransi yang benar, agar Anda dapat terus menikmati hidup.




« | »
Read previous post:
asuransi keluarga
9 Kebaikan Asuransi yang Selama Ini Tertutup Mitos

Banyak orang berpikir keliru tentang asuransi atau kapok membeli asuransi karena memiliki pengalaman buruk. Ada yang merasa "terjebak" membeli asuransi...

Close