Destinasi Nusantara yang Bakal Jadi Favorit di 2017 versi Travel Blogger

Libur nasional tahun 2017 resmi dikeluarkan oleh pemerintah. Terhitung ada 20 hari libur nasional sepanjang tahun 2017. Tentunya jumlah hari libur ini sangat menggoda terutama bagi Anda pecinta traveling. Kesempatan berpetualang ke pelosok Indonesia semakin besar.

Kemudian Anda bingung menentukan destinasi yang tepat? Masih bingung cara seru mengeksplorasi sebuah tempat? Anda bisa ‘menyontek’ panduan seru berpelesir dari para travel blogger berikut ini.

Astri Apriyani

Akrab disapa Atre, travel blogger ini dikenal dengan blognya yang bernama renjanatuju. Diambil dari kata renjana yang berarti perasaan cinta atau rindu yang kuat, Atre mengibaratkan blognya seperti pensieve di cerita Harry Potter. Kini blog tersebut dihiasi dengan pengalaman Atre berpetualang di beberapa provinsi di Indonesia. Mulai dari melihat segerombolan burung pelican di Pulau Waha yang terletak di Kepulauan Kei (Ambon) hingga menyaksikan Pacoa Jara (lomba kebut kuda dengan usia joki 5-11 tahun) khas Bima yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Taman Nasional Komodo tetap menjadi favorit banyak orang. Sebab banyak keindahan dan aktivitas yang bisa dilakukan di satu wilayah,” tulis Atre tentang destinasi yang akan menjadi favorit para pejalan di tahun 2017. Destinasi kedua adalah Sumba (Nusa Tenggara Timur), dan ketiga adalah Banda di Maluku. Banda dinilai padat sejarah dilengkapi dengan keunikan lansekapnya berupa Gunung Api. Atre menambahkan Pulau Misool di Papua pun menjadi destinasi favorit para penyelam. Kepulauan Banda dan Sumba sendiri menjadi destinasi yang sangat ingin dikunjungi Atre di tahun 2017.

 

I sea you, yes I sea you. #wonderfulindonesia #exploreflores #exploreindonesia #pesonaindonesia #atreodyssey

A photo posted by Peculiar Writer (@atre7) on

Keunikan blog Atre adalah pengalamannya menikmati seni-budaya di daerah yang dikunjunginya. “Apa yang hidup dalam masyarakat dan apa yang akhirnya menjadi kebiasaan mereka. Seni-budaya seperti punya cerita panjang yang sangat eksotis di setiap tempat, dan menarik untuk diceritakan kembali,” jelas Atre tentang ketertarikannya terhadap seni-budaya yang kerap dituangkan di blog.

Mengenal serta berbaur dengan kehidupan masyarakat lokal ini pula, imbuhnya, bisa menjadi cara untuk menemukan spot-spot keren saat menjelajah sebuah daerah. Selain blog renjanatuju, Anda juga bisa mengintip foto-foto petualangan seru Atre di akun Instagramnya @atre7.

Yudasmoro

Tak pernah ada kata menyesal bagi Yudasmoro Minasiani ketika mengakhiri karir sebagai manajer di restoran cepat saji. Dengan hati gembira, Yudasmoro menekuni profesi barunya sebagai penulis perjalanan. Diawali sebagai penulis lepas di berbagai majalah perjalanan, kemudian dikumpulkan karyanya dalam blog bernama Yudasmoro.net di awal tahun 2010.

Mengusung tagline explore-eat-express-yourself, Yudas tidak hanya memuat tulisan tentang keindahan lansekap sebuah daerah. Laki-laki yang kini menjabat sebagai managing editor di majalah perjalanan ini mengulas tentang kuliner khas Nusantara maupun kuliner unik dari berbagai restoran tematik. Ia selipkan juga artikel yang mengulas sejarah maupun kehidupan masyarakat di sebuah kota, misalkan kehidupan masyarakat Kepulauan Anambas, di Provinsi Kepulauan Riau.

Untuk memperkaya blognya, Yudas berencana untuk berpetualang ke Pulau Cinta yang terletak di Teluk Tomini Provinsi Gorontalo di tahun 2017. Ia mengaku penasaran ingin menikmati langsung keindahan pulau yang berbentuk hati tersebut. Pulau ini dilengkapi dengan sebuah resort yang membangun penginapannya dengan bentuk hati. Gradasi air laut menambah keindahan pulau yang dikenal sebagai tempat pertemuan Pangeran Gorontalo dengan seorang putri pada zaman dahulu.

