Enam Cara Cermat Memilih Asuransi Terbaik

40928133 - family insurance concept. businessman holding paper with drawing of a family under the umbrella.

Sebagaimana layaknya memilih suatu produk, kita diharapkan cermat dan teliti sebelum membeli. Jangan sampai kecewa di kemudian hari. Hal yang sama juga berlaku pada asuransi. Anda harus memilih asuransi terbaik yang akan menjamin dan melindungi masa depan pribadi maupun keluarga.

Saat ini banyak sekali jenis produk asuransi di Indonesia. Mulai dari asuransi pendidikan, kesehatan, hingga asuransi haji. Penerbit asuransi juga beraneka ragam, mulai dari yang bersifat konvensional maupun berbentuk syariah.

Baca juga: Kapankah Waktu yang Tepat untuk Mulai Berasuransi? Sekarang!

Semua penerbit asuransi selalu mengklaim kalau asuransi mereka lah yang paling baik dan menguntungkan. Sehingga calon pengikut asuransi haruslah jeli dalam memilih, mana asuransi yang paling baik untuk mereka. Nah, sebelum Anda memutuskan berasuransi, baiknya beberapa hal ini harus Anda pertimbangkan:

1. Ketahui kebutuhan Anda

Sebelum memilih asuransi, sebaiknya Anda memikirkan apa sebenarnya yang jadi kebutuhan Anda. Misalnya Anda menekuni pekerjaan lapangan dan ke mana-mana menggunakan sepeda motor atau mobil. Di sini mungkin Anda lebih membutuhkan produk asuransi jiwa terbaik atau asuransi kecelakaan. Contoh lain, ketika si kecil baru lahir dan Anda ingin pendidikannya terjamin. Maka asuransi pendidikan untuk anak merupakan pilihan yang tepat.

Tanyakan juga pada diri sendiri, apakah Anda menginginkan program asuransi murni dengan pengembangan dana yang relatif lebih terbatas namun terjamin, ataukah Anda menginginkan program asuransi yang memiliki potensi pengembangan yang maksimal?

Baca juga: Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini, Mengapa Perlu?

2. Ketahui kemampuan keuangan Anda

Memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan di awal akan meminimalisir kerugian Anda akibat pembatalan polis ditengah masa kontrak asuransi, dan juga menghindari kekecewaan akibat ketidaksesuaian manfaat dikemudian hari.

Besarnya premi asuransi bisa sangat bervariatif. Hal ini disesuaikan dengan manfaat asuransi yang akan Anda ambil. Dalam hal menentukan premi, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan budget keuangan.

Perlu Anda ketahui bahwa selain walaupun masa kontrak asuransi dapat disesuaikan, namun biasanya kontrak asuransi tersebut dibuat dalam jangka waktu yang relatif panjang. Dalam masa tersebut, pembayaran premi asuransi merupakan kewajiban Anda, sehingga penting bagi Anda untuk memasukkannya dalam pos pengeluaran yang rutin. Menghentikan pembayaran premi dapat menyebabkan pembatalan polis secara otomatis.

Oleh karena itu, selain Anda harus menentukan besaran premi, menjaga komitmen merupakan poin penting selanjutnya yang harus Anda lakukan.

3. Mencari referensi

Jangan terburu-buru dalam menentukan program asuransi. Apabila Anda sudah mengetahui kebutuhan asuransi dan anggaran keuangan untuk asuransi, selanjutnya Anda harus mencari referensi program asuransi sebanyak-banyaknya. Bisa mencari informasi lewat teman, keluarga, atau cara mudahnya ya Google. Selain itu, saat ini, beberapa perusahaan asuransi memiliki website tersendiri berikut fasilitasonline untuk mendaftar asuransi.

Pastikan setiap program yang Anda ajukan untuk pembuatan proposal asuransi menggunakan besaran dana (premi) yang sama. Hal ini akan membantu Anda mengetahui program mana yang mampu memberikan manfaat yang lebih maksimal bagi Anda.

