Kembali ke Resep Warisan Nenek Moyang untuk Hidup Sehat

tren makanan sehat 2017

Tidak selamanya makanan lezat dan sehat identik dengan segala hal yang berbau kekinian. Sesungguhnya, racikan nenek moyang juga tidak kalah nikmat disantap, bahkan baik untuk kesehatan Anda. Berikut resep nenek moyang yang bisa Anda coba:

1. Minuman ala jamu

tren makanan sehat 2017

Banyak orang masa kini yang enggan mengonsumsi jamu. Alasan utamanya adalah rasa jamu yang pahit. Tapi di 2017 ini, tren minuman kesehatan mengarah pada bahan baku yang biasa digunakan dalam ramuan jamu, seperti jahe dan kunyit yang memiliki khasiat anti-inflamasi. Dengan kata lain, jamu kini siap mendunia.

Menggunakan nama keren wellness tonic, minuman ini diramu dengan beragam bahan baku lain. Misalnya saja buah bit yang berfungsi untuk detoks; lidah buaya yang membantu mengatasi peradangan; cuka apel yang bisa membantu proses pencernaan dan membantu penyerapan mineral; bahkan cabe rawit, yang dipercaya mengandung senyawa aktif capsaicin dan berguna untuk mengurangi pembentukan jaringan parut hati serta meningkatkan sirkulasi darah.

Baca juga: Suwe Ora Jamu, Sajikan Manfaat Jamu Tradisional di Era Modern

Di Jakarta, Anda bisa menemukan beragam wellness tonic pada gerai Suwe Ora Jamu. Misalnya saja, Coco Guava (campuran temulawak, jambu klutuk, dan Coco Jelly), Bloody Tamarind (kunyit, asam, dan buah bit), Pure Vera (sari alang-alang, jeruk limau, dan aloe vera), atau Shots Tumeric Honey (kunyit dan madu). Lalu apa khasiatnya? Di antaranya menyegarkan tubuh, menambah stamina, anti-flu, juga menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

2. Makanan Jepang bukan sekadar sushi

tren makanan jepang

Sushi, bento, atau ramen. Anda tentu sudah tidak asing dengan menu asal Negeri Sakura itu. Selain enak, menu khas Jepang terkenal sehat dan berkhasiat. Contohnya saja miso yang merupakan resep turunan dari zaman dulu. Terbuat dari campuran beras dan fermentasi rebusan kacang kedelai, serta garam; mirip tauco. Bedanya, miso juga menggunakan campuran jamur. Berperan sebagai bumbu masak, miso memiliki manfaat untuk memperbaiki kualitas darah dan kinerja limpa, memperkuat daya tahan tubuh, mengurangi kolesterol, serta berfungsi sebagai antioksidan.

Baca juga: Eating Clean, Kesempatan Berbuat Baik kepada Tubuh Lewat Cara Makan Sederhana

Saat berakhir pekan di rumah, Anda bisa membuat sup miso sendiri, untuk keluarga tercinta. Yang Anda perlukan hanya:

  • 1 liter air
  • 5 cm rumput laut kering
  • 150 gram katsuobushi kering (bisa dibeli di supermarket Jepang seperti Papaya)
  • 400 gram tahu sutra potong dadu
  • 2 batang daun bawang
  • 2 sendok makan bumbu miso

Sementara cara membuatnya: pertama, masukan rumput laut kering ke dalam air dan masak hingga hampir mendidih, lalu tambahkan katsuobushi. Setelah air mendidih, saring air hingga air kaldu jernih. Kedua, masak kembali air kaldu dan masukkan miso, aduk. Lalu masukkan tahu sutra dan irisan daun bawang. Tunggu beberapa saat, sup miso pun bisa Anda sajikan.

3. Pasta sayuran

pasta sayuran

Guilty pleasure. Mungkin itu perasaan Anda ketika menyantap pasta. Rasanya enak, namun kandungan glutennya membuat Anda khawatir akan pengaruhnya untuk kesehatan. Kalau begitu, coba saja pasta sayuran.

Pasta sayuran merupakan menu yang sebenarnya sepenuhnya terbuat dari sayuran. Hanya saja bentuknya yang panjang-panjang menipu mata dan menganggapnya sebagai pasta. Salad sebenarnya sudah dikenal sejak lebih dari 2000 tahun yang lalu. Dimulai dari bangsa Roma dan Yunani kuno yang menyantap sayuran hijau dengan dressing dari cuka balsamik dan minyak zaitun.

Baca juga: Temukan Sensasi Gaya Hidup Raw Food

Sesuai namanya, bahan utama pasta ini adalah sayuran, seperti labu kuning ataupun kentang. Menurut penulis buku Clean Green Eats, yang juga seorang chef, Candice Kumai, Anda hanya perlu mengiris sayuran dengan bentuk tipis dan memanjang. Lalu menumisnya dengan campuran irisan bawang bombay, balsamic vinaigrette, minyak zaitun, dan taburan kacang kenari atau almond. “Kalau Anda belum terbiasa memakan pasta sayuran, untuk awalan, Anda bisa memasaknya dengan campuran pasta,” kata Kumai. “Nantinya, secara bertahap, Anda bisa mengurangi porsi pasta, dan seutuhnya mengganti dengan sayuran.”

Bagaimana, cukup menggoda bukan menu sehat tersebut? Selamat mencoba, ya!




« | »
Read previous post:
eko_dan_dian
Kisah Kesetiaan Suami: Tulus Merawat Istri yang Terkena Lupus

Tahun 1999 menjadi titik balik kehidupan bagi Dian Syarief. Dia divonis menderita lupus. Di kalangan wartawan ekonomi dan perbankan, sosok...

Close