Ingin Menambah Uang Tabungan? Pilih Satu dari 7 Second Pocket Ini

Bekerja tapi kebutuhan masih belum bisa dipenuhi? Jawabannya adalah second pocket atau income tambahan. Apa saja pilihannya yang masih bisa di-manage meski Anda bekerja full time? Berikut kami rekomendasikan untuk Anda:

1. Transportasi berbasis online

Menjadi driver lepas dari sarana transportasi online sudah jamak dilakukan beberapa tahun belakangan ini. Anda yang memiliki kendaraan pribadi, baik itu motor atau mobil, bisa pula memperoleh penghasilan tambahan di sana. Toh, Anda tidak perlu benar-benar fokus ke pekerjaan yang satu ini. Cukup meluangkan waktu sebelum ke kantor atau pulang ke rumah pada malam hari, Anda bisa memperoleh tambahan penghasilan dari pekerjaan ini.

Penyedia jasa transportasi online ini biasanya membuka rekruitmen secara terbuka, biasanya bisa diketahui dari situs resmi mereka. Beberapa bahkan sudah menyediakan platform online untuk mendaftar menjadi driver. Jadi, jangan segan dicoba.

Baca juga: Inilah Peluang Investasi Prospektif Tahun 2017

2. Guru privat

Anda lihai dalam pelajaran hitungan, atau menguasai bahasa lain, seperti Jepang, Korea, Mandarin, Prancis, atau Inggris. Bila ya, pekerjaan sambilan yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Misalnya saja untuk pelajaran berhitung atau matematika, Anda dapat menjadi guru privat bagi anak sekolah. Bisa pula Anda menjalani pekerjaan sambilan sebagai guru bahasa Indonesia, untuk para pekerja ekspatriat. Cukup meluangkan waktu di akhir pekan atau malam saat pulang kerja, penghasilan cukup besar bisa Anda bawa pulang.

Untuk mendapatkan klien, Anda tentu harus rajin berpromosi. Gunakan saja media sosial atau media komunikasi yang Anda miliki. Bila memiliki Facebook, Anda bisa bergabung dengan komunitas guru privat yang biasanya menyediakan info-info lowongan.

3. Penulis lepas

Bila kedua pekerjaan lepas sebelumnya dilakukan sebelum atau sesudah waktu kerja dan berada di tempat berbeda, di sini Anda bisa melakukannya di sela-sela pekerjaan kantor atau di kamar tidur. Ya, sebagai penulis lepas, Anda bisa melakoninya kapan saja, asal Anda dapat mengatur waktu dengan baik, sehingga tidak mengganggu waktu kerja utama Anda. Apalagi kini bermunculan sejumlah perusahaan yang menawarkan jasa sebagai wadah bagi penulis lepas memperoleh proyek, misalnya saja getcraft.com, sibulancer, atau freelancer.com. Manfaatkan juga profil LinkedIn Anda dengan menambahkan pekerjaan dan skill tersebut.

Baca juga: Optimasi Profil LinkedIn dan Dapatkan Pekerjaan Impian

4. Party planner

Anda memiliki sedugang ide dan suka berkreasi? Bila iya, pekerjaan lepas yang satu ini akan sangat cocok untuk Anda. Di sini, Anda bisa bekerja sendiri atau menjalaninya bersama beberapa teman. Untuk menjadi seorang party planner, Anda cukup perlu tahu tema acara apa yang tengah in atau menjadi tren saat ini. Selain itu, Anda perlu meluangkan waktu untuk berdiskusi dengan calon klien mengenai tema yang diinginkan dan detail acara.

Untuk memperoleh calon klien, Anda bisa mengunduh foto rancangan pesta yang pernah dikreasikan melalui Instagram atau Pinterest. Bisa juga bertemu calon klien melalui platform Bridestory.

5. Pendongeng

dongeng

Bila Anda jeli, beberapa tahun terakhir ini, semakin marak acara yang bertemakan dongeng. Sebut saja Festival Dongeng Internasional Indonesia yang digelar pada November 2016, di Museum Nasional. Kegiatan mempopulerkan dongeng kembali ini bisa juga Anda jadikan sebagai alternatif second pocket. Seperti yang dilakukan Andhini, salah satu pegawai swasta di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan.

“Saya sudah beberapa kali menjadi pendongeng di acara ulang tahun anak atau ikut dalam festival,” kata Andhini saat diwawancarai tim ilovelife. “Penghasilannya cukup menjanjikan, antara Rp1,5 hingga Rp4 juta sekali pentas.”

Bagaimana, menarik bukan?

6. Garage sale

Nah, untuk Anda yang gemar belanja tentu memiliki banyak koleksi di rumah, bukan? Seperti baju, sepatu, pernak-pernik, ataupun mainan. Ketimbang isi lemari atau barang di rumah terlalu penuh, Anda bisa menjadikan “harta karun” tersebut sebagai sumber penghasilan tambahan pula. Caranya mudah, cukup menggelar garage sale di halaman rumah Anda, atau ikut bazaar vintage yang diadakan di kota Anda.

Untuk di Jakarta, Anda bisa mendaftar sebagai anggota Gudang Sarinah Ekosistem. Sebab hampir sebulan sekali, tergelar Pasar Tumpah Ruah. Bila tidak sempat mengikuti ajang garage sale, cukup akses internet dari gadget Anda, dan titip barang yang akan dijual melalui situs jual beli barang. Selain lemari dan rumah tidak lagi penuh, Anda bisa juga memperoleh tambahan uang dengan cukup mudah.

7. Bisnis lewat marketplace atau media sosial

Lalu bagaimana dengan Anda yang memiliki hobi kerajinan tangan, seperti membuat pernak-pernik atau kue, namun tidak memiliki waktu untuk menjualnya? Marketplace atau media sosial bisa menjadi jawabannya. Coba saja potret hasil kerajinan tangan Anda dan mengunggahnya di Instagram, Facebook, atau situs marketplace seperti Bukalapak maupun Tokopedia. Dengan kata kunci atau hastag yang tepat, foto Anda akan mudah ditemukan banyak pengguna media sosial atau marketplace tersebut. Tanpa perlu keluar rumah atau memiliki gerai, Anda bisa mendulang pendapatan tambahan.

Baca juga: Kudo, Memudahkan Akses E-Commerce bagi Warga di Pedesaan dan Wilayah Terpencil

Itulah 7 lahan second pocket yang bisa Anda lakoni. Kira-kira, manakah yang cocok untuk Anda?




« | »
Read previous post:
resolusi finansial
7 Langkah Finansial Agar Resolusi Bisa Terealisasi

Saat liburan akhir tahun, kita kerap menyusun daftar resolusi yang akan kita lakukan tahun depan. Resolusi ini dapat berupa hal...

Close