“Kedua, destinasi yang ingin dieksplor adalah Sumatra Barat secara keseluruhan. Menurut saya provinsi ini memiliki daya tarik yang lengkap. Ada pantai, danau, gunung, hutan, kuliner dan kebudayaan yang beragam. Dan pastinya biaya perjalanan yang lebih ekonomis dibandingkan ke Timur Indonesia hehe..,” kelakar Yudasmoro.

Meski demikian Yudas yakin bahwa provinsi di timur Indonesia masih menjadi magnet favorit bagi para pejalan di tahun 2017. Pesona alam Indonesia bagian timur yang menggoda didukung dengan semakin besarnya tiket pesawat promo ke sana. Ia sebutkan ada 5 provinsi yang akan menjadi favorit, seperti NTT dengan kota Flores dan Taman Nasional Komodo, provinsi Papua dengan Raja Ampat, provinsi Maluku dengan pulau Ora, provinsi Sulawesi Tenggara dengan Wakatobi, dan privinsi NTB dengan Lombok.

Agar perjalanan tetap nyaman dan jauh dari kata bosan, Yudas berbagi tips 5 barang yang wajib dibawa saat berpetualang. Pertama adalah obat-obatan, pashmina (kain panjang) yang bisa digunakan sebagai penghangat maupun pelindung kepala hingga properti foto, kamera, laptop atau tablet, dan buku bacaan. “Tentunya harus riset dulu sebelum traveling. Riset jarak antara penginapan ke tempat tujuan, rute transportasi umum jika harus menggunakannya, dan lainnya,” ucap Yudas memberi tips traveling.

Iyos Kusuma

Berangkat dari hobi menulis dan traveling saat duduk di bangku kuliah, Iyos menuangkan pengalaman traveling di blog sebagai jurnal pribadi. Jurnal pribadi ini kemudian dikembangkan ketika Iyos memiliki banyak ide dan cerita yang sayang untuk disimpan sendiri. Hadirlah blog Guratan Kaki (https://guratankaki.com/) pada awal 2015. Meski baru seumur jagung, blog ini telah memiliki 2972 followers.

“Sebenarnya Guratan kaki bukan tulisan yang merangkum how to get there, what to eat there, dan lainnya. Hal yang saya tulis adalah hal-hal yang biasanya luput dari pandangan para wisatawan. Banyak cerita menarik yang sebenarnya ada, tapi mungkin tidak kelihatan semua orang karena ‘tertutup’ pemandangan yang membuat kagum,” ujar Iyos mendeskripsikan blognya.

Maka Anda bisa menemukan artikel tentang kehidupan nelayan di Sawarna, Pelabuhan Ratu. Ada pula artikel yang membahas aplikasi yang bisa memudahkan traveling, hingga artikel yang mengulas traveling menyenangkan di tanggal tua.

Meski demikian Iyos tetap menuliskan perjalanannya yang dibagi ke empat kelompok, yaitu gunung, pantai, kota, dan kuliner. Untuk tahun 2017, Iyos berharap dapat mengisi blognya dengan pengalaman merayakan Paskah di Larantuka yang terletak di Flores, provinsi NTT. Ia penasaran dengan tradisi Semana Santa yaitu tradisi masyarakat Spanyol yang sudah 500 tahun mengakar dan berakulturasi dengan kebudayaan Flores. “Destinasi impian saya di tahun 2017 adalah menyaksikan upacara kematian di Tana Toraja,’’ ucapnya.

Baca juga: Empat Upacara Adat Ektrem yang Cuma Ada di Indonesia

Selain dua destinasi tadi, destinasi lain yang diperkirakan akan menjadi favorit para pejalan di tahun 2017 adalah kota maupun pulau di provinsi NTT seperti Pulau Padar, Sumba hingga Wae Rebo. Tren ini bisa dilihat dari tingginya unggahan foto di media sosial seperti Instagram maupun travel blog. Dan jika ingin mengintip beberapa foto dari petualangan Iyos di dalam negeri, bisa dilihat melalui akun Instagramnya @iyoskusuma.

