Kafe Perpustakaan yang Wajib Dikunjungi Pecinta Buku di Indonesia

readingroom

Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata “perpustakaan”? Membosankan, sepi, dan kurang seru? Semua kesan kurang menyenangkan itu tidak akan Anda temui ketika mengunjungi tempat bacaan yang digabung dengan kafe.

Mengusung sebuah kafe buku pastinya kafe yang mengutamakan faktor kenyamanan, baik dari sisi interior maupun atmosfer yang diciptakan. Kemudian hal penting lainnya adalah koleksi buku yang bagus untuk dibaca di tempat. Tidak kalah pentingnya juga suguhan kuliner yang menggugah selera, harga bersahabat, dan memberi pengalaman unik. Alih-alih membosankan, Anda bisa jadi ketagihan berkunjung ke beberapa kafe buku seperti :

The Reading Room, Jakarta

reading room

Bagi Anda pencinta buku di Jakarta, The Reading Room adalah kafe yang patut dikunjungi. Terletak di Jalan Kemang Timur Raya No. 57, Jakarta Selatan, kafe ini beroperasional dari jam 10 pagi hingga jam 12 malam.

Dari parkiran, Anda sudah dapat melihat rak-rak yang dipenuhi buku di kafe berlantai dua tersebut. Saat masuk kafe, sofa tunggal, rak buku, serta meja kasir memenuhi ruangan lantai satu. Area favoritnya adalah lantai dua yang memiliki koleksi buku lebih banyak. Duduk di sofa dekat jendela menjadi sudut terbaik di kafe ini.

Anda bebas memilih buku dari rak-rak kayu. Pemilik kafe mendominasi buku dengan koleksi buku sastra, sejarah, sains, dan antropologi. Jika jeli mencari, Anda bisa menemukan buku karangan Victor Hugo, Ernest Hemingway, maupun Pramoedya Ananta Toer. Namun Anda juga masih bisa menemukan buku bergenre motivasi diri, novel, hingga buku bisnis yang mengulas tentang kewirausahaan. Bukan hanya bebas membaca di tempat, beberapa koleksi buku bisa Anda miliki dengan harga diskon di sini.

Baca juga: Nila Tanzil, Berikan Keberanian Bermimpi untuk Anak-Anak Indonesia Timur

Sambil membaca, nikmati pula sajian penuh selera khas Reading Room. Kafe ini menyediakan kudapan hingga menu utama yang bernuansa Western dan Indonesia. Seporsi Nasi Bakar Buntut Balado menjadi pilihan yang mengenyangkan di siang hari. Bisa dibayangkan buntut yang garing berbalut bumbu balado yang pedas menyegarkan. Ketika sore tiba, Anda bisa memesan kudapan andalan mereka seperti roti panggang dengan es krim. Bukan sekadar roti bakar biasa, Reading Room menyajikan roti panggang yang tebal dipadukan dengan tiga scoop es krim dengan varian rasa berbeda. Semakin memanjakan lidah dengan kucuran saus buah seperti rasberi di atasnya.

Jika beruntung, Anda bisa bertemu sutradara terkenal seperti Joko Anwar atau penulis ternama seperti Ayu Utami di kafe ini. Konon, mereka kerap berkunjung ke kafe ini.

Bookshelf Cinere, Jakarta

4-jpg-781dee47ef1984875533de0f90fabdba

Dari namanya, Anda pasti bisa tahu bahwa kafe ini pun berkonsep kafe buku. Bernuansa ungu-putih, Bookshelf terletak di Jalan Cinere Raya No. 43, Cinere, Jakarta Selatan. Terdiri dari dua lantai, kafe ini mengusung konsep toko buku di lantai satu. Anda bisa membeli buku dengan harga yang lebih ekonomis di sini. Sedangkan perpustakaan terletak di lantai dua.

Di lantai dua, tersedia bangku kayu yang nyaman untuk membaca. Rak-rak yang menempel ke dinding menyimpan koleksi buku fiksi, non-fiksi, bisnis, politik, hingga agama. Ruangan yang sejuk dari pendingin ruangan serta alunan musik dijamin membuat Anda bisa membaca dengan khusyuk.

