Jangan Anggap Sepele Asam Lambung, Pelan-pelan Bisa Menggigit!

asam lambung

Perut mual, perih dan sering bersendawa? Asam lambungnya naik, tuh! Istirahat dan minum air hangat, nanti juga sakitnya hilang sendiri.

Beberapa gejala penyakit memang seringkali hilang dengan sendirinya tanpa kita perlu mengonsumsi obat-obatan. Meskipun bisa bernapas lega, sebaiknya kita tetap waspada, sekecil apapun gejalanya. Karena gejala-gejala yang muncul merupakan cara tubuh untuk mengatakan ada masalah dengan kesehatan kita.

Nah, dari sekian banyak gejala yang datang dan pergi, ada satu yang menjadi penyebab dari banyak masalah kesehatan yaitu asam lambung.

Peran penting asam lambung

Asam di dalam lambung memiliki peranan yang penting dalam fungsi sistem pencernaan. Cairan yang diproduksi oleh lambung ini berfungsi membantu organ-organ pencernaan dalam mengurai makanan agar mudah diserap tubuh. Penyerapan asam amino esensial dan beberapa nutrisi seperti kalsium, zinc, beta karoten, magnesium serta vitamin A, C, E dan B kompleks sangat tergantung pada asam lambung. Selain itu, asam ini juga berfungsi mematikan bakteri penyakit yang turut masuk lewat makanan yang kita konsumsi serta membantu merangsang produksi enzim pencerna protein.

Baca juga: Detoksifikasi Alami dengan Jus Sayur dan Buah

Jika kadar asam di lambung tidak sesuai dengan yang dibutuhkan maka makanan tidak dapat dicerna dan diurai dengan baik. Nutrisi yang harusnya didistibusikan ke seluruh tubuh menjadi terhambat. Kondisi ini akan membuat tubuh mudah terserang infeksi, organ pencernaan terganggu (bahkan dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan), terserang penyakit seperti asma, diare, konstipasi, osteoporosis, hingga depresi. Aktivitas sehari-hari pun akan terganggu.

Rendah atau tinggi?

Sayangnya, kita kerap salah ‘mendiagnosa’ bila hanya membaca dari gejala-gejala yang muncul. Perut terasa kembung, dada seperti terbakar, nyeri di ulu hati, sering bersendawa, mulut terasa pahit serta tenggorokan sakit saat menelan makanan memang yang umum dialami seseorang dengan kadar asam lambung yang tidak normal. Namun bukan selalu akibat kenaikan asam di lambung, bisa juga sebaliknya rendahnya kadar asam lambung. Bisa dibayangkan bila kita mengonsumsi obat penekan produksi asam di lambung untuk mengatasi asam lambung kita yang rendah. Sudah pasti bukan kesembuhan yang kita dapat.

Naik-turunnya asam di lambung dipengaruhi oleh kadar lemak yang ada pada protein makanan yang kita konsumsi. Semakin tinggi kadar lemak menyebabkan kadar pH yang normalnya berada di kisaran 1,5-3,5 menjadi semakin asam. Sementara tingginya asupan gula ke tubuh menjadi salah satu penyebab utama rendahnya kadar asam lambung. Kedua kondisi ini dapat disebabkan banyak hal seperti kurang mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, diet yang salah, sering makan makanan pedas, mengomsumsi minuman beralkohol, stres, banyak minum saat makan dan asupan serat yang berlebih.

asam lambung

Untuk itu, saat mengalami gejala penyakit asam lambung, kita dapat melakukan tes sederhana terlebih dulu untuk memastikan apakah asam lambung kita tinggi atau rendah.

