Inilah Profesi di Era Digital, Intip Peluang Bisnisnya!

57754977 - asian businessman using the tablet with browsing of internet searching “https://www…” bar on the wall background, internet concept

Berkembangnya dunia digital tak hanya menghadirkan kepraktisan dalam hidup kita, tetapi juga membuka peluang menarik dari segi bisnis maupun karier. Kehadiran smartphone dan komputer tablet bersama segudang aplikasinya membuat dunia seperti dalam genggaman. Membaca berita, mendengarkan musik, mencari beragam informasi, berbelanja. Semua bisa dilakukan dari smartphone kita. Bahkan, bukan tak mungkin menjadikan alat kecil berkekuatan besar ini sebagai alat untuk mendapatkan penghasilan dengan keuntungan menggiurkan. Apa saja karier yang baru muncul di era digital ini? Simak, yuk…

Baca juga: Digital Amnesia, Sindrom Penyakit Baru bagi Kaum Milenial

Apps developer

Ada banyak aplikasi bermanfaat dalam bentuk tools atau game yang dapat menunjang pekerjaan, hobi maupun aktivitas kita sehari-hari. Apps developer adalah orang yang berada di belakang terciptanya aplikasi-aplikasi tersebut. Dalam melakukan pekerjaannya mereka harus mampu membuat spesifikasi program secara detail, menguraikannya ke dalam elemen-elemen sederhana dan menerjemahkannya ke dalam bahasa pemprograman. Untuk itu, apps developer tidak hanya harus memiliki keterampilan dalam pemprograman, perancangan, mengerti metodologi development system, mereka juga harus mampu menemukan solusi jika ada masalah dalam aplikasi.

profesi digital

Search Engine Optimization (SEO) Expert

Berada di halaman depan mesin pencarian seperti Google, Yahoo! Atau Bing saat seseorang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu memberikan banyak keuntungan terutama Anda yang memiliki usaha atau sedang berpromosi. Bukan hal yang mudah bisa berada di halaman tersebut, tapi menjadi mungkin bila SEO expert ikut turun tangan. Karena sudah menjadi tugasnya membangun sistem dan protokol internal yang menjamin semua konten dioptimalkan pada semua platform (seperti website, ponsel, media sosial, atau blog). Seorang SEO expert dituntut untuk menguasai beberapa tools pendukung seperti google analytics dan google adwords.

Social Media Specialist

Keliru jika kita menilai tugasnya hanya seputar mengurusi akun-akun media sosial seperti facebook, twitter, Instagram atau Google+ milik perseorangan atau perusahaan. Mengunggah gambar, tulisan dan merespons komentar hanya sebagian kecil tanggung jawabnya. Terpenting yang dilakukan Social Media Specialist yaitu meningkatkan advocacy brand melalui word of mouth marketing, membangun komunitas, mengamati kompetitor dan mengevaluasinya, serta secara rutin memperbaharui informasi. Siap-siap juga menerima komplain pelanggan dan menjawab dengan baik, sesuai personalitas brand.

Digital Forensics Specialist

Pesatnya perkembangan dunia digital tidak hanya memberi banyak manfaat namun juga membuka peluang terhadap berbagai macam tindak kejahatan di dunia maya. Menyusup ke sistem jaringan komputer tanpa izin dengan tujuan sabotase atau pencurian infromasi penting dan bertransaksi via onlinedengan menggunakan kartu kredit orang lain, adalah beberapa jenis dari kejahatan dunia maya. Di sinilah pakar forensik digital berperan dengan merekonstruksi kejadian berdasarkan fakta-fakta yang ada, seperti jejak elektronik yang ditinggalkan di e-mail, file, spreadsheet, source code dari perangkat lunak dan web browser. Ini salah satu peluang profesi yang menjanjikan di Indonesia, karena belum banyak peminat meskipun bayarannya selangit.

24404515 - young fashion woman sending a message with smart phone

Personal shopper

Niatnya bersenang-senang sambil shopping barang incaran, apadaya jalanan yang macet dan sulitnya mencari tempat parkir kosong di mal bikin mood kita ngedrop. Rasanya waktu yang terbuang lebih banyak di jalanan, bukan di toko favorit kita.Tapi tenang, ada pelayanan yang bisa membantu kita mengatasi masalah ini: personal shopper.

Tidak hanya barang-barang yang dijual di kota tempat kita tinggal, mereka bisa membantu kita mendapatkan barang yang dijual di luar negeri sekalipun. Ada banyak personal shopper yang dengan mudah bisa kita cari di internet seperti @bugabeebaby, @giokpersonalshopping, www.prodirectsoccer.com, dll. Dengan membayar mulai Rp25.000 atau 5% dari harga barang, pelanggan hanya perlu duduk manis menunggu barang yang mereka inginkan datang.

Selain dari biaya jasa yang dikenakan setiap transaksi, personal shopper juga dapat mengambil keuntungan dari selisih kurs dollar. Selain itu, bukan tidak mungkin dari personal shopper menjadi distributor suatu produk luar negeri, baik pakaian atau makanan. Satu tantangan dari profesi ini yaitu birokrasi yang kompleks untuk pengurusan pajak atau izin masuk.

Digital content writer

Anda yang senang menulis atau yang selama ini bekerja sebagai penulis di media cetak, menjadi penulis konten bisa jadi pilihan profesi, terlebih Anda yang ingin menjadi pekerja lepas. Tidak berbeda dengan menulis artikel di media cetak, hanya saja sebagai penulis di media digital Anda sebaiknya menguasai SEO Onpage optimization. Untuk menjadi penulis konten Anda bisa berdiri sendiri atau bergabung dalam biro jasa penulisan konten.

Baca juga: Optimasi Profil LinkedIn dan Dapatkan Pekerjaan Impian

Digital Content Photographer

Begitu juga bagi Anda yang menyukai dunia fotografi. Selain untuk kepuasan diri, hasil jepretan Anda bisa dikomersialkan. Apalagi dengan berkembangnya bisnis e-commerce, kebutuhan akan fotografer terbilang tinggi. Karena untuk menarik perhatian pelanggan pengguna internet, tampilan yang menggugah selera menjadi sangat penting. Bayarannya pun cukup menggiurkan, rata-rata digital content photographermemasang tarif Rp 50.000 –Rp 100.000/item untuk foto produk dan tambahan biaya lagi bila menggunakan model. Semakin tinggi tingkat kesulitan, semakin besar biaya jasanya.

Anda bisa memancing klien dengan memamerkan hasil foto-foto Anda di media sosial atau menawarkan jasa kepada media digital atau toko online. Kalau tidak mau pusing mencari klien, perusahaan penyedia jasa foto digital bisa jadi tempat Anda bersandar.

Tertarik bekerja di dunia digital? Kenali dan gali potensi Anda, kemudian berkaryalah!




« | »
Read previous post:
nyaman di kendaraan selama mudik lebaran
Tips Mudik Ramah Anak: Jalur Darat, Laut dan Udara

Lebaran sebentar lagi. Saatnya mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga besar. Segala persiapan mudik dilakukan, terutama jika Anda...

Close