Menyebar Inspirasi, Membangun Motivasi kepada Anak Indonesia

AYD3

Bawang Merah Bawang Putih, Timun Mas, Legenda Sangkuriang, Si Kancil dan Buaya. Masih ingat sederet judul dongeng tersebut? Meski judul-judul cerita anak tersebut masih terekam baik di memori tidak dipungkiri kegiatan mendongeng semakin dilupakan.

Berangkat dari realita dan kecintaan terhadap mendongeng, diluncurkanlah gerakan mendongeng untuk anak Indonesia melalui komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Dimulai dari kelas belajar mendongeng yang digelar oleh Mochammad Ariyo Farid, komunitas ini resmi berdiri pada 3 Desember 2011. Ariyo kemudian mengajak ketiga temannya, yaitu Rafika Soegarda, Widita Diah Kustrini, Nina Samidi, dan Septia Wulan memprakarsai komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Keempat orang yang dikenal dengan sebutan Empat Manggala Dongeng kemudian mengumpulkan para relawan dongeng.

Tujuan utama dari komunitas ini adalah melestarikan kegiatan mendongeng untuk anak di Indonesia. Untuk mewujudkannya, awalnya komunitas ini menggelar kegiatan mendongeng gratis di tempat-tempat publik seperti taman kota atau rumah sakit. Kegiatan ini diharapkan menjadi alternatif kegiatan pilihan orang tua yang biasanya mengajak anaknya ke pusat perbelanjaan, memanjakan anak dengan menonton televisi atau bermain video game.

“Kami juga mau menyebarkan dongeng motivasi dan inspirasi bagi anak-anak agar mereka mau berimajinasi dan bermimpi serta berani punya cita-cita,” kata Ariyo yang dikutip dari Tempo.

Saat ini komunitas memiliki 30 relawan dongeng yang tersebar di Jabodetabek. Bertambahnya relawan ini seiring dengan semakin banyaknya kegiatan utama komunitas. Selain mendongeng gratis di ruang publik, komunitas ini juga terus mengadakan kelas mendongeng (storytelling class). Pada kegiatan ini, para pecinta dongeng yang berasal dari berbagai latar belakang diajarkan untuk mendongeng. Tidak dipungut biaya, para peserta juga diberikan trik dan tips mendongeng.

 

AYD4

Baca juga: Dari Juru Parkir Undang Dirikan Sekolah Gratis

Kegiatan lainnya adalah kampanye dongeng (storytelling campaign), yaitu menyebarkan virus mendongeng melalui media sosial. Selain situs resmi di www.ayodongengindonesia.com, komunitas ini juga aktif di Facebook di akun Ayo Dongeng Indonesia yang beranggotakan 720 orang. Sedangkan di akun Instagram @ayodongeng_ind, komunitas ini memiliki 1243 follower. Berbagai informasi kegiatan komunitas disebarluaskan melalui dua akun media sosial ini. Bahkan melalui media sosial, komunitas ini berusaha mengajak masyarakat untuk merayakan Hari Membaca Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 November, hingga mendeklarasikan Hari Dongeng Nasional pada 28 November.

Kegiatan akbar yang selalu dirayakan besar-besaran oleh komunitas ini adalah Festival Dongeng (storytelling festival). Festival Dongeng Indonesia digelar setiap tahun di Jakarta dan baru-baru ini juga digelar di Bandung. Dalam festival, sebuah keluarga bisa membawa anak-anaknya untuk bersama menikmati dongeng berbagai cerita. Para orang tua pun bisa mengikuti kelas mendongeng, donasi buku-buku cerita anak, hingga membeli buku cerita favorit anak-anak untuk dibaca di rumah.

Untuk memeriahkan festival, komunitas ini pernah bekerjasama dengan pendongeng Indonesia seperti mendiang Pak Raden, hingga penulis buku Clara Ng. Seperti dua tahun sebelumnya, festival dongeng di 2016 direncanakan digelar saat mendekati hari Dongeng Nasional yang jatuh pada bulan November. Meski belum ada jadwal pastinya,Anda bisa mengikuti informasi terbaru berbagai kegiatan komunitas di akun Instagram @ayodongeng_ind dan di akun Twitter @ayodongeng_ind. Pastinya, semua keseruan festival dirangkum dalam situs tersendiri yaitu http://indostoryfest.com/.

Sedangkan kegiatan lain di luar festival juga kerap digelar komunitas bekerjasama dengan komunitas lainnya, seperti kegiatan #PopUpStoryTelling yang diselenggarakan di CFD Harapan Indah Bekasi pada Minggu 20 Maret 2016. Pada acara gratis ini, dijadwalkan kegiatan mendongeng, dibukanya perpustakaan dadakan untuk anak, dan bermain puzzle. Pada tanggal yang sama, digelar juga kegiatan #KelasDongeng yang bekerjasama dengan Rabbit Hole ID di Jalan Bangka Raya, Jakarta Selatan. Untuk kelas dongeng ini diperuntukkan bagi orang tua maupun publik yang tertarik belajar mendongeng dari relawan pendongeng yang sudah ada.

Kemampuan mendongeng para relawan komunitas ke depannya pun terus diasah. Berbagai seminar maupun festival dongeng di luar negeri kerap dihadiri oleh Ariyo selaku pemrakarsa komunitas. Dengan harapan, para relawan dongeng dan masyarakat semakin cerdas dalam mendongeng serta menyebarluaskan kecintaan akan mendongeng maupun didongeng.

Siap membangun imajinasi anak-anak? Mulai dari sekarang Anda bisa mendongeng untuk anak-anak di lingkungan terdekat. Ambil buku cerita favorit lalu bacakan dengan alat peraga yang menarik, dan nikmati kegembiraan bersama.

Baca Cerita Love Life yang lain di sini!




« | »
Read previous post:
47720961_L
Hati-hati! Penyakit Jantung Menyasar Kaum Muda Urban Indonesia

Dulu, serangan jantung dianggap sebagai penyakit orang tua. Sebab memang kebanyakan penderita sakit jantung adalah pasien berusia lanjut. Namun kini...

Close