Ini Untungnya Memilih Asuransi Jiwa Keluarga yang Mudah Prosesnya

ilovelife

Proses yang rumit dan lama kadang membuat orang enggan untuk membeli asuransi jiwa untuk keluarga. Maklum, membeli produk asuransi jiwa untuk satu orang saja, biasanya membutuhkan waktu lama. Apalagi kalau membeli asuransi jiwa untuk keluarga. Itu sebabnya, orang cenderung lebih memilih asuransi untuk diri pribadi ketimbang untuk keluarga.

Padahal, nasabah bisa menyiasati hal ini dengan mencari asuransi jiwa yang syaratnya mudah. Ini beberapa cara dan keuntungan membeli asuransi jiwa untuk keluarga yang mudah.

1. Membeli secara online atau lewat telemarketing

Saat ini, perusahaan asuransi tak hanya menjangkau nasabah melalui tenaga pemasar. Mereka juga mulai memasarkan produknya secara online atau melalui telemarketing. Kelebihan membeli asuransi secara online ialah, nasabah bisa menghemat waktu dan dapat dilakukan di mana saja.

Menurut Rakhmi Permatasari, perencana keuangan Safir Senduk & Rekan, biasanya produk asuransi yang dipasarkan melalui telemarketing atau online memiliki proses persetujuan yang mudah. “Namun nasabah tetap perlu memantau produk yang dibeli. Jangan sampai karena prosesnya mudah, nasabah tidak tahu isi polis,” ujar Rakhmi kepada tim ilovelife.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Dana dalam Asuransi agar Investasi Unit Link Anda Optimal

Jika kita mengunjungi suatu situs, biasanya ada iklan di situs tersebut yang menyambungkan kita ke produk asuransi. Atau, nasabah juga bisa mengunjungi situs perusahaan asuransi yang bersangkutan dan membeli produk yang ada di situs tersebut. Cara lainnya, asuransi yang ditawarkan secara online ini bisa juga merupakan gimmick atau hadiah dari suatu transaksi online.

Biasanya, produk yang ditawarkan secara online ialah asuransi jiwa sederhana. Namun di Astra Life, Anda bisa menemukan asuransi jiwa dan asuransi lainnya sesuai kebutuhan Anda seperti yang ditawarkan lewat ilovelife.co.id. Karena menawarkan produk secara online, maka proses dan syarat yang dibutuhkan pun lebih sederhana dibandingkan dengan asuransi konvensional yang dijual melalui tenaga penjual. Selain menjual asuransi jiwa, ilovelife.co.id juga menyediakan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Pilih premi dan manfaat yang sederhana

Premi yang dibayarkan oleh nasabah akan sebanding dengan manfaat dan Uang Pertanggungan (UP) yang diperoleh. Dengan membeli asuransi jiwa yang memiliki manfaat dan UP yang sederhana, umumnya persyaratan yang dibutuhkan juga tidak sekompleks jika nasabah membeli asuransi dengan manfaat dan UP maksimal.

Ambil contoh, jika nasabah membeli asuransi jiwa dengan UP di bawah Rp 200 juta, umumnya perusahaan asuransi tidak mensyaratkan tes kesehatan terlebih dahulu. Berbeda halnya jika nasabah membeli produk asuransi dengan UP hingga Rp 5 miliar, misalnya, perusahaan asuransi umumnya mensyaratkan tes kesehatan.

Rakhmi berpendapat, asuransi dengan UP rendah memang memerlukan proses yang sederhana pula. Karena, semakin kecil UP yang dibayarkan, semakin rendah risiko yang harus ditanggung oleh perusahaan asuransi. “Tapi yang perlu disadari, apakah UP tersebut cukup? Jika tidak cukup, nasabah harus mengutamakan asuransi yang menjawab kebutuhannya,” terang Rakhmi.

3. Pilih satu produk yang mencakup sekeluarga

Untuk meminimalisir waktu dan proses, nasabah juga dapat memilih satu produk asuransi jiwa dengan manfaat dan UP untuk seluruh keluarga. Jadi, nasabah hanya meluangkan waktu sekali saja untuk mengurus proses pembelian asuransi.

Biasanya, premi perorangan yang dibayar pada asuransi keluarga lebih murah ketimbang premi asuransi pribadi. Menurut Rakhmi, hal ini disebabkan risiko yang terdapat pada asuransi keluarga terdistribusi sehingga premi yang dibayar “terlihat” lebih murah.

