Weekend On Budget Bersama Keluarga

6128234_L (1)

Bukan zamannya lagi tanggal tua jadi halangan untuk berakhir pekan bersama keluarga. Karena selain pergi ke mal, ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga di akhir pekan. Dijamin akhir pekan Anda bisa seru tanpa menguras kantong.

Masak bersama

Membuat hidangan makan siang bisa menjadi opsi yang seru lho. Selain menambah pengetahuan tentang nutrisi, anak Anda pun belajar menghargai makanan rumahan. Cukup membuat menu yang sederhana sesuai dengan bahan-bahan yang ada di dapur.

Dari bahan-bahan tersebut, Anda bisa minta anak-anak untuk menyebutkan menu yang bisa dibuat. Setelahnya, beri kesempatan untuk anak Anda berpartisipasi. Mulai dari mencuci sayuran, memarut keju, memecahkan telur, hingga mengaduk masakan di wajan.

Biar semakin seru, ajarkan anak-anak untuk menata masakan di piring. Cukup gunakan garpu, pisau, gunting maupun pinset yang ada di rumah. Tidak ada salahnya sebelum disantap, foto makanan yang telah ditata. Makanan yang ditata dengan cantik di piring tentunya menggugah selera makan bukan?! Ketika makanan siap disantap, jangan lupa cairkan suasana dengan menceritakan kembali kejadian-kejadian kocak saat memasak. Tawa canda pun menggema di ruang makan Anda di akhir pekan.

Anda tidak mengeluarkan anggaran sepeser pun jika memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur. Namun tidak ada salahnya Anda menyiapkan hidangan penutup yang menyegarkan seperti pudding atau es krim. Untuk hidangan penutup ini, Anda cukup mengeluarkan anggaran tidak lebih dari Rp 200 ribu.

Movie marathon di ‘bioskop’

Siapa sih yang menolak nonton di bioskop? Nah saatnya Anda menghadirkan bioskop di rumah sendiri. Awali dengan membuat daftar film yang akan ditonton, mulai dari film genre horor, kartun animasi, hingga film komedi.

Manfaatkan layanan Netflix atau langganan Genflix untuk menyaksikan film-film favorit keluarga. Tata sofa empuk di rumah dengan bantal-bantal untuk menghadirkan kenyamanan menonton. Wajib pula menyediakan popcorn dengan rasa favorit dan minuman segar. Agar terasa lebih khusyuk, matikan lampu dan tutup tirai jendela.

Kegiatan seperti ini tidak akan merogoh kocek Anda terlalu dalam. Popcorn, keripik kentang, minuman ringan, dan camilan seperti rengginang, singkong goreng, keripik sukun untuk nonton bisa dianggarkan di bawah Rp200 ribu.Pssst, jangan lupa senyapkan suara telepon, persis seperti di bioskop ya!

Baca Juga: 10 Film Keren yang Wajib Ditonton Keluarga di Tahun 2016

Bermain board games

Masih ingat permainan monopoli? Ular tangga? Atau halma? Tidak ada salahnya mengenalkan kembali permainan seperti ini dengan menghadirkannya di tengah keluarga. Agar tidak bosan, sediakan minimal 3 permainan yang berbeda.

Tidak perlu khawatir ketinggalan zaman. Board games modern kini telah banyak bermunculan, sebut saja Exploding Kittens, Waroong Wars, Ghost Stories, Takenoko, Heroes Wanted, dan lainnya. Berbagai permainan ini membutuhkan sedikitnya 3 orang pemain. Semakin banyak pemain semakin seru permainannya. Anda bisa membeli board games ini di komunitas Arcanum melalui akun Facebook Arcanum Hobbies. Ada pula board gamesyang mengusung budaya Indonesia, yang bisa dibeli di Manikmaya.

Melalui permainan ini Anda bisa mengajarkan anak tentang kejujuran, mengatur strategi, cerdik membaca lawan, hingga kerjasama. Meski bermain sebuah permainan, Anda dan keluarga tetap bisa berkomunikasi.

Agar permainan berjalan semakin seru, sediakan camilan dan minuman favorit anggota keluarga. Mulai dari keripik, kue, jus, maupun es krim. Dijamin Anda sekeluarga bisa lupa waktu lho. Untuk membeli board games dan camilan pendamping, siapkan anggaran mulai dari Rp200 ribu. Permainan ini bisa dimainkan kembali di akhir pekan berikutnya sambil mengasah ketajaman Anda bermain.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata Anak di Sekitar Jakarta

Kemping di halaman rumah

Keluarkan tenda, saatnya kemping di halaman rumah. Siapkan juga perlengkapan lainnya seperti matras, sleeping bag, senter, lotion anti nyamuk, kursi lipat, kompor kecil, dan peralatan makan.

Kegiatan ini bisa dimulai dengan makan malam bersama sambil bersantai di halaman dengan kursi lipat. Masaklah makanan sederhana agar suasana kemping lebih terasa. Sebut saja sosis panggang, jagung bakar, teh hangat. Usai makan malam, saatnya bernyanyi sambil diiringi alunan gitar.

Kemudian bacakan buku cerita favorit anak-anak di dalam tenda. Bermain boneka tangan pun bisa mengundang tawa anak-anak. Cukup satu malam, kemping di halaman rumah bisa menyegarkan pikiran lho.

Untuk membeli tenda dan makanan selama kemping bisa-bisa Anda harus mengeluarkan Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Hematnya, tenda dengan kualitas bagus bisa Anda gunakan berkali-kali di kegiatan kemping bersama keluarga. Namun jika tidak ingin membeli, Anda bisa meminjamnya dari teman atau jasa rental mulai Rp25 ribu per hari. Murah, kan?

Akhir pekan akan selalu seru untuk Anda nikmati bersama keluarga. Tidak ada lagi alasan tanggal tua yang membuat Anda sekeluarga cemberut di akhir pekan. Pilih kegiatan yang Anda inginkan, selamat menikmati akhir pekan bersama keluarga!




« | »
Read previous post:
Kawin Dulu VS Karir Dulu
Karier Dulu vs Nikah Dulu? Menghadapi Dilema Perempuan Sepanjang Masa

Setelah lulus kuliah dan bekerja, tahap berikutnya yang harus dihadapi kita adalah menikah. Usia pertengahan 20-an memang usia yang cukup...

Close