Ketika lapar melanda, Anda bisa langsung memesan menu Western atau Indonesia. Menu utama andalan kafe ini adalah nasi goreng kampung yang lengkap dengan telur ceplok, ayam goreng, sambal, dan krupuk. Usai menyantap nasi goreng, manjakan lidah dengan hindangan pencuci mulut adalan Bookshelf yaitu strawberry cheesecake. Minuman segar seperti es teh leci, jus buah, maupun kopi bisa Anda pesan untuk mengusir dahaga.

Comic Cafe, Jakarta

comic cafe jakarta

Sudah bisa ditebak, dari namanya kafe ini sangat cocok bagi Anda pencinta komik. Belum lagi interiornya seperti stiker dinding yang bergambar tokoh-tokoh komik. Koleksi komik legendaris seperti Superman, komik Conan, hingga komik serial cantik bisa Anda baca di sini. Comic Cafe terletak di Jalan Tebet Utara Raya No. 53D, Bukit Duri, Jakarta Selatan.

Ruangan kafe yang luas menghadirkan pilihan smoking area di bagian teras dengan meja-bangku bundar. Sedangkan non-smoking area dilengkapi dengan pendingin ruangan dan meja-bangku kayu. Selain gratis membaca komik di tempat, kafe ini juga menyediakan koneksi internet gratis.

Baca juga: 5 Perpustakaan Anak yang Seru dan Wajib untuk Dikunjungi

Sebagai pendamping yang lezat saat membaca, Comic Cafe menyediakan beragam kudapan yang menggugah selera untuk dinikmati. Mulai dari brownies panggang dengan es krim vanila, sandwich dan kentang goreng, hingga minuman lemon squash yang segar. Harga di kafe ini sangat bersahabat, mulai dari Rp10 ribu hingga Rp60 ribu.

Dongeng Kopi Indiebook, Yogyakarta

dongeng-kopi-indiebook

Bukan sekadar kedai kopi pada umumnya, Dongeng Kopi Indiebook yang mengusung kafe buku ini menghadirkan beberapa keunikan. Terletak di Jalan K.H. Wahid Hasyim No 3, Condongcatur, Yogyakarta, Dongeng Kopi juga menjadi basecamp nya penerbit buku di bawah bendera Indiebook.

Anda bisa menemukan koleksi buku terbitan Indiebook di pojok kafe. Mulai dari buku sastra, buku fiksi dan non-fiksi hingga buku sepakbola. Bukan hanya buku, di kafe ini Anda pun bisa bertemu dengan penulis ternama maupun komunitas penulis di Yogyakarta.

Keunikan lain yang bisa diperoleh di sini adalah pengalaman meracik kopi sendiri dengan sistem manual brewing. Dipandu barista andal, Anda bisa meracik kopi yang dipilih sesuai selera. Pilihan kopinya terdiri dari kopi nusantara, meliputi kopi Aceh Gayo, kopi Malabar, kopi Flores,hingga kopi Papua yang menawarkan rasa yang berbeda. Sambil meracik, Anda bisa langsung belajar mengenai seluk beluk kopi ke barista. Kapan lagi belajar kopi gratis ke pakarnya? Selesai meracik, kopi disajikan dengan gula dan susu yang terpisah. Secangkir kopi di sini dibanderol tidak lebih dari Rp30 ribu.

Usai meracik kopi, Anda bisa duduk santai di bangku kayu dengan atmosfer kafe yang tenang. Menarik bukan menambah pengetahuan dari buku bacaan juga pengetahuan tentang kopi?

Kafe Roti Papi, Yogyakarta

roti-papi

Penampakan dari luar seperti kost-kostan, Kafe Roti Papi menjadi pilihan tepat bagi Anda pencinta buku di Yogyakarta. Terletak di Jalan Affandi, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta, kafe ini mengusung konsep kafe buku. Beroperasional dari jam 10 pagi hingga jam 12 malam, kafe ini terdiri dari dua lantai.

Rak kayu di tepi dinding memuat buku-buku yang didominasi berbahasa Inggris. Begitu juga dengan koleksi buku yang tersimpan rapi di rak gantung. Interior furnitur kayu dilengkapi dengan pendingin ruangan serta alunan musik menghadirkan atmosfer yang nyaman.

