Ayah Super Sibuk? Ini Cara Membangun Ikatan dengan Anak

IMG_0921

Kesibukan sering kali membuat ayah kesulitan untuk membangun ikatan batin dengan anak. Padahal ikatan batin alias bonding yang terbangun antara ayah dengan anak berpengaruh pada proses tumbuh kembang sang buah hati. Hasil penelitian dari University of Guelph Kanada pada 2007 menyebutkan, keterlibatan ayah dalam pengasuhan akan bermanfaat untuk perkembangan anak secara sosial, emosi, fisik, dan kognitif.

Lalu bagaimana Anda yang sibuk bisa menjalin ikatan batin dengan sang anak? Yuk, siasati dengan cara-cara berikut:

1. Sarapan bersama

Sebelum Anda sibuk dengan setumpuk pekerjaan di kantor atau janji rapat dengan klien, sebaiknya luangkan waktu untuk duduk semeja dengan anak dulu. Misalnya dengan sarapan bersama. Meski hanya 10 menit, namun dapat menjadi momen tepat untuk Anda mendengarkan cerita si buah hati. Dengan makan bersama di pagi hari, ia pun akan merasakan adanya perhatian dari Anda.

2. Hujani anak dengan pesan cinta

Padatnya jadwal kerja tak lantas menghambat Anda mengirim pesan cinta untuk si kecil. Apalahi teknologi sudah begitu canggih hingga bisa memperpendek jarak antara Anda dan dia. Misalnya saja mengirimkan pesan singkat, “Bagaimana cerita di sekolah hari ini?” atau “Hari ini kakak ada latihan taekwondo ya? Belajar gerakan apa saja?” Mungkin pesan itu sangat singat, tapi akan menimbulkan kesan mendalam baginya. Sebab di mata buah hati, Anda tetap mengingat dia meski tengah sibuk bekerja.

3. Manfaatkan malam hari yang berkualitas

Kemacetan lalu lintas yang sering menggila di jam pulang kerja mungkin menghambat Anda kembali ke rumah lebih awal. Sehingga Anda jarang memiliki waktu makan malam bersama dengan keluarga. Meski begitu, sebetulnya Anda bisa meluangkan waktu 15-30 menit di malam hari untuk berinteraksi dengan anak, sebelum ia tidur. Mendongeng, menyanyikan lagu pengantar tidur, atau sekedar bercanda dan bertukar cerita dengan anak bisa Anda lakukan. Meski sebentar, ini akan membawa kesan istimewa baginya, jika dilakukan secara rutin.

4. Mengantarkan anak ke sekolah

Dalam sepekan atau sebulan, mungkin Anda memiliki jadwal pekerjaan yang tidak terlalu padat atau tak perlu bertemu klien di pagi hari. Di momen ini, Anda bisa meminta izin ke kantor untuk datang sedikit telat guna mengantarkan anak ke sekolah. Selama dalam perjalanan, matikanlah radio di mobil dan dengarkan cerita anak. Namun bila ingin mendengarkan lagu, tidak ada salahnya ajak ia bernyanyi bersama.

5. Berkomunikasi via video call

Di zaman sekarang, Anda tidak hanya cuma mendengarkan suara si kecil ketika meneleponnya. Dengan menggunakan fasilitas video call, seperti Skype atau Face Time, Anda pun bisa melihat wajahnya yang tengah bercerita. Ketika harus melakukan pekerjaan di luar kota, Anda dapat melepas kangen dengannya. Hingga jarak yang jauh tak lagi terasa.

6. Mengisi akhir pekan dengan bermain bersama anak

Akhir pekan menjadi waktu yang tepat bagi ayah untuk melakukan hobi bersama anak. Misalkan saja pergi memancing di tempat yang aman bagi anak-anak seperti di Lubana Sengkol Banten, yang memiliki akun Instagram @lubanasengkol. Selain memancing, ayah bisa mengajak si kecil untuk bersantai sambil menyantap makan siang di restoran Lubana Sengkol.

Taman pun bisa menjadi salah satu opsi bijak bagi ayah untuk mengajak anak bermain. Misalnya membawa dia bermain ke Scientia Square Park di Gading Serpong Tangerang. Tidak hanya bermain di arena permainan, ayah bisa mendampingnya belajar di taman kupu-kupu dan peternakan ikan koi. Pengalaman lain yang tak kalah seru juga bisa didapatkan di Cibubur Garden Diary yang terletak di Pondok Rangon Jakarta Timur. Selain menyediakan playground, Cibugary akan memberikan pengalaman bagi ayah dan si kecil untuk memerah susu sapi.

Selain itu, Anda bisa mengajaknya berkunjung ke museum. Misalkan saja Museum Layang-Layang yang terletak di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Di sana, Anda bisa bernostalgia dengan bermain layang-layang bersama anak. Museum ini pun menawarkan kelas membuat layang-layang untuk si kecil. Agar Anda tak kehabisan ide, ikuti kegiatan bermain di museum yang disediakan oleh penggiat edukasi museum melalui akun Instagram @museumceria.

7. Melakukan pekerjaan rumah

Di kala libur, Anda tak perlu harus selalu mengajak anak bepergian. Bisa pula mengisi waktu luang bersama dengan melakukan pekerjaan rumah. Seperti mencuci mobil, memandikan hewan peliharaan, atau sekedar memerbaiki perabot rumah yang rusak. Hal ini akan menjadi pengalaman berharga buat dia. Jangan lupa untuk memberi pujian untuk hasil kerjanya, ya Ayah.

8. Dokumentasikan kegiatan bersama

Agar kegiatan bersama anak tidak dilupakan begitu saja, sebaiknya dokumentasikan dalam sebuah foto atau video. Kumpulkan semua dokumentasi dan nikmati kembali kenangan tersebut bersamanya. Anda juga bisa publikasikan kegiatan tersebut ke media sosial seperti Instagram atau Facebook. Jika perlu, tag nama Anak anda jika ia telah memiliki akun di media sosial. Maka ia akan merasa semakin dekat dengan Anda, dari waktu ke waktu.

Cukup mudah kan cara membangun bonding dengan anak?

 




« | »
Read previous post:
FOTO-uang-rupiah
5 Hal yang Bisa Anda Lakukan dengan Bonus Akhir Tahun

Di akhir tahun, sebagian besar perusahaan akan membagikan bonus yang bisa berupa tambahan gaji akhir tahun atau dalam bentuk THR...

Close