Jadi Kandidat Potensial di Dunia Kerja dengan 7 Keahlian Ini

investasi karier

Di masa sekarang, pendidikan, training, network dan keahlian tertentu dapat menjadikan Anda kandidat potensial dalam dunia kerja. Jika Anda bergabung dengan perusahaan yang peduli dengan pengembangan sumber daya manusia, beruntunglah Anda. Tapi, ada banyak perusahaan yang tidak memedulikan hal tersebut. Di sinilah Anda harus bersikap proaktif untuk mengembangkan sendiri kapasitas Anda sebagai seorang profesional. Seperti yang dikatakan Warren Buffet, ”Invest in as much of yourself as you can, you are your own biggest asset by far.”

Berikut beberapa keahlian yang bisa Anda investasikan untuk diri Anda sendiri:

1. Luaskan Network Anda. Percayalah, Ini Bukan Sekadar Teori

Anda pasti sudah sering mendengar saran dari para profesional sukses tentang pentingnya membangun network luas di dunia pekerjaan. Kalau Anda masih berpikir bahwa hal ini hanya sekadar teori belaka, saatnya mengubah pikiran Anda. Network, adalah nilai jual yang sangat tinggi di dunia kerja. Percaya atau tidak, ada banyak orang di dunia dipekerjakan dengan gaji besar, khusus untuk network yang mereka miliki. Jadi, luangkan waktu untuk mengobrol dan menjalin hubungan dengan para profesional yang bergerak di bidang yang sama dengan Anda, para manajemen dari berbagai perusahaan maupun narasumber potensial lainnya. Suatu hari nanti, mereka pasti akan menjadi “investasi” yang sangat berharga untuk Anda.

investasi karier

Baca juga: Optimasi Profil LinkedIn dan Dapatkan Pekerjaan Impian

2. Jago dalam Bidang Marketing Bukan Hanya Ranah Para Marketer

Anda mungkin berpikir hanya orang-orang yang bekerja di bidang marketing atau sales lah yang perlu mempelajari skill marketing. Tapi percayalah, kemampuan untuk bernegosiasi ini perlu dimiliki oleh setiap orang. Apa pun bidang pekerjaan Anda, bahkan jika Anda kebanyakan selalu berada di belakang meja, kemampuan marketing merupakan nilai plus. Bayangkan keahlian ini sebagai kemampuan super untuk membuat orang-orang melakukan apa yang Anda inginkan, dengan cara yang elegan, tentunya.

3. Jadi Pakar dalam Bidang Digital

Di era serba digital seperti saat ini, sepertinya Anda tidak perlu menunggu untuk menjadi seorang Digital Specialist untuk bisa memahami hal-hal dasar mengenai dunia digital. Menguasai setidaknya beberapa hal yang berhubungan dengan dunia digital adalah hal wajib di masa sekarang ini, apalagi dalam beberapa tahun ke depan.

investasi karier

Misalnya untuk tenaga marketing, adalah penting mengetahui perbedaan antara SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Perkembangan perusahaan yang serba digital (lihat saja berapa banyak kebijakan perusahaan yang mulai digitalisasi), akan membuat mereka yang tidak bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman tersingkir. Sebaliknya, bayangkan betapa berharganya Anda yang memiliki kemampuan ini di mata perusahaan nantinya.

Baca juga: Inilah Profesi di Era Digital: Intip Peluang Bisnisnya!

4. Pelajari Bahasa Asing Lain Selain Bahasa Inggris

Memiliki kemampuan berbahasa asing jelas adalah salah satu nilai plus di dunia kerja. Apalagi kalau Anda menguasai bahasa asing lain selain bahasa Inggris. Inggris memang bahasa universal, tapi saat ini, sudah ada banyak orang yang menguasai bahasa Paman Sam ini. Jadi, coba kembangkan kemampuan bahasa Anda dengan bahasa dari negara-negara lain. Oya, tidak ada salahnya, lho, belajar bahasa asing langsung di kedutaan negara yang bersangkutan. Misalnya belajar Italia di Istituto Italiano atau bahasa Jerman di Goethe-Institut dan bahasa Belanda di Erasmus Huis. Selain mendapatkan keahlian baru, Anda juga punya kesempatan untuk memperoleh nilai plus lainnya seperti nempelajari kebudayaan negara lain sekaligus memperoleh komunitas dan network yang lebih luas (siapa tahu ada di antara mereka yang dapat membantu Anda dalam perjalanan karier Anda – Baca poin nomor satu!).

