Cara Tepat Menghitung Zakat: Sudahkan Anda Menunaikan Kewajiban Anda?

31533426 - two beautiful muslim woman using tablet at the park

Zakat adalah pemberian sebagian dari harta yang telah ditetapkan oleh Kitab Suci Al-Quran, kepada mereka yang membutuhkannya. Nah, hukum zakat ini bersifat wajib. Landasan untuk zakat ini ada dua. Dari dalil Al-Quran, hal ini tertulis dalam QS Al-Baqarah 2:43; 110; Al-Bayyinah 98:5, yakni “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat.” Selain itu, landasan zakat juga tertuang dalam dalil Hadits, hal ini tertuang dalam HR. Bukhari dan Muslim, yakni “Islam itu didirikan atas lima; bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad itu utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, menunaikan haji ke Baitullah dan berpuasa di bulan Ramadhan.”

Zakat ini bersifat wajib bagi mereka yang mampu atau memiliki penghasilan tetap. Beberapa golongan umat Islam yang berhak menerima zakat antara lain orang fakir atau orang yang amat sengsara, orang miskin atau yang tidak cukup penghidupannya, amil atau pengurus zakat, mualaf, orang yang memerdekakan budak, orang berutang, orang yang hidup pada jalan Allah, dan orang yang sedang dalam perjalanan.

Apa saja jenis zakat dan berapa besaran masing-masing zakat tersebut? Ikuti ulasan yang infonya kami petik dari zakat.or.id, situs resmi Dompet Dhuafa.

menghitung zakat
Sesungguhnya ada hak orang lain dari rezeki yang kita dapat.

1. Zakat Fitrah

Zakat Fitrah ialah zakat yang wajib dibayar oleh seorang Muslim pada saat bulan Ramadhan. Besaran zakat Fitrah ialah setara dengan 2,5 x harga makanan pokok per kilogram atau 3,5 x harga makanan pokok per liter di tempat tinggal Anda. Contohnya, jika di Jakarta harga beras antara Rp9.000 sampai Rp10.000 per kilogram, maka besar zakat Fitra yang harus dibayarkan adalah setara dengan 2,5 x Rp 10.000 = Rp 25.000.

2. Zakat Profesi atau Zakat Pekerjaan

Zakat profesi adalah zakat atas penghasilan profesi, jika telah melewati nisab. Nisab adalah batas minimum untuk wajib zakat. Zakat ini dikenakan pada setiap pekerjaan, baik yang dilakukan sendiri atau bersama orang atau lembaga, yang mendatangkan penghasilan halal.

Besaran zakat profesi ialah 2,5% x (penghasilan total – pembayaran utang). Sementara besaran nisab adalah 520 x harga beras per kilogram. Ambil contoh seseorang memiliki gaji Rp 8 juta per bulan dan membayar kredit rumah Rp 2 juta per bulan. Maka, penghasilan bersih seseorang tersebut ialah Rp 6 juta.

Sementara, jika harga beras ialah Rp 10.000 per kilogram, maka besaran nisab ialah 520 x Rp 10.000 = Rp 5.200.000. Karena penghasilan bersih seseorang tersebut melebihi nisab, maka ia wajib membayar zakat profesi yang besarannya ialah 2,5% x Rp 6 juta = Rp 150.000 per bulan.

3. Zakat Maal atau Zakat Harta

Zakat maal merupakan zakat yang diambil dari harta setahun, baik dari tabungan maupun investasi. Besar zakat maal ialah 2,5% x jumlah tabungan atau investasi setahun. Sementara nisab zakat maal ialah 85 x harga emas per kilogram.

