Lupakan Resolusi, Lakukan 7 Langkah Nyata untuk Meningkatkan Karier Anda di Tahun 2017

resolusi karier

Apa sih resolusi Anda untuk tahun 2017? Kalau perubahan dan pengembangan karier termasuk dalam resolusi 2017 Anda, daripada repot-repot bikin resolusi (yang akhirnya tidak Anda jalankan), lebih baik lakukan hal berikut ini saja, yuk. Selain tidak mengawang-awang (seperti resolusi yang umumnya kita bikin), hal-hal sederhana namun jelas bisa dilakukan ini juga bisa bikin hidup Anda sebagai seorang karyawan lebih bahagia dan lebih bernilai. Tahun 2017, saatnya stop bikin rencana dan mulai beraksi!

1. Bersih-Bersih Email

Jangan remehkan kotak email Anda. Rajin membersihkan email, memisahkan antara email penting dan tidak serta membersihkan junk mail dapat membantu Anda lebih fokus bekerja. Biasanya, kalau kotak email penuh, jangankan follow up, membuka dan membaca email saja Anda sudah keburu malas. Padahal, di antara tumpukan email tersebut mungkin ada pesan penting yang perlu diprioritaskan. Buat sistem untuk menyaring setiap email masuk dan buat to do list yang disusun berdasarkan tingkat urgensinya.

resolusi 2017

2. Bangun Hubungan dengan Semua Orang

Berteman dengan rekan kerja? Pasti dong! Tapi umumnya, kebanyakan dari kita pasti menjalin hubungan dengan orang-orang yang kita anggap bisa “mendongkrak” karier kita, kan? Atau minimal bisa membantu dalam keseharian kerja kita. Mulai sekarang, coba deh bangun hubungan dengan orang-orang yang mungkin selama ini kita pikir tidak kita butuhkan, misal karyawan-karyawan senior yang sudah lama bekerja di perusahaan Anda (bahkan jika pekerjaan Anda sama sekali tidak berhubungan dengan mereka), karyawan HRD, IT, bahkan para satpam dan OB. Anda tidak pernah tahu, Anda mungkin akan mendapatkan insight-insight berharga tentang cara menaklukkan bos atau perusahaan Anda dari mereka.

3. Jangan Habiskan Waktu Hanya untuk Bekerja

Filosofi yang selama ini diajarkan kepada kita adalah, “Kalau mau berhasil, harus siap kerja keras.” Nggak salah, sih. Tapi jangan salah, hanya sekadar bekerja tanpa meluangkan waktu untuk hal lain justru akan membuat perspektif kita menyempit. Coba deh luangkan waktu untuk melihat “dunia luar”. Misal, usahakan untuk makan siang di luar dengan berbagai jenis orang yang berbeda. Sempatkan juga diri Anda untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki background karier sama dengan Anda, namun dari berbagai perusahaan yang berbeda. Dari sini, Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman dan ide-ide baru untuk meng-upgrade karier Anda.

Baca juga: Waspadai Karoshi Pembunuh Modern Si Workaholic

4. Update Profil Linkedin Anda

Jangan remehkan profil Linkedin Anda. Banyak kesempatan emas dan network bagus bisa Anda dapatkan melalui jejaring sosial satu ini. Rajin-rajinlah meng-update profil Anda, tambahkan portfolio dari project-project yang telah Anda lakukan. Tidak ada salahnya juga untuk meminta rekomendasi dari rekan kerja atau tim yang pernah bekerja dengan Anda. Semua ini akan menambah nilai plus Anda di Linkedin.

linkedin

Selain via Linkedin, tidak ada salahnya juga untuk meng-update CV Anda setahun sekali. Luangkan waktu untuk mengecek CV dan memperbaiki data-data yang salah atau menambahkan pencapaian terbaru Anda. Anda tidak pernah tahu kapan peluang bisnis atau karier yang lebih cemerlang datang menghampiri. Pastikan Anda telah memiliki CV yang up to date saat hal itu terjadi.

Baca juga: Optimasi Profil Linkedin dan Dapatkan Pekerjaan Impian

5. Buat Tabungan Ide Setiap Hari

Latih diri Anda untuk membuat ide baru setiap hari. Buat jurnal khusus dan paksa diri Anda untuk mengisinya dengan 10 ide baru setiap hari. Tidak perlu memikirkan ide-ide fantastis, ide sekecil apa pun bisa Anda masukkan ke dalam jurnal. Ide tersebut juga tidak perlu berhubungan langsung dengan pekerjaan Anda. Yang lebih penting adalah merangsang otak Anda untuk berpikir kreatif sekaligus melatih diri Anda untuk mencari berbagai jenis solusi dalam menghadapi masalah.

6. Kembangkan Hobi Pintar

Memiliki hobi untuk mengisi waktu luang adalah ide yang bagus. Selain bisa mengalihkan pikiran supaya Anda tidak terus-menerus memikirkan pekerjaan, hobi juga bisa melatih fokus Anda. Coba deh, kembangkan hobi-hobi yang bukan hanya dapat mengisi waktu, tapi juga bisa membuat Anda lebih pintar, kreatif sekaligus melatih ingatan. Permainan seperti scrabble, sudoku, TTS, catur atau puzzle bisa jadi pilihan.

7. Luangkan Waktu untuk Tidak Melakukan Apa-Apa

Hal ini mungkin terdengar aneh. “Kok bisa tidak-melakukan-apa-apa justru membantu mengembangkan karier saya?” Tapi penelitian membuktikan, orang-orang yang memiliki mental kuat adalah mereka yang mampu melatih diri untuk tidak melakukan apa-apa dan menikmati kesendirian mereka. Hal ini nyaris seperti meditasi, luangkan 15-30 menit waktu Anda dalam sehari untuk duduk dalam keheningan. Yah, mungkin tidak selama itu juga sih. Cukup 5 sampai 10 menit (saya melakukannya di toilet!). Waktu sendiri ini akan membantu Anda mendapatkan inspirasi sekaligus membantu Anda merefleksi hari dan kejadian yang terjadi dalam keseharian Anda.

Seperti kata orang bijak, hal-hal besar selalu dimulai dengan hal-hal kecil. Jadi, tidak perlu membuat resolusi yang terlalu muluk di tahun 2017 nanti. Yang lebih penting adalah melakukan apa yang bisa Anda lakukan dengan lebih baik setiap harinya. Mari menikmati hidup di tahun 2017!




Read previous post:
asuransi ibu
Asuransi Bagi Ibu

Seorang wanita memiliki perjalanan hidup yang unik sekaligus menyenangkan. Setelah menikah, biasanya seorang wanita akan memiliki keturunan dan bukan lagi...

Close