Ini Dia Bisnis yang Prospektif di Tahun Ayam Api 2017

tahun ayam api

Memasuki tahun 2017, berarti sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun Monyet Api dan beralih ke tahun Ayam Api yang akan dimulai pada tanggal 28 Januari 2017 hingga 15 Februari 2018. Berdasarkan kalender perhitungan China, elemen api yang dibawa oleh ayam diyakini akan membawa kehangatan dan ketenangan batin dalam aspek kehidupan.

Jika Anda sudah menyiapkan resolusi tahun baru, tak ada salahnya mengintip peluang ekonomi, bisnis, dan finansial di tahun Ayam Api 2017 agar Anda dapat menyusun strategi secara tepat. Berikut peluang yang dapat Anda manfaatkan di tahun Ayam Api.

1. Pergerakan ekonomi sebagai dampak tax amnesty

Bagi Anda yang selama ini belum mengklaim aset tidak bergerak seperti rumah dan tanah, aset bergerak seperti kendaraan, dan harta berupa deposito, investasi, maka kebijakan tax amnesty yang diberikan pemerintah merupakan angin segar yang dapat Anda manfaatkan untuk mendeklarasikan harta dan aset. Dengan mengklaim, kita akan menjadi wajib pajak yang baik dan akan terhindar dari risiko terkena denda administrasi sebesar 200% dari pajak penghasilan (PPh) yang kurang atau tidak dibayar.

Baca juga: Tax Amnesty, Keuntungan Pajak bagi Pelaku Usaha

Selain memanfaatkan kebijakan ini secara pribadi, pemberlakuan tax amnesty juga membuat dana repatriasi, atau aliran dana dari luar negeri ke dalam negeri, meningkat. Menurut Andreas Freddy Pieloor, perencana keuangan independen dari MoneyNLove, aliran dana repatriasi ini akan menggerakkan ekonomi. Hal ini bisa terlihat dari aliran dana yang masuk ke pasar modal dan sektor infrastruktur. “Ekonomi tahun depan yang bertumbuh didorong oleh pembangunan infrastruktur yang menghubungkan beberapa titik kota sehingga menggerakkan perekonomian,” ujar Freddy kepada tim ilovelife.

Perekonomian yang menggeliat ini sejalan dengan sifat shio ayam yang merupakan salah satu dari 10 shio penting di zodiak China. Shio Ayam ini sarat akan sifat jeli, teliti, pekerja keras, banyak akal, pemberani, sangat percaya diri dan berbakat. Sifat ayam yang selalu mulai berkokok di pagi hari juga menyimbolkan semangat kerja keras yang tak pernah putus. Maka, beberapa situs shio memprediksi bahwa tahun depan akan banyak orang yang menambah jam kerja. Sifat ayam yang tak takut bertarung juga mencerminkan semangat kompetisi yang kental di tahun mendatang. Agar dapat sukses melewati tantangan ini, kita harus lebih banyak menyusun strategi yang tepat baik dalam karier, usaha, maupun keuangan.

51732458 - mortgage loading and property document concept for real estate

2. Harga murah di sektor properti

Pasokan berlebih atau over supply yang terjadi di sektor properti membuat harga rumah hunian stagnan beberapa tahun ke depan. Menurut Freddy, kondisi perlambatan di sektor properti ini bukan hanya terjadi di rumah tapak, tapi juga di apartemen, rumah toko, dan gedung perkantoran.

Dari sisi konsumen, tentu kondisi ini menguntungkan karena Anda dapat membeli hunian yang pas dengan bujet Anda, tanpa mengesampingkan prospek kawasan tersebut. “Sebuah kawasan properti disebut prospektif jika didukung oleh akses yang cukup baik seperti jalan besar atau terdapat akses jalan tol, serta penduduk di kawasan tersebut banyak sehingga lingkungan tersebut hidup,” tutur Freddy.

Menurut salah satu situs shio, real estate memang termasuk salah satu bisnis yang masih lemah tahun depan. Selain itu, beberapa bisnis lainnya yang kurang bergairah di tahun 2017 antara lain bisnis pertunjukkan, energi, dan farmasi.

3. Bisnis barang konsumer masih mendominasi

Bagi Anda para pebisnis, sektor barang konsumer atau consumer goods masih menjadi primadona di tahun 2017. Beberapa sektor yang dinilai Freddy prospektif adalah pendidikan, layanan kesehatan, ritel kebutuhan pokok, gerai kecantikan, dan transportasi.

