Ingin Merdeka dari Masalah Keuangan? Lakukan Financial Check-Up!

financial-health-check1

Yang namanya masalah keuangan pastilah sering dialami siapa pun. Beberapa masalah keuangan yang paling popular misalnya, jumlah utang yang harus dilunasi lebih besar dari jumlah pemasukan atau defisit keuangan akibat pengeluaran yang terlalu jor-joran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah di atas adalah melakukan financial check up.

Financial check up? Betul. Seperti juga kesehatan Anda yang butuh pemeriksaan secara berkala, keuangan pribadi Anda juga membutuhkan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui kondisinya. Dengan melakukan financial check up, Anda bisa langsung tahu bila ada masalah keuangan, jadi bisa langsung diselesaikan tanpa membuat kondisi keuangan Anda tambah buruk.

Orang yang mengerti pentingnya financial check up biasanya melakukan hal ini secara periodik. Ada yang melakukannya sekali setiap tahun, setiap enam bulan, atau bahkan setiap bulan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun terkesan ngejelimet dan Anda harus mengumpulkan semua kuitansi atau bon belanja, manfaat dari financial check up tidak bisa dipandang sebelah mata.

Cara melakukan financial check up ini berbeda-beda, tergantung orangnya. Namun biasanya akan memeriksa tiga hal ini: aset, utang atau kewajiban, total pendapatan dan pengeluaran, dan total tabungan. Aset misalnya barang atau benda yang Anda miliki, sementara utang atau kewajiban misalnya aneka cicilan mulai dari kredit Pembelian Rumah (KPR), cicilan kartu kredit, premi asuransi, tunjangan untuk orang tua dan lain sebagainya.

Nantinya kesehatan keuangan Anda akan dilihat berdasarkan tiga rasio penting yaitu saving ratio, debt service ratio, dan liquidity ratio. Saving ratio adalah tabungan yang disisihkan dari penghasilan. Sementaradebt service ratio menunjukkan bagian penghasilan yang harus dikeluarkan untuk membayar hutang danliquidity ratio memberikan informasi dana yang Anda miliki .

Bagaimana Anda tahu kalau keuangan Anda sehat?

Cara yang paling jelas adalah jumlah utang yang Anda miliki tidak lebih dari 30 persen dari total pendapatan Anda, dan total pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan yang Anda terima! Keuangan akan lebih sehat lagi jika Anda ternyata memiliki aset, investasi dan tabungan yang selalu bertambah setiap kali financial check up dilakukan.

Baca juga: Lima Keuntungan yang Bisa Diraih Saat Krisis Moneter

Berikut enam keuntungan Anda melakukan financial check up secara rutin:

1. Mengetahui Cash Flow Keuangan Pribadi

Melakukan financial check up akan membantu Anda mengetahui kemana saja uang Anda mengalir. Anda tidak perlu kebingungan di akhir bulan karena defisit dan bertanya-tanya “Kok baru gajian sudah habis?”

Saat ini untuk mengelola keuangan biasanya banyak orang yang menggunakan aplikasi dari telepon pintar atau smartphone. Misalnya dua aplikasi pengatur keuangan untuk Android yaitu Mint dan Expense Manager. Kedua aplikasi itu bisa menolong Anda mengontrol pengeluaran, melakukan estimasi anggaran baik per hari, per minggu atau per bulan dan juga didukung dengan fasilitas excel, sehingga mudah untuk Anda berkalkulasi. Bukan hanya membantu untuk mengelola keuangan pribadi, aplikasi ini juga bisa membantu Anda saat melakukan finansial check up. Financial check up akan memberi informasi kalau Anda menghabiskan uang untuk hal yang penting atau kebutuhan tidak berguna sehingga Anda akan lebih hati-hati.

2. Menghindari Pengeluaran Tak Perlu

Financial check up akan membantu Anda memotong anggaran untuk pos yang tak perlu. Sehingga Anda bisa mengalokasikan dana tersebut ke tempat yang lebih penting atau ditabung untuk kebutuhan dadakan. Misalnya setiap bulan Anda selalu menghabiskan uang yang cukup banyak untuk nongkrong di cafe atau warung kopi kesayangan bersama teman-teman. Financial check up akan memberi informasi kalau dana yang dipakai ngopi sebenarnya cukup menutup iuran asuransi pendidikan anak. Mau tidak mau Anda akan mulai berpikir mengurangi aktivitas tersebut.

3. Membantu Merencanakan Masa Depan

Membeli rumah, mobil atau investasi merupakan rencana masa depan bagi banyak orang. Nah, financial check up akan membantu Anda mengapai impian tersebut. Dengan financial check up, Anda akan tahu apakah kondisi keuangan bisa memungkinkan untuk membeli rumah sesuai target, atau Anda harus mengambil pinjaman dari tempat lain. Seandainya perlu melakukan pinjaman,financial check up akan memberikan informasi kapan Anda mampu melunasi pinjaman tersebut.

Baca juga: 5 Hal Finansial yang Harus DIbicarakan Sebelum Menikah

4. Bisa Meramalkan Kondisi Keuangan Masa Depan

Betul, financial check up ternyata bisa meramal kondisi keuangan masa depan Anda. Dengan financial check up, Anda bisa tahu berapa bulan Anda bisa bertahan bila kebetulan Anda kehilangan pekerjaan, karena yang dihitung dalam financial check up termasuk total asset dan tabungan yang Anda miliki.

Financial check up akan menyadarkan kalau Anda tidak punya apa-apa bila hal buruk terjadi, sehingga Anda bisa hati-hati dan mempersiapkan diri. Jadi kalau pun tiba-tiba jobless, Anda tetap merdeka dari kekhawatiran kalau Anda tidak memiliki uang dan masa depan lagi.

5. Hati-Hati Mengeluarkan Uang

Istilah boros biasanya kurang tepat bagi sebagian orang yang gemar menghamburkan uang. Kemungkinan besar mereka melakukan hal itu karena tidak tahu bahwa mereka sedang terancam bangkrut.

Nah, dengan financial check up, Anda akan lebih hati-hati mengeluarkan uang secara jor-joran karena sudah mengetahui pos-pos pengeluaran apa saja yang harus dipenuhi. Anda juga akan berpikir panjang bila ingin mengeluarkan uang di luar rencana karena khawatir pos kebutuhan utama belum terpenuhi.

6. Warning Mencari Pekerjaan Tambahan atau Meminta Promosi

Saat melakukan financial check up, Anda bisa mengetahui secara gamblang apakah gaji cukup untuk menutupi semua kebutuhan atau Anda mengalami defisit setiap bulan? Kalau pun mengalami defisit, apakah jumlahnya terlalu besar? Dari mana Anda menutupi kekurangan tersebut?

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari financial check up, Anda bisa mulai berpikir untuk mencari pekerjaan tambahan, atau berusaha mendapatkan promosi atau bonus perusahaan untuk tambahan pendapatan.

Financial check up merupakan hal penting yang harus dilakukan setiap orang demi menyehatkan kondisi keuangan mereka. Dengan melakukan financial check up secara rutin, Anda bukan saja terbebas dari masalah keuangan, tetapi juga bisa merdeka dari kekhawatiran bila terjadi sesuatu pada keuangan Anda.

Baca juga: Menjadi Karyawan Kontrak Bukan Berarti Karir Mentok




« | »
Read previous post:
julianto
Julianto Eka Putra, Mendirikan Sekolah Gratis Penghasil Entrepreneur Muda

Kekayaan dan kesuksesan karier tak cukup untuk memuaskan Julianto Eka Putra. Di suatu titik, ia merasa, tak ada lagi hal...

Close