Latih Emosi dan Karakter Anak dengan Yoga Bersama

yoga untuk anak

Bukan hanya bermanfaat bagi orang dewasa, yoga juga bermanfaat bagi anak-anak. Manfaat yang diberikan meliputi tumbuh kembang anak secara fisik maupun mental. Yoga yang merupakan olah tubuh dari India ini dapat diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari anak. Tina Maladi, pakar yoga anak Indonesia, menguraikan manfaat yang diperoleh anak dengan berlatih yoga sejak dini.

Baca juga: Yoga untuk Pria, Ya atau Tidak?

Manfaat untuk fisik anak

Yoga mampu meningkatkan kekuatan otot, membuat tubuh kuat, lentur, dan rileks. Selain itu yoga dapat menguatkan tulang punggung dan melatih sistem saraf pusat serta meningkatkan koordinasi tubuh. Keistimewaan yoga terletak pada kemampuannya dalam melatih tubuh untuk memperdalam napas. Dengan demikian meningkatkan asupan oksigen yang akan melancarkan kinerja organ tubuh dan pada akhirnya mampu meningkatkan konsentrasi dan ketenangan pikiran anak.

Bukan tidak mungkin, anak Anda bisa tenang ketika belajar di sekolah. Anak pun lebih mudah mengendalikan emosi ketika bersosialisasi. Ucapkan selamat tinggal kepada predikat sebagai ‘anak yang nggak bisa diam’.

Manfaat untuk mental anak

Yoga melatih anak untuk disiplin diri, sebagaimana terlihat dari cara berlatih yoga. Latihan yoga ‘menuntut’ setiap gerakan dilakukan dengan teliti dan hati-hati, menahan beberapa pose, dan melakukan teknik napas dengan baik.

Berbagai pose kerap dinamai dengan nama hewan, tumbuhan, dan benda alam lainnya. Hal ini bisa mendorong anak mengasah daya imajinasi serta empatinya. Mempraktikkan pose yoga sambil anak membayangkan benda aslinya.

Hasil akhir pose yang dipraktikkan dapat melatih anak menghargai diri sendiri. Anak pun dilatih semangatnya untuk memperoleh pose terbaik dengan kemampuan yang terus terasah.

Yoga sebagai media terapi anak berkebutuhan khusus

Tina Maladi dan Kids Yoga Jakarta
Tina Maladi dan Kids Yoga Jakarta

Semua manfaat yoga bisa dirasakan oleh semua anak, termasuk anak dengan kebutuhan khusus. Pasalnya yoga menggabungkan emosi, fisik dan jiwa setiap indvidu agar selaras dalam kehidupan ini. Tina membuktikannya dari pengalaman melatih yoga untuk anaknya yang didiagnosa Autism Spectrum Disorder (ASD).

Sebagai wujud cintanya, Tina terus berlatih yoga hingga ia menemukan sisi lain yoga yaitu sebagai intensive home therapy bagi putrinya. Tidak tanggung-tanggung, berbekal ilmu dari Sonia Sumar (pendiri Yoga untuk Anak Berkebutuhan Khusus dan Radiant Child Yoga Program) kemudian Tina mendirikan Kids Yoga Jakarta.

Berbeda dengan metode pengajaran yoga untuk dewasa, yoga sebagai terapi untuk anak berkebutuhan khusus difokuskan pada metode pernapasan. Hal ini bertujuan untuk membuat anak agar lebih tenang dan fokus. Untuk latihan yoga bagi anak berkebutuhan khusus, Kids Yoga Jakarta mengadakan sesi privat yang disesuaikan dengan kondisi anak. Gerakan-gerakan yoga untuk anak berkebutuhan khusus, jelas Tina, dikombinasikan dengan latihan pernapasan. Pose yoganya antara lain tree pose, sitting pose, dan cat pose, cow pose.

