Lima Akun Wajib Follow untuk Mudik Lebaran

memantau akun twitter untuk mengetahui arus mudik

Mudik alias pulang kampung telah menjadi tradisi jelang Idul Fitri. Berbagai persiapan dilakukan agar mudik menjadi menyenangkan. Tidak terkecuali bagi Anda yang mudik menggunakan mobil pribadi.

Salah satu persiapan yang harus matang ketika mudik adalah mengetahui informasi-informasi terkini tentang mudik. Era digital memudahkan Anda untuk memperoleh informasi tersebut dengan kehadiran berbagai akun di media sosial Twitter. Akun ini menginformasikan arus lalu lintas sepanjang jalur mudik, tempat beristirahat, hingga atraksi turis yang menarik di tujuan mudik. Bahkan tidak jarang akun-akun ini menampung masukan maupun berbagi pengalaman mudik dari para follower-nya.

Baca juga: Tips Olahraga di Kendaraan Ketika Macet Melanda

Berikut akun di Twitter yang bisa Anda ikuti:

@Pulkam

Akun_Pulkam

Lebih dari 6 tahun akun @Pulkam menjadi sahabat bagi pemudik di lini Twitter. Pulkam sendiri diprakarsai oleh aktivis media sosial yang sebenarnya tidak menjalani mudik dan tidak Lebaran, di antaranya @glennmars dan @rahneputri. Akun yang telah memiliki 23,4k follower ini kerap aktif di awal bulan Ramadhan hingga sesudah Lebaran.

Bukan hanya berbagi informasi mengenai arus lalu lintas sepanjang jalur mudik, akun ini menjadi tempat berbagi cerita mudik para follower. Cerita tentang wisata kuliner sepanjang jalur mudik, destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di kampung halaman, hingga tips mudik aman dan sehat.

Tak ayal, citizen menyertakan foto kegiatannya selama mudik di kampung halaman untuk dibagi di akun @pulkam. Ada yang mengunggah foto makanan khas Lebaran di kampungnya, foto tradisi Lebaran di kampungnya, maupun video lalu lintas di sekitar kampungnya selama musim mudik Lebaran. Hal ini sesuai dengan jargon akun @Pulkam yaitu “kenali dan promosikan kampung halaman kita saat pulang kampung”

Bukan hanya informasi dan tips mudik yang berseliweran di akun ini. Jelang sahur atau buka puasa, kuis berhadiah turut meramaikan. Anda bisa memenangkan berbagai hadiah dengan menjawab pertanyaan yang dilemparkan oleh admin akun. Hadiah berupa pulsa atau ponsel pun bisa Anda bawa pulang dengan memenangkan kompetisi tweetpic di akun ini.

Keberadaan akun twitter yang memantau arus mudik, sangat membantu melancarkan perjalanan ke kampung halaman saat Lebaran.
Keberadaan akun twitter yang memantau arus mudik, sangat membantu melancarkan perjalanan ke kampung halaman saat Lebaran.

@PantauMudik

Akun yang aktif berkicau sejak Agustus 2010 ini mengunggah info mudik di jalur Pantura dan sekitarnya. Berdirinya akun ini atas prakarsa aktivis media sosial yang kerap melintasi jalur Pantura.

Cukup dengan mengikuti akun @PantauMudik, Anda bisa memperoleh info lengkap mencakup arus lalu lintas di jalan biasa maupun jalan tol, lokasi peristirahatan dan pom bensin, bencana alam seperti kebakaran, hingga kecelakaan. Info tersebut juga hasil dari retweet berbagai akun pendukung, seperti akun @BMKG, @TMCPoldaMetro, @PTJasaMarga, @LewatMana, @HaloPantura, dan akun lainnya. Cermat memantau akun ini, bisa saja Anda bebas dari kemacetan di Pantura.

@LewatMana

Akun @LewatMana mengawali informasi lalu lintasnya dari hasil rekaman CCTV yang diunggah ke situs Lewamana.com. Kemudian Hendry Soelistyo, pebisnis sekaligus founder, resmi mengaktifkan akun @LewatMana di lini Twitter pada 2009. Akun ini telah memiliki follower lebih dari 1 juta sekarang.

Dengan mengikuti akun ini, Anda dapat melihat live traffic di berbagai daerah. Bahkan para follower-nya sering mengunggah foto kemacetan, kecelakaan, hingga suasana di jalan tol yang kemudian di-retweet oleh @LewatMana. Tentunya ini bisa membantu Anda mencari jalur alternatif selama mudik agar terhindar dari kemacetan panjang.

Untuk info terkini, akun ini kerap menuliskan keterangan jam sebuah kondisi. Misalkan “17:32 Tol Cikampek arah Jakarta macet sejak gerbang Tol Cikarang Utama”. Untuk selingan, akun ini sesekali me-retweet berita hiburan dari akun gaya hidup. Lumayan bisa menjadi bacaan ringan tatkala Anda beristirahat dari lelahnya perjalanan saat mudik.

@TMCPoldaMetro

pantau arus mudik lebaran

Akun resmi dari Kepolisian Republik Indonesia ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda pengguna jalan. Akun yang hadir sejak tahun 2009 ini memiliki follower hingga 5,6 juta. Kicauannya ikut menyediakan info terkait mudik jelang Lebaran. Laporan langsung berdasarkan rentetan waktu disediakan bagi Anda sebagai follower-nya.

Laporan langsung bisa berupa kicauan, foto, hingga video. Misalkan foto kemacetan di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur akibat adanya pasar dadakan menjelang berbuka puasa.

@rttmchubdat

Akun milik Ditjen Hubungan Jalur Darat Kementrian Perhubungan ini sengaja dibuat untuk menyediakan informasi terkini keadaan lalu lintas musim mudik Lebaran sejak tahun 2010.

Foto kondisi lalu lintas yang diunggah akun ini berasal dari rekaman CCTV di persimpangan jalan berbagai kota. Unggahan foto dilengkapi dengan keterangan tanggal, jam, arus lalu lintas, dan cuaca setempat. Misalnya “Lingkar Luar Nagrek (kab Garut) LAST UPDATE : 02 Jun 16, 10:57:21 WIB. ARUS : Lancar, CUACA : Cerah #RTTMC2016”

Bahkan akun ini dalam sehari kerap memberikan informasi tentang titik-titik kemacetan di suatu kota dalam bentuk link. Dengan keterangan lengkap tersebut, Anda bisa merencanakan perjalanan mudik yang nyaman bagi keluarga. Namun, kenyamanan mudik hanya salah satu faktor yang perlu dipenuhi. Yang lebih penting lagi, mudik Anda juga harus aman dan terlindungi.

Sudah siap mudik? Sebelum mudik, follow akun-akun tadi ya. Agar perjalanan mudik Anda sekeluarga nyaman, aman, dan menyenangkan sampai ke kampung halaman.




Read previous post:
marie kondo system, membantu merapikan rumah Anda
Ditinggal Mudik Asisten Rumah Tangga? Jangan Panik! Siasati dengan Metode Marie Kondo

Buka lemari, pakaian tumpang tindih tak karuan. Buka gudang, barang-barang berantakan. Buka dompet, bon-bon menumpuk. Ketidakaturan yang tersimpan rapi, tetaplah...

Close