Jangan lupa untuk memesan menu kafe yang dijamin ramah di dompet namun tetap lezat. Ada roti pita yang diisi dengan tumisan daging sapi, sandwich, hingga menu khas Indonesia seperti nasi goreng. Untuk minumannya, kafe ini menyajikan menu kopi, non-kopi, hingga es krim. Segelas green tea latte dengan es krim pastinya menyegarkan tenggorokan di siang hari. Anda cukup merogoh kocek mulai dari Rp15 ribu – Rp40 ribu saja.

Libreria Eatery, Surabaya

liberia-eatery

Kafe satu ini juga mengusung konsep kafe buku, dan ini terlihat jelas dari nama kafenya. Terletak di Jalan Ngagel Jaya No.87-89, Surabaya, kafe ini menghadirkan pengalamn berbeda bagi pencinta buku di Surabaya.

Beberapa rak buku kayu terlihat mengisi tiap sudut kafe. Buku-buku ditata rapi dalam rak, mulai dari buku fiksi, non-fiksi, kamus, ensiklopedia hingga komik. Sofa empuk, bangku rotan, penerangan putih, ruangan yang sejuk dijamin membuat Anda nyaman membaca buku di sini. Puas membaca buku, Anda bisa mencari inspirasi berkat koneksi internet gratis di sini.

Baca Juga: Muhammad Ridwan Alimuddin, Nakhoda Perahu Pustaka

Sambil bersantai, Anda bisa memesan makanan dan minuman yang dijamin lezat. Tak hanya lezat, menu di kafe ini dibanderol dengan harga ramah yaitu mulai dari Rp10 ribu – Rp40 ribu. Untuk menu utama, Anda bisa memesan Coney Dog yaitu berupa hotdog berisi sosis panggang yang ditambah dengan tumis daging cincang dan bawang bombay dilengkapi dengan kentang goreng dan sayuran.Untuk menghilangkan dahaga, Anda bisa memesan Green Tea Frappe yang dengan cita rasa teh hijau yang tebal bercampur whipped cream yang lembut. Sedangkan untuk kudapan, Anda dijamin puas dengan Mille Crepes yang ber-topping sereal coeklat. Lapisan demi lapisan crepes bersaus rasberi menghadirkan rasa manis sekaligus asam segar di lidah.

Tertarik nongkrong di sini sambil membaca buku? Hari biasa adalah waktu terbaik untuk datang ke kafe yang beroperasional dari jam 10 pagi hinga jam 10 malam ini.

Heritage Coffee, Batam

heritage-coffee

Heritage Coffee yang terletak di Jalan Bunga Raya Komplek Baloi Square No 4, Batam ini mengusung konsep kafe sekaligus perpustakaan. Pemilik kafe yaitu penulis novel asal Batam, Yenny Fyfy, menyiapkan koleksi pribadinya sejumlah 600 buku yang didominasi buku fiksi.

Saat Anda memasuki kafe, interior unik berupa rak buku yang menempel di dinding berbentuk kata “READ”. Selain itu terdapat rak buku lain di tiap sudut kafe. Sofa merah nan empuk menjadi tempat yang nyaman untuk membaca. Penerangan putih yang terang serta sejuknya ruangan dijamin membuat Anda lupa waktu saat berada di sini.

Belum lagi varian kopi yang bisa menjadi “teman” membaca. Ada espresso, cappuccino, coffee latte, hingga frappuccino. Lidah Anda pun akan dimanjakan dengan sajian yang terbagi dari tiga jenis, yaitu breakfast, lunch, dan dinner menu khas Western.

Sepiring french toast dengan omelette dan sayuran bisa menjadi sarapan yang mengenyangkan ketika Anda berkunjung di pagi hari. Ketika berkunjung di siang hari, Anda bisa memesan spaghetti, dan salmong panggang di malam hari. Untuk pencuci mulut, kafe ini menyuguhkan sweet tooth seperti Japanese Cheesecake. Serunya lagi, Anda bisa dapat potongan harga untuk menu makanan dengan menukarkan koleksi buku Anda ke perpustakaan kafe.

Bisa dibayangkan perut kenyang otak pun terisi dengan pengetahuan dari buku. #AyoLoveLife dan miliki pengalaman unik di kafe perpustakaan tersebut.




« | »
Read previous post:
green-living
Mau Hemat? Coba Gaya Hidup Green Living

Dewasa ini, semangat gaya hidup green living tak hanya ngetren di gedung perkantoran, tapi juga di kompleks perumahan. Dengan “hidup...

Close