Lewat Triathlon, Jauhari Johan Jadi Lebih Mencintai Hidup

jauhari johan

Bicara soal triathlon, tidak lengkap rasanya kalau tidak menyebut nama Jauhari Johan (33 tahun). Pria yang akrab disapa JJ ini mulai menapaki kejuaraan lari tingkat nasional sejak duduk di bangku SMP. Hingga akhirnya ia diajak masuk tim pelatnas dan menyabet medali demi medali di setiap kejuaraan lari yang diikutinya.

Segudang prestasi telah diraihnya. Ia menyabet dua medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2004 Sumatera Selatan Kelas 5000 meter dan 1000 meter, dua medali emas di PON 2008, serta dua medali perak di SEA Games 2009 dan 2011. Itu hanya tiga di antara puluhan prestasinya.

Prestasi JJ tidak hanya di dunia lari. Ia pun merambah ke cabang triathlon dan berhasil menjuarai banyak kejuaraan olahraga yang terdiri dari sepeda, renang dan lari ini. Bahkan bisa dibilang, saat ini JJ lebih fokus di cabang ini.

Berawal dari renang

jauhari johan

Hidup di dunia atlet–bapaknya Johan Teddy, adalah seorang pelatih atlet sepeda–JJ sudah akrab dengan kegiatan olahraga sejak kecil. Bapaknya jugalah yang ‘menceburkan’ ia ke dunia berenang. Sejak duduk di bangku sekolah dasar, tepatnya saat ia berusia 7 tahun, pria kelahiran Palembang ini mengikuti kursus renang.

Terjunnya JJ ke dunia lari, justru datang tanpa sengaja. “Karena harus latihan setiap pagi, sebelum masuk sekolah pukul 7, saya sering terkantuk-kantuk di kolam renang,” kenangnya. Alhasil, sang bapak pun mencari akal untuk mengantisipasi hal ini. Daripada diantar dengan motor, JJ kecil diharuskan lari dari rumah ke kolam renang tempatnya berlatih. “Terbukti ampuh, saya nggak ngantuk lagi,” ujarnya.

Jarak antara rumah dan kolam renang memang tidak terlalu jauh. Namun hal itu membuatnya terbiasa dan akhirnya menyukai cabang olahraga atletik ini. Terlebih, saat duduk di bangku SD inilah ia kerap mengikuti lomba lari yang diadakan di sekolah maupun antar sekolah. “Akhirnya, saya jadi lebih menekuni lari,” ceritanya lagi.

Meski sudah terbiasa mengikuti berbagai kejuaraan sejak kecil, keputusannya untuk mengikuti lomba lari antar SMP se-Indonesia adalah tonggak kariernya di dunia atletik. Di kejuaraan itu ia meraih medali perak di jarak 2000 meter. Dari situlah ia terpacu dan mulai menapaki kejuaraan lari secara lebih serius, dari level junior hingga senior, sampai akhirnya bergabung dengan Pelatnas pada 2003. Sejak menyandang gelar resmi sebagai atlet nasional, ia pun menyabet emas demi emas dalam setiap kejuaraan yang diikutinya.

Fokus membawanya menang

jauhari johan

Dari beberapa perlombaan lari yang digeluti itu, JJ mulai diarahkan ke lomba lari jarak jauh. Hal ini dilakukan pelatihnya melihat daya tahan atau endurance-nya sangat mumpuni untuk lari jarak jauh.

Tapi endurance bukan satu-satunya hal yang harus dimiliki atlet lari jarak jauh ataupun triathlon. “Latihan yang rutin dan terprogram jelas masih merupakan kunci,” ujarnya berbagi rahasia. Sehari-hari ia berlatih pagi dan sore hari, minimal 1 jam setiap sesi. Menyandang status sebagai karyawan bank, JJ mengaku lebih sering menggunakan waktu luangnya di pagi hari untuk berlatih. Sesekali ia memanfaatkan waktu istirahat di kantor untuk latihan renang.

Menyandang predikat atlet, gaya hidup sehat bukan hal yang bisa ditawar. Istirahat juga penting. Dengan porsi olahraga yang besar, ia menargetkan waktu istirahat 10 jam sehari. Delapan jam tidur di malam hari dan dua jam istirahat siang. “Pemulihan itu penting, supaya tubuh terus punya energi,” ucap JJ yang lebih suka menonton TV di rumah bersama istri dan dua orang anaknya di sela-sela waktu istirahatnya.

Makanan pun menjadi elemen yang harus diperhatikan. Dengan tipe latihan yang banyak memakan kalori, asupan karbohidrat yang cukup merupakan ia perhatikan dalam pola makannya sehari-hari. “Setiap hari saya makan besar 3x sehari, diselingi camilan 3x sehari.” Ia pun selalu memastikan keragaman nutrisi yang diasupnya.

Ketika ditanya apa yang ada di pikirannya saat menjalani jarak tempuh yang panjang, ia mengungkapkan bahwa memfokuskan perhatian ke garis finish adalah caranya menyemangati diri.

Nah, untuk Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk perlombaan marathon atau lari jarak jauh lain, persiapan adalah hal yang penting. Jaga selalu kebugaran dengan tidak melupakan istirahat dan fokuskan tujuan saat menjalani lomba.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap?




« | »
Read previous post:
pembayaran asuransi
Cara Bertransaksi Melalui Bank Transfer

Cara Bertransaksi Melalui ATM Bank BCA Masukkan kartu debit Bank BCA Masukkan PIN >> 6 Digit Pilih “TRANSAKSI LAINNYA” ->...

Close