Katering Sahur, Peluang Bisnis yang Jadi Solusi Saat Sahur

menu sahur praktis

Ramadhan sudah di depan mata. Sahur nanti makan apa ya?. Gimana sahur ya?. Kondisi ini selalu menjadi masalah klasik di bulan puasa. Tentunya tidak sehat dong jika terus-terusan mengandalkan mi instan untuk sahur. Perkara sahur bisa Anda siasati dengan katering sahur. Menu sehat bisa dinikmati tanpa harus menguras tenaga menyiapkannya.

Menu sahur praktis, pesan lewat katering

Menjawab kesusahan Anda tadi, katering sahur menjadi solusi yang mujarab. Dengan katering sahur, Anda tak perlu lagi memasak atau bahkan membuang energi untuk memikirkan menu sahur. Pun tidak perlu menelepon restoran tertentu untuk mengirimkan makanan pesanan Anda. Makanan sahur akan tersedia di rumah lewat jasa pengantar yang bisa diandalkan. Nyaman, bukan?

Terdapat berbagai pilihan menu, yang menjadi andalan setiap katering dan dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih. Untuk Anda yang sedang menjalani gaya hidup sehat misalnya, katering sahur dari Burgreens dan My Meal Catering yang menawarkan menu sahur sehat bisa jadi pilihan.

Tentunya akan lebih nyaman memilih katering yang lokasinya berdekatan dengan rumah, karena ongkos kirim yang lebih murah. Tapi ini bukan harga pasti, ya. Sebab ada pula katering yang memiliki sistem pengiriman lewat stockist di tiap wilayah. Sehingga, pastikan dulu sebelum menentukan katering sahur pilihan.

Ingin ‘menyelamatkan’ makan sahur Anda di Ramadan tahun ini? Pilihan katering di bawah ini bisa membantu Anda.

  • Catering Jakarta – 08156045678 & 021-79199900 : Harga mulai dari Rp 25 ribu per pax, minimal order 5 boks.
  • My Meal Catering – 08119055900 & 08119055600 : Harga mulai Rp 1.999.900 untuk 10 hari (sahur & buka puasa)
  • Nasi Box Jakarta – 081298837301 : Harga mulai dari Rp 20 ribu per pax, dengan ongkos kirim Rp 50 ribu.
  • PeDe Catering – 0817135490 & 021-7992834 : Harga mulai dari Rp 25 ribu per pax, pemesanan untuk 1 bulan penuh
  • Burgreens Catering Sehat – 087882005070 : Harga paket sahur & buka puasa mulai dari Rp 875 ribu / orang
  • Berry Kicthen Catering (https://berrykitchen.com/) – 021 2933 6655 : Katering ini juga menyediakan bahan mentah beserta resep sederhana untuk dimasak menjadi menu sahur, paket dimulai dari Rp 50 ribu untuk 2 porsi

menu sahur sehat, solusi praktis di kala berpuasa

Membuka peluang bisnis

Di lain pihak, terjadinya perubahan gaya hidup pada bulan Ramadhan, membuka peluang bisnis bagi penyedia jasa katering. Katering sahur diyakini lebih menantang dibandingkan katering harian. Pasalnya, banyak faktor pertimbangan yang harus disiapkan dengan matang agar usaha ini tidak hanya berjalan lancar, melainkan juga memperoleh reputasi gemilang dari konsumen. Nah, bagi Anda yang berminat menjalani bisnis ini, berikut tips untuk menjalankan katering usaha yang bisa Anda pertimbangkan:

Menu sahur sehat yang menggugah selera

Pemilihan menu sahur yang tepat adalah kunci utama memulai bisnis katering sahur. Tidak dipungkiri rasa malas dan ngantuk kerap menggelayut ketika sahur tiba. Untuk itu sebaiknya Anda membuat menu makan sahur yang menggugah selera. Tentunya menu yang menarik bisa menghilangkan kantuk dan malas. Selain itu, menu makan sahur yang dikirimkan ke konsumen sebaiknya yang praktis untuk dihangatkan kembali baik di kompor maupun microwave.

Pola makan selama puasa berubah menjadi dua kali sehari. Oleh karenanya, menu sahur pun wajib memenuhi gizi seimbang. Tujuannya agar tubuh tetap kuat dan segar menjalani puasa seharian hingga jam buka puasa tiba. Gizi seimbang bukan sekadar karbohidrat, protein, dan serat sayuran melainkan juga vitamin dan kadar air dari buah-buahan. Pilihan yang tepat jika Anda memasukkan buah seperti apel, pir, pisang, atau mangga ke dalam menu sahur sehat Anda.

Menu sahur sehat misalnya sandwich tuna telur dengan buah segar, nasi merah dengan ayam paprika, tumis brokoli dan kacang mede, atau kentang kukus dengan salmon asap, yang dilengkapi dengan salad sayur dan buah segar.

Paling penting dari menu adalah kualitas rasa. Rasa makanan untuk porsi 4 orang sama seperti porsi untuk 20 orang. Kualitas rasa yang selalu terjaga dijamin bisa memuaskan lidah konsumen.

Alangkah baiknya Anda menyusun menu untuk satu bulan penuh. Hal ini memudahkan Anda dalam berbelanja bahan baku, memasak di dapur, maupun dalam mengatasi kondisi darurat seperti ketiadaan bahan baku di pasar hingga menukar menu. Tidak lupa untuk menyesuaikan permintaan khusus jika ada konsumen yang memiliki riwayat alergi makanan tertentu.