Ambil contoh seorang ayah berusia 40 tahun membayar premi asuransi kesehatan Rp500.000 per bulan. Tentu berbeda dengan anak usia 5 tahun atau 10 tahun yang memiliki premi lebih murah. Ketika digabungkan, maka premi yang dibayarkan setiap orang menjadi lebih murah ketimbang asuransi pribadi. “Kemudian, asuransi keluarga juga memiliki biaya administrasi yang lebih murah karena perusahaan asuransi dapat mengurus administrasi seluruh anggota keluarga secara berbarengan,” lanjut Rakhmi.

Baca juga: Halo Keluarga Baru, Hindari 7 Kesalahan Ini dalam Menyusun Keuangan Keluarga

Untuk memudahkan nasabah, saat ini Astra Life juga menghadirkan produk-produk asuransi jiwa dengan proteksi individu atau untuk seluruh anggota keluarga. Produk-produk ini dapat dibeli secara online dengan syarat sederhana, di mana nasabah dan tertanggung cukup menyatakan health declaration yang sederhana pada kolom isian. Semakin banyak tertanggung yang dilindungi dalam suatu polis, semakin murah pula premi yang dibayar. Tak berhenti sampai di situ, nasabah juga dapat memilih opsi pengembalian premi atau tanpa pengembalian premi.

4. Pilih produk dengan manfaat yang tidak tumpang tindih

Ada kalanya, seorang nasabah sudah memiliki asuransi jiwa yang memproteksi dirinya pribadi. Atau, ada pula nasabah yang sudah memiliki asuransi jiwa ketika ia mengambil kredit di bank. Dalam contoh lain, ada pula nasabah yang memperoleh asuransi jiwa dan tunjangan kesehatan bagi keluarga dari tempatnya bekerja.

Jika sudah mempunyai fasilitas seperti itu, nasabah bisa saja membeli asuransi jiwa tambahan untuk seluruh keluarga yang manfaatnya tidak tumpang tindih dengan asuransi yang sudah ada. Contoh, jika suatu keluarga sudah dilindungi oleh tunjangan kesehatan dari kantor, maka tak ada salahnya jika nasabah hanya membeli asuransi jiwa murni untuk keluarga, di mana produk tersebut tidak terkait dengan asuransi kesehatan.

5. Pilih perusahaan asuransi dengan layanan yang prima

Selain membeli secara online, nasabah tetap dapat membeli asuransi jiwa untuk keluarga dengan mudah melalui bantuan agen pemasar. Rakhmi mengatakan, jika usia nasabah masih di muda dan tidak memiliki riwayat penyakit sebelumnya, umumnya proses pembelian asuransi melalui agen pemasar pun cukup mudah. Yang perlu dilakukan oleh nasabah ialah menggali sebanyak mungkin mengenai produk yang ditawarkan.

Baca juga: Mengenali Asuransi yang Tidak Hanya Baik, Tetapi Juga Benar

Perusahaan asuransi yang baik juga memiliki customer service yang bisa diandalkan, misalnya beroperasi setiap hari. Customer service yang baik akan menerangkan plus minus produk yang ditawarkan serta memberi masukan mengenai kebutuhan Anda dengan solusi produk yang ditawarkan. Customer service juga akan membantu Anda selama proses pembelian dan memiliki tingkat pemahaman produk yang dalam.

Dengan mengetahui langkah-langkah di atas, semoga Anda bisa memberikan asuransi jiwa untuk seluruh anggota keluarga. Jika sesuatu terjadi di masa mendatang, Anda tak perlu khawatir karena Anda #UntungSiap dan telah melindungi diri dengan asuransi Astra Life.

Segera dapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan proses yang mudah di ilovelife.co.id. Sekarang adalah saat yang tepat untuk membeli asuransi lewat ilovelife.co.id karena Anda bisa memperoleh perlindungan dari asuransi sekaligus berbagai hadiah menarik, dari iPhone 7 sampai tiket pesawat ke Korea lewat 120 Jam Flash Sale.

120 Jam Nonstop Flash Deal ini hanya untuk Anda yang #UntungSiap. Yuk, dapetin berbagai hadiah seru yang bisa diraih mulai 12 Juni 2017 Pukul 00:00 hingga 16 Juni 2017 Pukul 23.59. Cek ke sini untuk tahu info selengkapnya.

Saatnya Jalani Mimpi dengan memproteksi keluarga tercinta melalui asuransi.




« | »
Read previous post:
keto diet
Cara Seru Jalani Pola Makan Ketogenik Sambil Berpuasa

Mendambakan badan sehat dan ramping jelang hari raya Lebaran? Tetap ingin makan enak tanpa takut berat badan bertambah? Jika iya,...

Close