Satya Winnie

Klik blog Satya Winnie (http://www.satyawinnie.com/), terpampang dengan nyata di kanan bagian ‘label’ ada 19 provinsi di Indonesia yang telah dikunjungi Satya. Pengalamannya di semua provinsi tersebut dituangkan dalam tulisan di blog. Tidak hanya mengulas keindahan alam, melainkan juga kegiatan yang menantang adrenalin seperti paralayang di bumi Pasundan, road trip dengan motor dari Bandung ke Garut, hingga berpertualang dengan kapal kayu di NTT.

Selain berjiwa adventourus, kekuatan Satya dalam blognya adalah pengalamannya menginap di rumah warga setiap berkunjung ke sebuah daerah. Setengah dari perjalanannya, Satya memilih untuk berbaur dengan warga lokal. Bukan karena ingin menghemat budget penginapan semata, melainkan untuk lebih mengenal dan menghayati kehidupan lokal dimana ia tinggal. Diakuinya, menginap di rumah warga itu membutuhkan kemampuan komunikasi yang tepat. Istilahnya dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

“Ya saya ikut bantu memasak kalua mau sarapan, bantu cuci piring juga. Tidak bisa enak santai-santai serasa raja kayak di hotel. Pastinya juga ngobrol dengan tuan rumah, saudaranya bahkan tetangganya. Kalau menginap di rumah warga, lepaskan deh atribut atau gaya sebagai orang kita. Biar kita bisa membaur dengan luwes,” ujar Satya memberi tips menginap di rumah warga.

Banyaknya provinsi yang telah dikunjungi tak lantas memuaskan Satya. Bahkan Satya ikhlas melepas karirnya di kantor per Mei 2016 untuk fokus traveling. Pasalnya traveling dan menulis di blognya, menurut Satya, memberikan beragam manfaat yang sangat bernilai. Dari kepuasan batin ketika tulisannya mendapat respon positif dari para pembaca, bertemu dan mendapat teman baru dalam perjalanan, hingga mengenal adat istiadat serta diterima dengan baik oleh warga lokal yang dikunjunginya.

“Sejauh ini destinasi favorit saya ada dua, yaitu Banda Neira dengan pantainya yang cantik dan gunung apinya. Kedua adalah Sumba di NTT. Ini paket lengkap dari kulinernya, lanskapnya, hingga kebudayaannya,” kata Satya.

Sedangkan destinasi yang Satya perkirakan akan menjadi tren di tahun 2017 ada tiga. Pertama Gorontalo dengan andalannya Pulau Cinta. Menurutnya keindahan pantai dengan air yang jernih dan bangunan resort yang artsy menjadi daya tarik sendiri bagi Pulau Cinta yang digadang-gadang sebagai Maldives-nya Sulawesi. Kedua adala Raja Ampat yang masih menjadi primadona untuk para penyelam. Keindahan alam bawah laut ditambah dengan beragam biotanya serta air lautnya yang dingin menjadi paket komplit.

Baca juga: Jelajah Ternate, Surga Pantai Indah di Tanah Leluhur Para Pejuang

“Ketiga adalah Kepulauan Anambas di provinsi Kepulauan Riau. Ini sedang dikembangkan oleh pemerintah daerah, rencananya akan menjadi Raja Ampat-nya Indonesia bagian Barat,” ucapnya.

Sepengalaman Satya, Kepulauan Anambas memiliki pantai yang indah, pasir putih yang lembut, air laut yang jernih dan biota laut yang cukup beragam. Kehidupan masyarakatnya pun dinilai memiliki adat istiadat yang menarik untuk dikenal. Pastinya ini menjadi destinasi yang hemat waktu dan lebih ekonomis bagi warga Sumatra dan Kalimantan untuk berpetualang. Pengalaman Satya di Anambas, Sumba, dan provinsi lainnya bisa juga dilihat di akun Instagram @satyawinnie yang telah memiliki follower sebanyak 20k.

Bagaimana sudah menentukan destinasi yang akan dikunjungi di tahun 2017? Tidak ada salahnya juga mengikuti tips seru untuk traveling ala traveler ini. #AyoLoveLife dengan melakukan perjalanan dan mengukir pengalamannya dalam sebuah tulisan.




« | »
Read previous post:
pilkada dki
Saring Sebelum Sharing, Cara Hadapi Pilkada DKI Agar Tetap Nyaman untuk Semua

Pencoblosan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta memang baru digelar 15 Februari 2017. Tapi situasi politik sudah memanas jauh-jauh...

Close