Sebagai contoh, seseorang memiliki deposito Rp50 juta dengan investasi Rp50 juta dalam bentuk reksadana, sehingga total harta yang dimiliki setahun ialah Rp 100 juta. Misalnya harga emas ialah Rp 550.000 per gram, maka nilai nisab zakat maal ialah 85 x Rp550.000 = Rp46.750.000. Karena nilai harta seseorang tersebut melebihi nilai nisab, maka ia harus membayar zakat maal sebesar 2.5% x Rp100 juta = Rp2.500.000.

menghitung zakat

Harta yang wajib dikenakan zakat maal dalam hukum Islam ialah emas, perak, uang simpanan, hasil pertanian, binatang ternak, benda usaha, dan harta temuan. Harta ini wajib dikenakan zakat apabila dimiliki penuh, dapat berkembang, memenuhi ambang nisab, melebihi kebutuhan pokok, bebas dari utang, serta setelah panen (untuk zakat pertanian).

Sebetulnya, perhitungan untuk hasil pertanian, peternakan, serta harta temuan memiliki ketentuan yang berbeda dalam hal nisab dan besaran zakatnya. Namun, perhitungan zakat maal di atas merupakan perhitungan yang umum dipakai oleh masyarakat luas.

Baca juga: Simak Tips Ini Agar THR Tidak Berlalu Begitu Saja

Sudah menghitung berapa kewajiab yang harus Anda bayarkan? Saatnya membayar kewajiban zakat Anda melalui badan zakat terdekat. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi zakat via gadget Anda. Berikut ini beberapa pilihan aplikasi yang bisa membantu Anda menyalurkan zakat:

Bazis DKI

Aplikasi ini memudahkan wajib zakat dalam menyalurkan zakat dan amal sosial secara online dan transparan, melalui Badan Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh DKI (Bazis DKI). Aplikasi ini juga akan membantu Anda mengkalkulasi semua harta Anda dengan mudah dan membantu mengingatkan kembali kewajiban zakat melalui fitur pengingat.

Rumah Zakat

Melalui aplikasi ini,wajib zakat tidak perlu lagi datang ke badan zakat untuk membayar kewajibannya. Selain menerima pembayaran zakat, aplikasi ini juga menerima sumbangan yang akan disalurkan melalui Rumah Zakat. Aplikasi hanya bisa diunduh bagi pengguna gadget Android.

Easy Zakat Calculation

Jika penjelasan mengenai penghitungan besaran zakat di atas masih terlalu membingungkan, Anda bisa mencoba menghitung zakat via aplikasi ini. Tak usah khawatir, aplikasi ini menerapkan aturan yang sesuai dengan ajaran Islam.

Semoga di bulan Ramadhan kali ini, kamu tidak melewati kesempatan emas untuk berbagi dengan sesama melalui zakat. Zakat selain berguna bagi sesama yang membutuhkan, juga bermanfaat bagi kita. Mengapa demikian? Karena melalui zakat, Tuhan akan membersihkan harta dan jiwa kita.

Di samping menabung di akhirat, jangan lupa juga untuk mempersiapkan masa depan yang cerah di dunia melalui perencanaan keuangan yang matang. Toh, dengan perencanaan keuangan yang bijak, kita dapat mengembalikan lagi sebagian harta kita kepada kaum yang membutuhkan melalui zakat.

Salah satu perencanaan keuangan yang matang ialah dengan mengikuti produk asuransi ASLI Rencana Optima, sebuah asuransi jiwa sekaligus investasi yang memberikan manfaat hingga usia 99 tahun. Di samping itu, kamu juga dapat melirik produk asuransi AVA iBright Protector, asuransi jiwa sekaligus asuransi yang memberikan manfaat terminal illness dan manfaat cacat total dan tetap.

#AyoLoveLife dengan perencanaan keuangan yang seimbang dan matang, baik di dunia maupun di akhirat!




« | »
Read previous post:
menu sehat untuk buka puasa
Mengatasi Masalah Kesehatan yang Umumnya Muncul Saat Berpuasa

Satu di antara keistimewaan Islam adalah Ramadan. Di bulan suci tersebut, Anda pasti ingin mengisi waktu dengan beribadah secara total....

Close