5. Pelajari Keahlian yang Banyak Dicari (Sekalipun Anda Tidak Bekerja di Bidang Itu!)

Mempelajari keahlian yang banyak dicari orang, akan menaikkan nilai Anda di ranah profesional. Keahlian tersebut mungkin sama sekali tidak berhubungan dengan pekerjaan yang saat ini Anda lakukan, tapi kenapa tidak? Misal, pelajari cara mengoperasikan Adobe Photoshop, meski Anda sebenarnya berprofesi sebagai seorang marketing manager yang tidak perlu tahu cara mendesain maupun me-layout. Keahlian baru tersebut akan membantu Anda membuat tampilan presentasi yang menarik, sehingga peluang diterimanya ide pun semakin besar. Pada akhirnya, Anda mendapatkan promosi ke posisi baru yang selama ini tidak pernah Anda pikirkan. Atau, mungkin saja hal ini akan membuat Anda menjadi incaran para head hunters yang sedang mencari kandidat potensial.

6. Ingin Mengambil Gelar Master? Coba Pertimbangkan Kuliah Online

Menambah gelar akademis adalah salah satu cara cepat untuk menaikkan posisi Anda di mata perusahaan. Umumnya, perusahaan akan memberikan penyesuaian gaji saat Anda berhasil mendapatkan gelar baru. Sayangnya, jam kuliah sering kali berbentrokkan dengan jam kantor. Beberapa universitas memang telah memiliki kelas sore atau kelas akhir pekan bagi para profesional yang ingin mengambil gelar akademis tanpa mengorbankan pekerjaan harian mereka. Tapi masih ada beberapa kampus yang mengharuskan mahasiswanya untuk kuliah di jam-jam tradisional, seperti pagi dan siang hari. Jika ini terjadi, coba pertimbangkan untuk mengambil kuliah online. Misalnya melalui Haruka Edu yang berpartner dengan beberapa universitas kenamaan seperti President University dan London School of Public Relations. Dengan begini, Anda bisa tetap bekerja sekaligus mengambil gelar master yang sudah dicita-citakan.

7. Tingkatkan Keahlian Anda dengan Mengambil Sertifikasi

Mengambil sertifikat sesuai bidang pekerjaan jelas akan menambah nilai Anda di mata sang bos dan juga perusahaan. Misal, jika Anda adalah seorang profesional di bidang Akuntansi, coba ambil sertifikasi Certified Public Accountant (CPA), CA (Chartered Account), CPMA (Certified Professional Management Accountants) untuk meningkatkan potensi Anda. Sementara mereka yang bergerak di bidang asuransi disarankan untuk mengambil sertifikat di Lembaga Sertifikasi Asosiasi Ahli Asuransi dan Manajemen Indonesia.

Baca juga: Sembilan Strategi agar Mampu Bersaing di Dunia Kerja

Apa pun pekerjaan dan posisi Anda saat ini, ingatlah bahwa orang-orang sukses di dunia ini adalah mereka yang tidak pernah berhenti mempelajari hal-hal baru. Bagaimana, siap berinvestasi untuk diri Anda dan mencapai impian?




« | »
Read previous post:
44144531 - indoor portrait of asian mixed race family
Mengenali Asuransi yang Tidak Hanya Baik, Tapi Juga Benar

Dewasa ini, masyararakat sering keliru mengartikan asuransi. Ada yang tergiur iming-iming ilustrasi return yang tinggi, tanpa melihat manfaat proteksinya. Atau...

Close