Diet Jalan Terus, Liburan Tetap Seru

Young woman having breakfast in the garden on a summer day

Liburan dan diet bersahabat? Liburan yang identik sebagai ajang balas dendam untuk menikmati berbagai makanan sepuasnya kerap menjadi momok bagi Anda yang menjalankan diet sehat. Tidak kebayang diet sehat berganti dengan kenaikan berat badan seusai liburan. Tidak ingin momok itu kejadian kan? Ini tips diet sehat jalan terus saat liburan.

Awali pagi di liburan Anda dengan berolahraga. Saat menginap di hotel sebaiknya manfaatkan fasilitas olahraga seperti kolam renang atau pusat kebugaran. Anda bisa berenang atau treadmill sekitar 30 menit sebelum memulai berpetualangan. Tidak adanya fasilitas olahraga, Anda masih bisa olahraga ringan seperi jogging di pelataran penginapan. Olahraga tidak hanya menjaga diet Anda, melainkan juga menjaga stamina badan agar tidak cepat lelah selama liburan.

Serunya liburan dapat diisi dengan kegiatan fisik seperti menyelam, arung jeram menyusuri sungai, berkuda di perkebunan, dan lainnya. Keseruan lainnya bisa datang dari destinasi yang menambah pengetahuan seperti wisata museum, wisata upacara adat, hingga wisata religi. Padatnya kegiatan ini bisa mengalihkan pikiran dari makanan. Anda akan sibuk dengan rasa penasaran dan tertarik dengan pengalaman baru yang diperoleh dari kegiatan dan destinasi seru tadi.

Jangan sampai banyaknya kegiatan liburan bikin Anda lupa makan. Sarapan tetap wajib hukumnya saat liburan. Dengan disiplin makan sesuai waktunya, porsi makan justru tetap terjaga. Terlambat makan hanya akan menumpuk rasa lapar dan menghabiskan lebih banyak energi. Tentunya Anda tidak mau jatuh sakit kan saat liburan?

Panjangnya perjalanan saat liburan sering menghilangkan kesempatan untuk singgah di rumah makan. Oleh karenanya, siapkan selalu cemilan sehat di tas. Cemilan sehat bisa berupa buah segar maupun buah kering, keripik sayur, atau kacang-kacangan. Kunyah perlahan cemilan sehatnya, karena bisa membantu pencernaan untuk kenyang dalam waktu cukup lama.

Padatnya destinasi saat liburan malah mengharuskan tubuh untuk istirahat cukup, yaitu 6-8 jam. Saat tidur, terjadi regenerasi sel-sel tubuh. Selain itu, tidur yang cukup bisa menjauhkan tubuh dari penyakit. Tidak cukup waktu untuk tidur malam?. Bukan masalah, selama Anda bisa curi-curi waktu di siang maupun sore hari untuk tidur sebentar namun berkualitas (deep sleep).

Terakhir, berpikir positif dan rileks selama liburan pun menjadi hal penting dalam menjaga diet. Pikiran dan tubuh yang rileks mampu menangkal energi negatif. Sehingga Anda tetap berkesadaran untuk menjaga kesehatan selama liburan.

Mudah kan menjaga diet selama liburan?. Dengan niat yang sungguh-sungguh di awal, anda bisa tetap diet sehat sambal menikmati liburan. Jika perlu menguatkan niat tersebut, ajak rekan berlibur Anda untuk bersama-sama berdiet sehat selama liburan. Pulang liburan bawa kenangan indah dan berat badan tetap terjaga.




« | »
Read previous post:
565-x-350-yasa
Yasa Singgih, Sukses Bersaing di Pasar Fashion Asia Umur 20 Tahun

Kesuksesan bisa diraih oleh setiap orang, tentunya dengan usaha dan ketekunan yang mengiringi, hal tersebut juga berlaku kepada Yasa Singgih....

Close