Yang pertama dengan melakukan tes urin, caranya: makanlah beberapa buat bit, setelah dua jam cek urin kita. Jika berwarna merah berarti kadar asam lambung kita rendah. Tes yang kedua dengan meminum segelas air yang sudah terlebih dulu sudah dicampur dengan ¼ sendok teh baking soda. Lakukan pada pagi hari sebelum memakan atau meminum apapun. Jika kurang dari dua menit setelah minum Anda bersendawa beberapa kali kemungkinan asam lambung Anda tinggi. Jika Anda baru bersendawa setelah 2-3 menit, kadar asam Anda terbilang normal. Namun jika Anda butuh waktu 5 menit untuk bisa bersendawa, kemungkinan besar kadar asam di lambung Anda rendah.

Baca juga: 5 Kesalahan Pola Makan yang Kerap Dilakukan Kaum Urban

Untuk meningkatkan kadar asam di lambung, kita dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti buah-buahan, brokoli dan kacang hijau. Dapat juga ditingkatkan dengan meminum air putih dengan perasan lemon, teh chamomile atau teh yang ditambahkan jahe, kayu manis atau pala. Sementara itu, untuk menurunkan kadar asam lambung minum banyak air putih dan lakukan secara rutin.

Jaga produksi asam lambung

Meskipun dampak dari tinggi dan rendah asam lambung cukup mengerikan, kita dapat mencegahnya dengan menjaga produksi asam lambung pada level normal dengan batasan kadar pH yang ideal. Caranya dengan mengubah pola hidup menjadi lebih baik dan mulailah mengonsumsi makanan sehat, seperti berikut:

  • Terapkan pola makan teratur. Pola makan teratur merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga gaya hidup sehat karena dengan menerapkan pola makan teratur maka pencernaan akan bekerja dengan baik dan maksimal.
  • Hindari gula murni (refined sugars) yang telah melewati proses pemurnian untuk menghilangkan molase (sirup gula) sehingga warnanya menjadi putih. Selain berbentuk gula pasir, gula murni ini banyak terdapat pada makanan dan minuman dalam kemasan. Mengonsumsi gula murni dapat menambah beban kerja lambung saat memproduksi asam lambung.
  • Bila perlu konsumsi multivitamin yang langsung dapat membantu tubuh memproduksi asam lambung.
  • Kurangi kebiasaan minum banyak air saat makan karena air akan meluruhkan asam lambung sehingga makanan menjadi sulit dicerna.
  • Biasakan mengunyah makanan sebanyak 32 kali sehingga makanan sudah benar-benar lembut saat masuk ke dalam lambung. Kebiasaan ini juga membantu enzim pencernaan menyatu dengan makanan sehingga nutrisi pada makanan dapat dicerna dengan baik.
  • Tingkatkan asupan zinc karena mineral ini sangat penting dalam proses produksi asam lambung. Konsumsi juga vitamin C, E, B6, dan magnesium untuk dapaat meningkatkan penyerapan zinc dalam tubuh.
  • Stres merupakan salah satu pemicu naiknya asam lambung karenanya hindarilah dengan melakukan traveling, mendengarkan musik atau bermeditasi.
  • Tidurlah dengan posisi miring ke kiri. Jika posisi tidur miring ke kanan dapat meningkatkan kesehatan jantung, posisi sebaliknya sangat baik untuk menjinakkan asam lambung. Karena dengan posisi tersebut maka katup antara saluran dari perut ke kerongkongan akan menutup. Meskipun kadarnya tinggi, asam lambung tidak dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn atau perasaan panas di dada. Tidurpun akan lebih nyenyak.

Cara-cara sederhana ini patut dicoba karena memberi dampak yang luar biasa. Asam lambung terkendali, kesehatan tubuh pun akan selalu terjaga. Dan Anda, dapat menjalani mimpi dengan tubuh yang lebih sehat!




Read previous post:
Waspadai Karoshi, Pembunuh Modern Si Workaholic

Baru-baru ini Jepang mendapat banyak sorotan. Bukan karena keperkasaannya di bidang ekonomi atau kedisiplinan warganya yang dinilai sebagai salah satu...

Close