Dalam latihan yoga untuk anak berkebutuhan khusus, Tina mengajarkan anak-anak untuk membedakan volume suara mulai dari yang halus hingga bising. Instruktur bisa saja menirukan suara lebah dalam memberi instruksi calming pose kepada anak. Contoh lainnya adalah meditasi sambil mendengarkan suara kerang.

Selain melatih konsentrasi hingga anak bisa fokus, latihan yoga ini juga mampu membuat anak sadar dengan lingkungan sekitar. Biasanya untuk satu kali sesi yoga, anak membutuhkan waktu sekitar 45-60 menit. Terapi ini dirancang untuk bisa dipraktikkan juga oleh orang tua di rumah. Semakin rutin berlatih, Tina yakin Anda sebagai orang tua dapat merasakan perubahan positif pada anak.

Yoga bersama keluarga di rumah

Gerakan-gerakan yang telah diperoleh di Kids Yoga Jakarta bisa dipraktikkan di rumah. Tidak harus seluruh anggota keluarga, ibu dan anak bisa berlatih bersama. Cukup 10-15 menit sambil bercerita. Misalkan Anda bercerita tentang hutan dan hewan-hewannya. Maka Anda bisa melakukan tree pose, sedangkan anak melakukan cat pose sambil menirukan suara kucing. Melalui pose-pose ini, Anda berdua berlatih pernafasan sekaligus konsentrasi. Latihan bersama ini bisa lebih menyenangkan tatkala Anda membebaskan anak untuk memeragakan pose kucing yang tersenyum, sedih, marah, atau tertawa. Perlahan, Anda mengajarkan anak mengenali karakternya.

Baca juga: 6 Alasan Perlunya Cari Pasangan Berolahraga

Anda pun bisa memeragakan pose yang sama bersama buah hati. Misalkan Anda melakukan downward dog pose, anak memeragakan pose yang sama. Uniknya anak memeragakannya tepat di bawah Anda, sehingga membentuk pose ganda yang cantik. Cerita tentang ibu dan anak anjing yang berkeliling hutan pun bisa Anda selipkan di momen ini.

Pose istimewa lainnya yang bisa Anda coba adalah mencium anak. Pose ini harus dilakukan bersama-sama dengan konsentrasi. Caranya adalah Anda berpose cobra, dengan posisi kepala condong menengadah ke atas. Kemudian anak berdiri dengan berpijak pada pangkal pantat Anda. Berpegang pada bahu Anda, wajah anak bertemu dengan wajah Anda.

A photo posted by Laura Kasperzak (@laurasykora) on

Bekerjasama dengan pegiat yoga lainnya, Kids Yoga Jakarta kini merambah kota selain Jakarta lewat Yoga Festival yang rutin diselenggarakan tiap tahun di Jakarta, Yogayakarta dan Bali. Kids Yoga Jakarta juga hadir dalam kegiatan tahunan Namaste Festival. Bahkan Kids Yoga Jakarta bekerjasama dengan komunitas Yoga Gembira kerap menggelar latihan di Taman Suropati atau Taman Menteng, Jakarta.

Ingin tahu kegiatan yoga untuk anak ini lebih lanjut? Di situs Kids Yoga Jakarta Anda akan beroleh lebih banyak informasi. Tentunya sesi yoga untuk anak berkebutuhan khusus ini aman karena dilakukan dengan cara yang lembut dan menyenangkan. Latihan disesuaikan dengan energi anak saat itu, sehingga anak tidak merasa terpaksa.

Tertarik ingin mencobanya? Saatnya berlatih yoga untuk anak dan Anda karena segudang manfaat bisa segera Anda rasakan.




« | »
Read previous post:
40928133 - family insurance concept. businessman holding paper with drawing of a family under the umbrella.
Enam Cara Cermat Memilih Asuransi Terbaik

Sebagaimana layaknya memilih suatu produk, kita diharapkan cermat dan teliti sebelum membeli. Jangan sampai kecewa di kemudian hari. Hal yang...

Close