Ketahui komponen penting terkait manfaat program, biaya-biaya yang akan dibebankan, hal-hal yang termasuk dalam pengecualian polis, dan hal lain yang ingin Anda ketahui.

4. Memilih perusahaan asuransi yang kredibel

Seperti yang sudah disinggung tadi, kontrak asuransi merupakan komitmen jangka panjang, bahkan mungkin sampai seumur hidup Anda. Artinya Anda harus memilih program asuransi dari perusahaan asuransi yang prominent dan handal.

Ketahui performa perusahaan lebih mendalam, mulai dari terdaftar di OJK (Otoritas Jasa keuagan), RBC (Risk based Capital) yaitu modal perusahaan untuk memenuhi kewajiban, stakeholder-nya, dan seberapa banyak publikasi yang muncul di media terkait komplain nasabah permasalahan pembayaran klaim. Proses pengajuan klaim dan kemudahan akses menghubungi perusahaan juga merupakan faktor penting yang harus Anda pertimbangkan. Semua informasi itu akan membantu Anda mencari perusahaan asuransi terbaik.

5. Pelajari asuransi yang akan dibeli berikut prosedur klaimnya

Tak hanya nilai premi yang perlu dipertimbangkan. Adalah penting mengetahui segala hal tentang asuransi yang akan Anda beli. Misalnya, berapa nilai pertanggungan yang akan didapat ketika klaim dilakukan. Atau hal-hal yang dilindungi dan prosedur klaim asuransi tersebut. Mintalah tenaga pemasar untuk menjelaskan hal ini secara detail. Anda juga dapat meminta mereka untuk memberikan ilustrasi yang jelas. Apabila ada informasi yang belum Anda pahami, jangan ragu untuk bertanya.

Informasi tersebut biasanya tertera di dalam polis asuransi yang akan nasabah dapatkan setelah kontrak ditandatangani. Namun pastikan Anda sudah mengetahui hal tersebut sebelum menandatangi kontrak. Setelah menandatangi kontrak asuransi, simpanlah polis tersebut. Akan lebih baik jika polis disimpan dalam bentuk hard copy maupun soft copy.

6. Pilih tenaga pemasar yang sudah memiliki sertifikat

Setiap tenaga pemasar asuransi harus melewati rangkaian proses sertifikasi sebelum melakukan penjualan produk asuransi. Tugas Anda sebagai konsumen adalah memastikan bahwa orang yang menawarkan produk asuransi kepada Anda merupakan tenaga pemasar resmi yang certified. Dengan memiliki ijin tersebut, berarti tenaga pemasar tersebut telah memiliki pengetahuan yang memadai tentang asuransi dan juga produk yang dijual.

Jangan ragu untuk berkata Tidak apabila Anda merasa bahwa tenaga pemasar tidak memahami dengan baik program yang dijual.

Sekali lagi, ingatlah bahwa kontrak asuransi merupakan kontrak jangka panjang. Jangan sampai Anda merasa kecewa di kemudian hari dikarenakan manfaat program ternyata tidak sesuai dengan penjelasan Tenaga Pemasar, walaupun orang tersebut adalah keluarga atau teman Anda.

Memiliki pertanyaan seputar asuransi atau tertarik dengan produk asuransi Astra Life? Silakan tinggalkan nomor kontak Anda di sini.

So, Asuransi Jiwa tidak selalu mahal, namun dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Menjadi konsumen yang bijak akan meminimalisir kerugian di masa yang akan datang. Cerdas mengelola keuangan akan membantu Anda mewujudkan masa depan yang sejahtera.




« | »
Read previous post:
Wisata_Karavan_2_Vennie_Mario
Serunya Bulan Madu di Australia dengan Mobil Karavan

Di Australia, ada satu jenis wisata yang populer dilakukan turis saat musim panas. Wisata tersebut adalah berlibur dan berjalan-jalan ke...

Close