Harga bersaing dan sistem pembayaran yang tepat

Usaha katering sahur bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Hal ini bisa terjadi selama Anda mampu memasang harga bersaing yang tepat. Harga yang dibanderol harus mempertimbangkan kenaikan harga bahan baku di pasar (yang kerap terjadi menjelang Lebaran) dan persaingan harga dari kompetitor.

Penentuan harga bisa disiasati dengan pembuatan paket penawaran. Misalnya paket katering sahur lengkap (termasuk buah) atau paket sahur tanpa buah. Paket ini juga bisa dibedakan dari bahan baku yang digunakan, misalkan paket premium (semua bahan baku organik) dan paket regular. Variasi paket penawaran lainnya adalah tarif yang disesuaikan dengan jumlah pelanggan, misalkan paket keluarga (4-6 orang) lebih murah dibandingkan dengan paket untuk porsi 2 orang. Pada umumnya, paket katering sahur dibanderol di kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 50 ribu per pax. Cantumkan harga ini dalam penawaran ke konsumen. Tentunya Anda bisa berikan diskon saat konsumen kontrak untuk pemesanan 30 hari penuh.

Celah lain yang patut dicermati adalah sistem pembayaran yang diterapkan. Alangkah bijaknya Anda menerapkan sistem pembayaran minimal per dua pekan atau per bulan. Dengan demikian Anda bisa terhindar dari kerugian dari konsumen yang berhenti di tengah jalan.

Keuntungan akan semakin besar ketika Anda menerima pesanan katering partai besar, minimal paket keluarga (4 orang), instansi, anak kost, hingga komunitas. Dijamin pesanan bisa mencapai puluhan boks.

Penggunaan kotak makanan yang bisa digunakan kembali sebagai wadah tidak hanya praktis bagi Anda, melainkan juga lebih higienis bagi konsumen untuk menyantap makanan dan membersihkan sesudahnya. Namun pastikan makanan ditata dengan menarik dan boks ditutup rapat agar tetap sedap dipandang ketika tiba di tangan konsumen.

Pengiriman menu sahur

Jangan biarkan konsumen menunggu terlalu lama untuk tibanya makanan sahur. Pengiriman katering yang tepat waktu ke konsumen akan menjadi nilai tambah. Makanan bisa segera disimpan di kulkas atau di magic com.

Untuk itu, atur rute pengiriman dengan efektif. Alamat pelanggan yang berdekatan dikirim oleh kurir yang sama. Setelahnya, tentukan jadwal pengiriman dan informasikan hal ini kepada konsumen sejak awal. Katering sahur akan dikirim setelah tarawih atau dini hari sekitar pukul 03.00.

Bukan hanya jadwal pengiriman yang ditetapkan sejak awal, tarif pengiriman alias ongkos kirim pun patut diperhitungkan. Ongkos kirim disesuaikan dengan jarak yang ditempuh. Penghapusan ongkos kirim pun bisa dilakukan dengan melimpahkannya ke tarif paket makanan. Dengan demikian, paket katering sahur tidak dibebani dengan ongkos kirim yang mencekik.

menu sahur sehat

Jasa kurir yang terpercaya pastinya menjadi kunci di sini. Anda bisa memberdayakan ojek di lingkungan rumah Anda dengan sistem bayaran per bulan yang lebih hemat. Opsi lainnya adalah memanfaatkan promo layanan transportasi daring yang bisa diunggah di ponsel.

Manfaatkan modal yang telah ada

Modal bukan semata uang, melainkan juga sumber daya manusia (SDM) yang menjalankan usaha ini. Untuk penghematan modal operasional di awal, Anda bisa berkolaborasi dengan ibu atau asisten rumah tangga yang pandai memasak. Tentunya, penting untuk menjaga rasa yang diberikan seotentik makanan rumahan yang selalu jadi favorit.

Anda pun tidak perlu buru-buru membeli peralatan memasak baru. Cukup manfaatkan peralatan yang sudah ada di dapur. Jika dirasa perlu, beli lah peralatan dapur satu per satu sesuai kebutuhan untuk mengolah menu.

Setelahnya kembangkan usaha Anda dengan mengasah ketrampilan memasak atau pengetahuan tentang makanan. Proses ini bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai kursus memasak, membaca buku resep, hingga eksperimen di dapur.

Baca Juga: Ragam Solusi untuk Dapatkan Modal Usaha Rumahan

Berikan bonus

Siapa yang tidak suka dengan bonus?. Terlihat sepele namun bonus menunjukkan perhatian Anda kepada konsumen. Untuk itu Anda bisa selipkan bonus berupa puding atau minuman wedang jahe di menu hari Senin. Siapa tahu bonus tersebut bisa mendongkrak semangat konsumen menjalankan aktivitas di awal pekan.

Bagaimana, sudah siap menghadapi bulan puasa dengan katering (dan menu) pilihan? Siapa tahu dengan menu yang menggugah selera, waktu sahur Anda terselamatkan dari paket sajian cepat saji atau mi instan. Atau Anda tertarik memulai usaha katering sahur di bulan puasa kali ini? Bukan hanya meraih berkah dan rezeki berlimpah, Anda pun bisa meraih berkah karena membantu kesulitan orang dalam bersahur!




« | »
Read previous post:
menu buka puasa sehat
Sudah Tepatkah Pilihan Menu Berbuka Puasa Anda? Temukan Daftarnya di Sini!

Puasa. Ibadah yang mengimbau umat Islam untuk tidak makan dan minum, terutama pada bulan Ramadhan ini, merupakan hal wajib yang...

Close