Bisnis berbasis online juga masih tumbuh pesat tahun depan, seiring dengan banyaknya penduduk Indonesia yang memiliki gadget serta biaya komunikasi yang semakin murah. “Yang perlu diperhatikan ketika kita melakukan bisnis berbasis online adalah menjaga kualitas. Kunci bisnis online ialah membangun hubungan baik dengan pelanggan,” papar Freddy. Penting pula untuk pebisnis online agar fokus dan tidak menjadikan bisnis online sebagai sampingan agar bisnis dapat bertahan lebih dari enam bulan.

Sementara itu, beberapa situs mengenai shio memaparkan bahwa bisnis yang berorientasi pada unsur elemen logam, air, dan kayu akan menguntungkan di tahun Ayam Api 2017. Apa sajakah itu? Bisnis yang berorientasi pada unsur elemen logam misalnya mobil, penerbangan, bahan bangunan, pertambangan, dan jasa keamanan. Sementara bisnis yang berorientasi pada unsur elemen air misalnya perbankan, keuangan, ekspor impor, minuman, memancing, travel, dan logistik. Adapun bisnis yang berorientasi pada unsur elemen kayu misalnya pakaian, sepatu, kehutanan, pertanian, dan pengobatan herbal.

4. Februari dan Maret adalah waktu yang tepat masuk ke pasar saham

Sementara dari segi investasi, Freddy menilai tahun 2017 pasar saham masih akan stagnan. Namun, bagi Anda yang berorientasi pada investasi jangka panjang, tak ada salahnya untuk masuk ke pasar saham dimulai pada bulan Maret.

Sebuah situs mengenai shio juga menilai bulan Februari, Maret, April, Mei, Oktober, November, Desember, dan Januari 2018 merupakan bulan yang baik bagi investor untuk masuk ke pasar saham. Sementara untuk bulan Juni, Juli, Agustus, dan September merupakan bulan yang kurang baik bagi investor untuk berinvestasi saham.

5. Usaha bersama lebih prospektif

Ayam jantan merupakan binatang komunal yang gemar berkumpul bersama kawanannya. Itu sebabnya, tahun 2017 diyakini akan memberikan peluang terbaik bagi bisnis yang dijalankan secara bersama-sama dengan mitra strategis. Ini juga menjadi peluang bagus bagi Anda yang ingin menjalin kerjasama baru di tahun 2017.

6. Pentingnya melakukan strategi tepat waktu

Salah satu ciri khas ayam yang paling melekat kuat ialah kebiasaannya untuk bangun dan berkokok di pagi hari. Kebiasaan ini mencerminkan komitmen dan ketepatan waktu dalam menjalankan sesuatu. Komitmen, fokus, dan tepat waktu juga penting untuk diterapkan dalam karier, bisnis, atau finansial agar dapat mendulang sukses di tahun Ayam Api 2017.

7. Waspada terhadap dinamika politik

Freddy memprediksi, kondisi politik yang memanas di akhir tahun 2016 masih akan berlangsung hingga ke tahun 2017. Karena itu, kita harus waspada dan menghindari diri terlibat pada aktivitas politik yang tidak sehat, yang pada akhirnya akan merugikan karir, usaha, dan finansial kita.

Sebuah situs shio menjelaskan, kondisi politik yang memanas ini sejalan dengan sifat ayam jantan yang kerap memamerkan kekuasaannya. Dalam kehidupan nyata, kondisi politik yang memanas tercermin dalam maraknya aksi demonstrasi. Bagi Anda para pelaku usaha, ini dapat menjadi pertimbangan Anda ketika ingin melakukan ekspansi atau pindah tempat usaha. Sementara bila dihubungkan dengan keuangan personal, sikap hati-hati dan teliti dalam mengelola keuangan akan menjadi kunci sukses kita dalam mengarungi tahun 2017.

Setelah mengetahui peluang dan tantangan di tahun 2017, semoga Anda dapat menyusun strategi yang tepat untuk karir, bisnis, dan finansial Anda di tahun Ayam Api. #AyoLoveLife dengan memasuki tahun baru dengan strategi baru.




« | »
Read previous post:
bidan vs dokter
Cek Kehamilan dan Melahirkan, Sebaiknya Pilih Dokter Kandungan atau Bidan?

Ketika akhirnya alat tes kehamilan menunjukkan tanda “+”, hati Anda pun diliputi kegembiraan. Dalam hati Anda berjanji pada diri sendiri...

Close